11 Tips Menjadi Guru Favorit Bagi Siswa

11 Tips Menjadi Guru Favorit Bagi Siswa_ Guru adalah sosok yang menjadi contoh tauladan atau panutan setiap siswa, yang biasa di sebut pahlawan tanpa tanda jasa. Profesi guru di anggap sangat mulia karena menjadi perantara atau penyambung ilmu yang mencerdaskan generasi penerus bangsa.


Namun menjadi seorang guru tidak semata-mata menyampaikan materi kepasa siswanya, seorang guru harus memiliki karekter yang baik dan patut di contoh oleh anak didiknya. Namun meskipun demikian, setiap siswa memiliki karakter yang berbeda-beda, berbicara tentang karakter setiap siswa pasti memiliki yang namanya guru favorit. Menjadi favorit siswa tidakalah mudah, berikut 9 Tips Menjadi Guru Favorit.

11 Tips Menjadi Guru Favorit Bagi Siswa

1. Kreatif dan Inovatif
Guru yang baik adalah guru yang mampu menghadirkan hal-hal baru dalam pembelajaran, jadi seorang guru harus mampu bepikir kreatif demi mendesain pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Syarat tercapainya tujuan pembelajaran adalah menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

Kondisi/suasana belajar yang  menyenangkan bagi siswa akan membuat siswa merasa rileks dan santai dalam belajar sehingga memudahkan siswa dalam menangkap materi-materi pelajaran yang sedang diajarkan oleh guru.

Pembelajaran yang Unik dengan kreatifitas dan inovasi yang diciptakan oleh seorang guru akan membuat siswa merasa senang jika guru yang bersangkutan mengajar, sehingga siswa akan mengecapnya sebagai guru favorit

2. Menerapkan Metode Pembelajaran yang Variatif
Metode pembelajaran yang monoton bisa membuat siswa merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa akan merasa kurang antusias jika guru yang bersangkutan mengajar karena merasa cara mengajarnya itu-itu saja.

Jadi sebagai guru yang baik sebaiknya anda menerapkan metode pembleajaran yang variatif, jadi silahkan pilih metode pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran dengan beberapa pertimbangan; misalnya ketercapaian tujuan pembelajaran, kesesuaian metode pembelajaran dengan materi pembelajaran dan kesesuaian metode pembelajaran dengan karakteristik siswa.

3. Menguasai Materi Pembelajaran
Tidak jarang kita dapatkan di sekolah-sekolah guru yang tidak menguasai materi sehingga proses belajar mengajar tidak berjalan dengan lancar, salah satu faktor yang menjadi penghambat para siswa untuk mengerti tentang pelajaran adalah bagaimana guru menyampaikan materi.

Namun ketika guru menguasai materi mata pelajaran, akan berdampak positif bagi siswa itu sendiri, dengan mengusai materi guru akan sangat mudah menyalurkan ilmunya kepada siswa. Seorang guru bisa menjadi favorit para siswa adalah ketika ia mampu menyampaikan materi dengan baik, berbicara dengan jelas,ringkas dan tidak bertele-tele yang membuat kebanyakan siswa akan merasa bosan pada saat belajar dan tidak akan paham materi.

4. Menjadi Guru yang Bersahabat 
Guru tidak mesti membatasi diri dengan siswanya, selain menjadi orang tua di sekolah guru juga bisa menjadi sahabat. Biasanya yang bersahabat akan menjadi salah satu kriteria guru favorit para siswa. Selama siswa bisa menjaga etika kenapa tidak, hal ini juga bisa membangun kedekatan antara guru dan siswa.

Untuk itu jadilah guru yang bisa bersahabat dengan siswanya, sehingga meski di luar sekolah para siswa masih akan tetap merasa akrab dengan gurunya tanpa meningkalkan sikap sopan santun. Maka jadilah guru yang memiliki sifat supel bila ingin dekat dengan siswa sehingga muda bergaul dan dekat agar nantinya bisa menjalin hubungan kekeluargaan.

5. Senantiasa memberi Kesan Positif 
Sebelum memulai pelajaran bisa dengan mencoba untuk menunjukan kesan positif kepada para siswa. Misalnya dengan memberikan senyum dan sapa agar para siswa merasa nyaman untuk memulai pelajaran. Dan yang tidak kalah penting adalah antusias seorang guru yang dapat mendorong semangat belajar siswa.

Menurut riset yang di lakukan oleh Muhammad Al-Haddad dari Universitas Muhammadiyah Surakarta bahwa motivasi belajar siswa sangat bergantung pada gurunya. Ketika guru memasuki ruangan atau kelas dengan muka datar maka suasana akan terasa tegang bahkan membuat siswa tidak nyaman mengikuti proses belajar mengajar. Maka jadilah guru yang murah senyum kepada anak didiknya, agar semangat belajar.

