Sunday, 30 September 2018

Download Panduan SAPTO ( Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online)

Tags
Download Panduan SAPTO ( Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online)_ Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah berhasil mengembangkan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) Versi 01. Pengembangan SAPTO terutama ditujukan untuk meningkatkan akurasi, obyektivitas, transparansi dan akuntabilitas proses akreditasi sebagaimana diamanatkan dalam Permenristekdikti Nomor 32 Tahun 2016, serta meningkatkan efisiensi proses akreditasi perguruan tinggi dan program studi. Selain memfasilitasi penyampaian usulan akreditasi secara online, melalui SAPTO perguruan tinggi juga dapat memantau proses akreditasi yang sedang diusulkan.

Baca juga: Cara Mudah Mengecek Akreditasi Kampus dan Program Studi secara Online

Sebagai pendukung implementasi SAPTO, maka BAN-PT menerbitkan “PANDUAN PENGGUNAANSISTEM AKREDITASI PERGURUAN TINGGI ONLINE(SAPTO) VERSI 01UNTUK PENGGUNA PERGURUAN TINGGI”. Panduan ini memuat semua informasi yang diperlukan oleh Perguruan Tinggi untuk mengajukan usulan akreditasi secara online melalui SAPTO, mulai dari pembukaan account, pengunduhan template dokumen, penyampaian usulan akreditasi, hingga pemantauan proses akreditasi yang sedang diusulkan.

Dengan selesaianya pengembangan SAPTO versi 01 dan penyusunan panduan ini, BAN-PT mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengembang SAPTO dan staf yang telah berhasil mewujudkan sarana untuk meningkatkan kinerja BAN-PT menuju BAN-PT yang lebih baik. Akhir kata, BAN-PT senantiasa mengharapkan masukkan konstruktif untuk perbaikan SAPTO pada khususnya dan perbaikan BAN-PT pada umumnya.

Download Panduan SAPTO ( Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online)

1. Sekilas tentang SAPTO
Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) adalah sistem yang dikembangkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh BAN-PT. SAPTO mendukung setiap proses yang dilakukan dalam akreditasi seperti pengajuan usulan akreditasi oleh perguruan tinggi, pemeriksaan dokumen,penugasan asesor dan validasi yang dilakukan, proses asesmen kecukupan (AK) dan asesmen lapangan (AL) oleh asesor.Gambar 1. Menunjukkan adalah ilustrasi proses akreditasi yang difasilitasi oleh SAPTO.


Dalam sistem SAPTO Perguruan Tinggi (PT) berperan sebagai entitas yang mengajukan usulan akreditasi baik untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), maupun Akreditasi Program Studi (APS). Setiap perguruan tinggi akan diberi1 (satu) akun menggunakan kode perguruan tinggi yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) . Akun tersebut digunakan untuk mengajukan akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi yang berada di lingkungan perguruan tinggi tersebut.

2. Akses ke SAPTO
SAPTO dapat diakses pada alamat internet: https://sapto.banpt.or.id/. Halaman depan
SAPTO menampilkan tombol login dan tautan untuk mengganti password (Lupa
password?).


3. Cara mendapatkan username dan password
Setiap pengguna perguruan tinggi akan mendapatkan akses dengan username kode
perguruan tinggi yang terdaftar pada PD-Dikti (Contoh, kode PT Universitas Indonesia
adalah: 001002). Untuk mendapatkan password, perguruan tinggi mesti mengirimkan
surat pengajuan resmi ke BAN-PT yang berisi permintaan untuk mendapatkan akses ke
SAPTO dengan memberikan data alamat surel (e-mail) resmi untuk korespondensi
dengan BAN-PT dan pejabat penanggung jawab akun tersebut. Setelah menerima surat
pengajuan, BAN-PT akan mengaktifkan akun tersebut dan perguruan tinggi dapat
membuat password baru dengan menggunakan menu “Lupa password?” pada SAPTO.

4. Download Panduan Lengkap SAPTO ( Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online)
Untuk lebih jelasnya, silahkan anda download panduan lengkap menggunakan SAPTO melalui link di bawah ini:

Download Panduan SAPTO ( Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online): DOWNLOAD


Sumber: https://sapto.banpt.or.id/

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon