5 Hal Yang Di Persiapkan Guru Sebelum Mengajar

5 Hal Yang Di Persiapkan Guru Sebelum Mengajar_ Mengajar merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh pendidik/guru terhadap anak didikanya, maksudnya adalah seorang guru memberikan pelajaran terhadap siswanya sehingga siswa tersebut bisa mendapatkan pengetahuan yang sebelumnya belum dia ketahui.


Guru di tuntuk berperan aktif sebagai organisator kegiatan belajar siswa dan seorang guru juga harus mampu memanfaatkan lingkungan belajar siswa, baik yang di kelas maupun di luar kelas, dengan tujuan menunjang kegiatan belajar mengajar.

Selain itu sebagai pengajar, guru harus mampu memahami berbagai macam karakter siswa, mengubah pola pemikiran siswa dan guru harus mempunyai itelegensi yang baik. Intelegensi disini adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah, berfikir secara rasional dan menghadapi lingkunganya secara efektif.

Namun sebelum seorang guru melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, maka sangat penting bagi guru untuk mempersiapkan berbagai perangkat pembelajaran yang akan menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.

5 Hal Yang Di Persiapkan Guru Sebelum Mengajar

1. Guru Harus Mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
Rencana pelaksanaan pembelajaran atau di sebut RPP adalah suatu rencana atau rancangan pembelajaran yang di buat oleh seorang pengajar yakni seorang guru, untuk menggambarkan langkah–langkah yang akan di pergunakan dalam proses belajar mengajar.

Manfaat dari rencana pembelajaran ini yaitu dijadikan sebagai pedoman bagi seorang guru yang akan memberikan pelajaran supaya lebih sistematis dan terencana guna untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal. Dengan perencanaan pembelajaran juga, belajar jadwal siswa dan guru akan terarah dengan lebih baik.

Penyusunan rencana pembelajaan juga dapat mempermudahkan guru untuk mengingaat hal–hal penting dalam proses belajar dan materi pelajaran. Sehingga guru dengan muda menentukan metode yang bagus dan tepat selama berjalanya proses belajar. Jadi dari penjelasan mengenai rencana pelaksanaan pembelajara (RPP) sangat bermanfaat untuk guru dan siwa.

2. Guru Mempersiapakan Media Pembelajaran. 
Media pembelajaran adalah alat peraga atau media belajar untuk memudahkan siswa dalam memhami pelajaran. Media permbelajaran harus di persiapkan oleh guru untuk menarik perhatian siswa, guna merangsang kognitif,efektif dan psikomor siswa. Kognitif sendiri memiliki pengertian ranah yang mencakup kemampuan berfikir siswa yang mencangkup pengetahuan, hafalan dan ingatan, pemahaman dan analisis.

Afektif sendiri memiliki pengertian yaitu, ranah yang yang berkaitan dengan watak perilaku seperti, perasaan, minat, dan emosi. Sedangkan psikomotor ini yaitu berkaitan dengan keterampilan siswa, berhubungan dengan aktivitas siswa, artinya tergerak untuk melakukan sesutu. Dari pengertian ke tiga tersebut guru di tuntut tidak hanya memberikan materi dengan cara metode ceramah, dan tanya jawab saja melainkan guru sebaiknya mengunakan media agar siswa mampu melihat langsung objek yang sedang dipelajari

Dengan menggunakan media dalam pembelajaran, hal ini bisa menambah minat belajar siswa sehingga lebih semangat dan lebih aktif untuk mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. guru juga harus kreatif dan harus melihat keadaan terhadap media yang akan di gunakan.

3. Mempersiapkan dan Mempelajari Materi Pelajaran Sebelum Mengajar.
Sebelum penulis menjelaskan lebih dalam mengenai materi pembelajaran, kita tahu dulu apa itu materi pembelajaran? Materi pembelajaran adalah suatu informasi yang berupa alat dan teks yang di pergunakan untuk perencanaan serta untuk membantu dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas.

Materi pembelajaran sebaiknya dipilih dan diajarkan secara sistematis bertujuan untuk memberikan pengetahuan terhadap siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung atau setelah menerima pelajaran yang telah di ajarakan.

Sangat penting bagi guru untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan agar mampu mengajar secara maksimal, selain itu dengan menguasai materi pelajaran guru juga akan merasa confidence/nyaman dalam mengajar sehingga bisa menaikkan rasa percaya diri seorang guru

4. Pengajar Harus Menentukan Pendekatan, model, metode, strategi dalam mengajar
Sebelum mengajar seorang guru harus menentukan terlebih dahulu pendekatan, model, metode dan strategi yang tepat untuk diterapkan saat mengajar. Dengan pendekatan, model, metode dan strategi yang tepat maka peluang akan tercapainya tujuan pembelajaran akan semakin besar.

Dalam memilih pendekatan, model, metode dan strategi sebaiknya disesuaikan dengan materi dan karakter siswa yang akan diajar, karena seperti yang kita ketahui pendekatan, model, metode dan strategi tertentu kadang tidak cocok untuk diaplikasi untuk mengajar materi pembelajaran tertentu atau tidak tepat untuk diterapkan pada karakter siswa tertentu.

Selain itu dengan menggunakan pendekatan, model, metode dan strategi yang biasanya memiliki berbagai keunikan bisa memunculkan motivasi dan minat belajar siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih meriah dan antusias

5. Mamahami Karakter Siswa.
Sebelum melaksanakan proses belajar mengajar, salah satu hal yang cukup penting adalah sebaiknya pengajar harus mampu memahami karakter siswa atau anak didiknya,

Untuk mengenal dan memahami karakter peserta didik bisa lakukan dengan pendekatan personal, mewawancarainya dan bertanya hal-hal pribadi serta memberikan soliusi ketika ada masalah pribadinya.

Kenapa memahami karakter peserta didik sangat penting? seperti yang kita pahami bahwasanya setiap siswa memiliki karakter yang berbeda. Dengan mengetahui karakter peserta didik, guru bisa menentukan strategi yang tepat dalam mengajar.

Demikianlah artikel tentang 5 hal yang dipersiapkan sebelum mengajar, semoga bermanfaat untuk teman-teman. Note: artikel tersebut merupakan hasil tulisan mahasiswa yang mungkin masih penuh dengan kekurangan.

0 Response to "5 Hal Yang Di Persiapkan Guru Sebelum Mengajar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close