17 Tips Agar Menyukai Pelajaran Matematika

17 Tips Agar Menyukai Pelajaran Matematika_  Setiap manusia dituntun untuk belajar dalam hal apapun itu, terlebih mereka yang sedang mengenyam pendidikan. Ketika berada dibangku sekolah, ada banyak pelajaran-pelajaran yang kita dapatkan, mulai dari bahasa Indonesia, bahasa inggris, pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraa, senibudaya, sejarah, geografi, biologi, kimia, fisika, matematika dan masih banyak lagi yang bisa kita dapatkan.


Namun berbicara tentang mata pelajaran, tentu selalu ada yang tidak terlalu menarik perhatian siswa, meskipun ada beberapa yang mengatakan bahwa pelajaran ini sangat menyenangkan, namun mayoritas siswa akan menghindarinya dan tentunya kita semua tahu itu. Ya, apalagi kalau bukan matematika. Selain fisika dan kimia, mayoritas siswa sangat tidak tertarik dengan mata pelajaran satu ini dengan berbagai macam alasan. Lalu bagaimana cara agar siswa menyukai mata pelajaran matematika? Berikut beberapa caranya;

17 Tips Agar Menyukai Pelajaran Matematika

1. Miliki Keinginan dan Keyakinan 
Sebelum berpikir untuk menyukai matematika, maka setiap siswa harus memiliki keinginan untuk mau belajar dengan sungguh-sungguh serta memiliki keyakinan pada diri sendiri bahwa setiap manusia memiliki potensinya masing-masing tinggal bagaimana ia menemukan dan mengembangkannya agar terus membuat perubahan atau peningkatan.

2. Semangat dan Jangan Malu Bertanya 
Ketika tidak terbiasa mengerjakan soal-soal latihan maka anda harus menerima resikonya yaitu kebodohan. Namun jadikan ini sebagai bahan anda untuk terus semangat dan menjadi motivasi agar terus belajar dengan giat hingga bisa mencapai tujuan dan jangan malu untuk bertanya kepada guru maupun teman. Jika bersungguh-sungguh maka hilangkan sifat apatis dalam diri, kesalahan fatal yang sering dilakukan adalah malu bertanya dan tidak mau tahu sehingga menyebabkan ketidaktarikan dan malasnya untuk belajar matematika.

3. Percaya Diri 
Selain itu, seorang siswa juga harus memiliki rasa percaya diri. Percaya bahwa bisa melakukannya meskipun sedikit demi sedikit. Jangan pernah takut untuk mencoba dan jangan terlalu memikirkan hasilnya yang hanya membuat was-was dan takut tidak bisa. Tentu ketika melihat teman yang jago dalam matematika akan merasa minder dan membuat semangat menurun, namn harus anda tanamkan dalam diri bahwa orang lain saja bisa, kenapa anda tidak? Itulah pentingnya percaya diri.

4. Pahami bukan Menghafal 
Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam belajar adalah menghafal, metode yang diterapkan seperti ini hanya akan membuat siswa merasa kesulitan dalam menghadapi soal-soal selain itu siswa juga akan lebih cepat melupakan hafalan terlebih menghafal dengan keadaan dipaksakan. Memahami materi merupakan cara yang lebih mudah.

5. Mengubah Mindset 
Sudah menjadi mindset semua orang bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sangat sulit, hal ini menyebabkan ketidaktarikan siswa untuk belajar matematika. Sebelum belajar mereka langsung menyerah karena menganggap dirinya tidak akan mampu dengan pelajaran yang sulit. Meskipun mata pelajaran metematika menyenagkan namun masih banyak siswa yang kurang tertarik.

6. Lakukan Secara Bertahap 
Tidak sedikit siswa yang ceroboh dalam belajar, banyak siswa yang tidak belajar secara sistematis dan tidak mengikuti prosedur. Kebanyakan langsung pada materi-materi atas, seharusnya jika ingin menyukai matematika mulailah secara bertahap. Mulai dari yang gampang dahulu agar lebih mudah dan tidak terlalu menguras pikiran. Kesalahan dalam belajar matematika adalah langsung belajar pada tingkatan atas sehingga menyebabkan kesulitan.

7. Jangan Cemaskan Proses 
Mereka yang tidak menyukai matematika karena terlalu terpaku dengan proses yang akan dihadapi. Takut tidak bisa, takut ini itu. Terlalu banyak memikirkan proses sehingga muncul rasa tidak semangat dan rasa malas untuk belajar.