6. Tidak Suka Marah-marah
Siapapun tidak akan suka dengan orang yang pemarah. Dikalangan para pelajar sudah pasti ada yang namanya “Guru Killer”. Jika anda tidak ingin di cap sebagai guru killer oleh para siswa maka memarahi siswa harus di kondisikan. Memarahi siswa tidak ada salahnya jika itu berkaitan dengan untuk kebaikan siswa, yang terpenting jangan asal marah.

Ketika mendapatkan siswa yang nakal bisa di nasehati dengan baik, kalaupun menghukum sesuai dengan aturan yang sudah di tetapkan oleh pihak sekolah. Dan ketika mendapatkan siswa yang bermasalah guru bisa mengambil kesempatan agar menjadi lebih akrab dengan siswanya misalnya mendengarkan masalah anak didiknya.

7. Menjadi Guru yang Sabar
Menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah dimana harus menghadapi berbagai macam karakter para siswa dengan sabar. Pertama guru harus tahan dalam segala keadaan misalnya ketika siswa tidak memperhatikan dengan baik, melanggar aturan sekolah dan masih banyak lagi. Disini guru di tuntut harus sabar dalam membimbing anak didiknya secara terus-menerus,dengan kesabaran guru dan seiring berjalannya waktu para siswa akan berubah dan berkembang dengan sendirinya.

Tidak hanya itu guru juga harus sabar dalam menyampaikan materi kepada siswanya, berusaha untuk tidak tergesa-gesa dalam proses menjelaskan agar siswa merasa nyaman dan yang paling penting materi yang di terima dapat di mengerti.

8. Tidak Sombong
Orang yang sombong sudah pasti tidak akan di sukai yang lain, begitu juga dengan seorang guru yang sombong tentunya tidak akan di sukai oleh muridnya. Ketika guru memiliki sifat sombong sudah pasti dia tidak akan sabar, baik dalam menghadapi siswa maupun menyapaikan materi, dengan keadaan seperti ini proses belajar mengajar pasti akan sulit dan tidak berjalan dengan baik.

Hal ini hanya akan membuat siswa merasa tidak nyaman baik dengan guru maupun dengan suasana kelas. Menjadi guru harus memiliki sifat rendah hati agar bisa di senangi okeh anak didiknya, guru yang sombong tidak akan di sukai oleh siswa.

9. Berkepribadian yang Baik
Berkepribadian baik disini adalah memiliki sifat dan sikap yang layak di tiru atau di jadikan panutan oleh anak didiknya, karena selain menjadi orang tua di sekolah seorang guru juga harus menjadi seseorang yang dapat memberikan contoh yang baik kepada setiap siswa.

 Menjadi guru yang memiliki kepribadian yang baik akan menjadi favorit bagi setiap siswa, dan orang-orang yang ada dalam lingkungan sekolah.

Kepribadian guru yang layak di tiru ialah ketika menyampaikan banyak hal tentang kebaikan kepada siswanya dan langsung diikuti dengan perbuatan, tidak hanya sebatas kata-kata atau ucapan. Dengan begitu siswa akan merasa senang dengan kepribadian sang guru.

10. Tidak Mudah Menyalahkan.
Seperti pada poin sebelumnya menjadi seorang guru memang harus sabar, dalam hal ini tidak boleh langsung menyalahkan. Misalnya siswa yang melanggar aturan sekolah jangan langsung di marahi atau menghukum, harus di nasehati terlebih dahulu.

Biasanya anak yang di didik dengan kasar cenderung lebih menjadi seseorang yang pembangkang dan susah di atur. Atau ketika siswa mendapatkan nilai rendah yang tidak sesuai dengan target, maka seorang guru harus tetap sabar dalam mendidik dan menasehati.

Jika hal demikian terjadi maka ini akan menjadi kesempatan bagi guru untuk melakukan pendekatan melalui remedial. Menjadi guru memang harus sabar dan tidak mudah menyalahkan.

11. Menjadi Guru yang Humoris 
Bukan hanya seorang guru, siapapun jika memiliki humor yang bagus tentu akan membuat orang lain akan merasa senang dan nyaman jika berada dalam satu tempat. Pada saat mengajar tidak harus melulu dalam keadaan tegang dan kaku.

Karena hal ini bisa membuat siswa akan cepat merasa bosan bahkan tidak nyaman, humoris bukan berarti tidak serius dalam belajar tetapi mencairkan suasana tegang pada saat menerima materi. Untuk itu pada saat proses belajar mengajar sedang berlangsung anda bisa bercerita sedikit pengalaman lucu atau tentang hal berkaitan dengan materi yang sedang berlangsung. Dengan begitu siswa tidak akan merasa bosan pada saat belajar.

Demikianlah artikel tentang Tips Menjadi Guru Favorit siswa, semoga artikel tersebut bisa memberi manfaat untuk anda semua.

0 Response to "11 Tips Menjadi Guru Favorit Bagi Siswa"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel