Cara Mudah Mengecek Akreditasi Kampus dan Program Studi secara Online

Cara Mudah Mengecek Akreditasi Kampus dan Program Studi secara Online_ Salah satu pertimbangan dalam memilih kampus untuk melanjutkan kuliah adalah status akreditasi kampus. Status akreditasi kampus akan sangat berpengaruh pada kualitas perkuliahan di kampus yang bersangkutan.

Semakin bagus status akreditasi suatu kampus maka akan berbanding lurus dengan kualitas kampus tersebut. Selain itu status akreditasi kampus juga bisa menjadi tolok ukur kualitas alumni/lulusan kampus tersebut, sehingga tak jarang dalam penerimaan CPNS menjadikan akreditasi kampus dan jurusan sebagai dokumen persyaratan untuk mendaftar CPNS.

Dalam memilih kampus untuk melanjutkan studi, selain memperhatikan akreditasi kampus juga harus memeriksa status akreditasi jurusan (program studi) yang akan kamu pilih, karena akreditasi kampus berbeda dengan akreditasi jurusan (program studi), bisa jadi status akreditasi kampusnya B namun akreditasi jurusannya C.

Lantas bagaimana Cara Mudah Mengecek Akreditasi Kampus dan Program Studi secara Online? Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengecek/melihat akreditasi kampus secara online. Jadi silahkan baca artikel ini sampai selesai agar kamu bisa mengetahui cara cek online akreditasi kampus dan program studi.

Cara Mudah Mengecek Akreditasi Kampus dan Program Studi secara Online

1. Kunjungi situs resmi badan akreditasi nasional perguruan tinggi (BAN-PT)
Langkah pertama silahkan kunjungi website resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), berikut alamat websitenya: https://banpt.or.id/.

silhakan klik link di atas, setelah anda meng-kliknya maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.


setelah muncul gambar seperti di atas, selanjutnya scroll ke bawah (gulir ke bawah sampai menemukan tulisan seperti yang dalam kotak merah pada gambar di bawah ini.


Pada gambar di atas terdapat kolom yang ditunjukan dengan angka 1 dan kolom yang ditunjukan dengan angka 2.
1. Kolom yang ditnjukan dengan angka 1 yang bertuliskan "institusi" adalah" link untuk mengecek status akreditasi institusi (kampus).
2. Kolom yang ditnjukan dengan angka 2 yang bertuliskan "program stusi" adalah" link untuk mengecek status akreditasi program studi (jurusan).

2. Cara Mudah Mengecek Akreditasi Kampus
Untuk mengecek status akreditasi kampus, silahkan klik tulisan "institusi" yang ditunjukan oleh angka nomor 1 pada gambar. setelah anda meng-klik tulisan "institusi" maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.

Jika sudah muncul gambar seperti di atas, maka silahkan ketik nama kampus yang ingin anda cek status akreditasinya pada kolom yang betuliskan perguruan tinggi. seperti contoh di bawah ini;


Setelah anda mengetik nama institusi, kampus, universitas yang kamu cari maka akan muncul status akreditasi kampus yang kamu cari mulai dari status akreditasinya, No SK Akreditasinya, Tahun SK akreditasinya, dan status kadaluwarsa.

3. Cara Mudah Mengecek Akreditasi Program studi (jurusan)
Untuk mengecek status akreditasi program studi (jurusan), silahkan klik tulisan "program studi" yang ditunjukan oleh angka nomor 1 pada gambar. setelah anda meng-klik tulisan "program studi" maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.


Untuk mengecek status akreditasi program studi caranya hampir sama dengan mengecek Akreditasi institusi. Jika sudah muncul gambar seperti di atas, klik tulisan program studi. jika sudah mengklik tulisan program studi maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:


Jika sudah muncul seperti gambar di atas, pertama-tama masukan dulu nama institusi/kampus/perguruan tinggi yang ingin anda cek status akreditasi program studinya. Setelah memasukan nama institusi/kampus/perguruan tinggi maka akan muncul status akreditasi dari program studi yang kamu cari datanya. berikut contohnya.


Kolom 1 diisi dengan nama institusi/perguruan tinggi
kolom kedua diisi dengan nama program studi.
setelah keduanya diisi dengan benar maka akan muncul status akreditasi program studi yang anda cari.

Demikianlah Cara Mudah Mengecek Akreditasi Kampus dan Program Studi secara Online, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Cara Mudah Mengecek Akreditasi Kampus dan Program Studi secara Online"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close