8. Rajin Berlatih 
Salah satu cara untuk menyukai matematika adalah dengan rajin berlatih, mulai dari soal-soal latihan, tugas dan lain-lain. Orang yang tidak menyukai matematika karena tidak membiasakan diri dalam mengerjakan soal. Karena itu rajin-rajinlah mengerjakan soal agar terbiasa. Ingat kita bisa karena terbiasa.

9. Menonton Tutorial 
Salah satu alasan kenapa siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika adalah bukan karena sulit, terkadang metode yang digunakan guru membuat siswa cepat merasa jenuh dan tidak tertarik dengan matematika. Dizaman seperti ini sudah mestinya siswa bisa menggunakan teknologi dengan baik. Siswa bisa menonton video tutorial, biasanya dalam video penjelasannya lebih menarik dan tidak membuat siswa cepat bosan.

10. Ketahui Pentingnya Matematika 
Agar bisa menyukai maka harus mengetahui banyak tentang matematika, mulai dari cara mengerjakan soal dan mengetahui fungsi dan pentingnya belajar matematika. Tentu seperti kata pepata bahwa tak kenal maka tak sayang. Maka sangat penting bagi siswa untuk mengetahui lebih dalam tentang matematika.

11. Mencari Teman yang Suka dengan Matematika 
Carilah teman yang suka dengan matematika, saling berbagi dan tanyakan bagaimana agar bisa menyukai pelajaran matematika. Tanyakan bagaimana agar mudah belajar matematika. Ketika melihat orang-orang yang mahir dalam matematika tentu akan membuat kagum dan terbesit dalam pikiran agar bagaimana bisa sama dengan mereka, itulah mengapa penting berteman dengan mereka. Selain bisa berbagi, juga bisa menanyakan hal-hal yang belum anda ketahui dari mata pelajaran ini.

12. Mencari Guru Privat 
Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa terkadang yang membuat siswa tidak menyukai matematika adalah karena cara mengajar guru yang membuat siswa semakin tidak tertarik. Untuk itu, jika sudah ada niat untuk belajar matematika maka carilah guru privat yang sesuai dengan anda atau bisa bergabung diruang guru. Disana anda bisa mendapatkan pengajar-pengajar yang profesional dan cara belajarnya juga mudah dan bisa membantu anda kapanpun dibutuhkan.

13. Meminta Saran 
Mintai saran dari teman atau guru disekolah agar lebih tertarik dengan matematika. Tanyakan yang belum anda ketahui, bertanya tidak perlu disekolah. Ketika diluar sekolah juga bisa bertanya atau bisa meminta teman untuk mentransferkan ilmunya.

14. Beri Kenyamanan pada Diri Sendiri 
Belajar tidak perlu memaksakan diri. Sesuaikan dengan kemampuan dan tentunya bisa membuat anda lebih nyaman dalam belajar agar lebih muda mengerti. Tidak perlu terburu-buru memikirkan hasilnya nanti, nikmati saja proses yang anda jalani. Jika bersungguh-sungguh dan mengikuti prosedur maka yakin dan percaya bahwa tidak aka nada hasil yang menghianati proses.

15. Menggunakan Media 
Agar lebih menarik, anda juga menggunakan media dalam belajar. Sehingga bisa lebih mudah atau bisa menghubungkan dengan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari agar lebih menyenagkan.

16. Mengulangi Kembali 
Sudah menjadi tradisi dikalangan para siswa ketika pulang lansung mencari kegiatan lain dan melupakan apa yang didaptkannya disekolah tadi. Usahakan ketika pulang dari sekolah untuk mengulang kembali pelajaran atau materi yang sudah diberikan guru. Dengan mengulang anda tidak akan mudah lupa dengan materinya.

17. Perbanyak Referensi 
Perbanyak referensi anda tentang matematika, mulai dari cara belajarnya sampai dengan cara mengerjakan soal-soal dengan mudah. Anda bisa mencari di beberapa artikel atau buku yang ada diperpustakan sekolah, jadikan referensi sebagai benteng agar mampu bersaing kedepannya.

Demikianlah 17 Tips Agar Menyukai Pelajaran Matematika, semoga artikel yang berisikan tips agar siswa teratrik dengan pelajaran metematika bermanfaat untuk anda semua, selamat mencoba semoga berhasil.

0 Response to "17 Tips Agar Menyukai Pelajaran Matematika"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel