Tuesday, 19 March 2019

Apa itu Yudisium dan Kapan Yudisium Dilaksanakan

Apa itu Yudisium dan Kapan Yudisium Dilaksanakan_Bagi anda yang berstatus sebagai mahasiswa atau calon mahasiswa, salah satu tahapan/proses akademik yang sudah pasti akan kalian lalui saat duduk di bangku kuliah adalah kegiatan yudisium.


Bagi anda yang masih agak kurang mengetahui apa sih yudisium itu dan kapan kegiatan yudisium dilakukan saat perkuliahan, maka silahkan baca artikel ini sampai selesai agar bisa sedikit memahami salah satu proses akdemik yang dinamakan “Yudisium”.

Baca juga: 9 Hal yang Bisa Dilakukan Setelah Lulus Kuliah

Penulis (Admin) sendiri sudah pernah merasakan atau mengikuti kegiatan yudisium sebanyak dua kali yakni saat hendak menyelesaikan pendidikan ditingkat strata 1 (S1) dan saat hendak menyelesaikan pendidikan pada tingkat Strata 2 (S2). Dalam kesempatan kali ini penulis akan berbagi informasi tentang kegiatan “Yudisium”.

Apa itu Yudisium dan Kapan Yudisium Dilaksanakan

Apa itu Yudisium?
Bagi anda yang masih awam, saat mendengar kata yudisium kemungkinan akan bertanya-tanya , apa sih yudisium itu? Yudisium merupakan proses akdemik yang menyangkut penerapan nilai dan mahasiswa dari seluruh proses akademik. Yudisium juga berarti adalah pengumuman nilai akhir dari seluruh mata kuliah yang telah diprogramkan dan penetapan nilai akhir tersebut akan dibacakan oleh dosen/pejabat yang bersangkutan saat kegiatan yudisium mahasiswa yang tersebut.

Rapat yudisium diselenggarakan oleh senat fakultas atau program pascasarjana, keputusan yudisium dinyatakan dengan keputusan dekan atau direktur program paacasarjana. Kegiatan yudisium terkadang dilaksana bersama-sama atau diikuti oleh banyak mahasiswa yang telah menyelesaikan ujian skripsi dan dinyatakan lulus, namun kadang juga kegiatan yudisium hanya diikuti oleh satu atau beberapa mahasiwa saja setelah dia melaksanakan ujian tutup skripsi.

Saat kegiatan yudisium telah diikuti oleh mahasiswa yang besangkutan maka mahasiswa tersebut resmi menyandang gelar akademik sesuai dengan program studi yang dipilihnya

Kapan Yudisium dilaksanakan?
Pertanyaan selanjutnya, kapan sih yudisium dilaksanakan? Yudisium dilaksanakan biasanya setelah ada tanggal resmi yang telah ditetapkan oleh pihak kampus terkait. Dalam kegiatan yudisium tersebut akan diumunkan nilai akhir mahasiswa yang telah menyelesaikan semua mata kuliah yang sesuai dengan program studi yang dipilihnya.

Nilai akhir yang didapatkan mahasiswa tersebut selanjutnya dinamakan Indeks Prestasi Yudisium (IPY) nilai akhir tersebut selanjutnya akan dicetak dalam bentuk transkrip nilai, nilai IPY tersebut merupakan akumulasi dari semua nilai yang didapatkan mahasiswa selama kuliah. Dalam transkrip nilai yang didaptkan oleh mahasiswa tersebut akan tertera daftar mata kuliah yang telah diikuti beserta nilai yang didapatkannya kemudian di rata-ratakan/akumulasi sehingga muncul nilai IPK atau IPY.

Yudisium juga kadang dilaksanakan secara perseorangan atau hanya diikuti oleh beberapa orang saja, tempat pelaksanaan yudisium bisa di Aula kampus, ruang dekan atau direktur pascasarjana atau di ruangan mahaisswa yang bersangkutan telah melaksanakan ujian tutup skripsi.

Berapa biaya untuk mengikuti Yudisium?
Untuk mengikuti kegiatan yudisium berdasarkan pengalaman penulis tidak membutuhkan dana alias gratis, jadi jangan khawatir namun untuk kampus lain penulis kurang tau juga apakah membayar atau tidak untuk ikut yudisium. Biasanya pada kegiatan wisuda baru mahasiswa diminta untuk beberapa rupiah untuk pelaksanaan kegiatan wisuda.

Demikianlah artikel tentang Apa itu Yudisium dan Kapan Yudisium dilaksanakan, semoga artikel ini bermanfaat bagi

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon