Gaji Sertifikasi Guru PNS dan Guru Swasta

Gaji Sertifikasi Guru PNS dan Guru Swasta_ Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.


Profesi sebagai seorang guru saat ini banyak diminati, bagaimana tidak, saat ini dengan menjadi seorang guru bisa mendapatkan banyak fasilitas dan tunjangan dari pemerintah. Salah satu tujangan yang bisa diterima oleh seorang guru adalah tunjangan sertifikasi.

Apa itu tunjangan sertifikasi bagi guru? tunjangan sertifikasi adalah tunjangan yang diberikan kepada guru atau dosen yang telah memiliki sertifikat pendidik. Sertifikat pendidik sendiri adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru dan dosen sebagai tenaga profesional.

Guru yang memiliki sertifikasi pendidika memperoleh tunjangan profesi sebesar satu kali gaji, guru negeri maupun swasta dibayar pemerintah, hal ini Berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2015 Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen.

A. Gaji Sertifikasi Guru PNS dan Guru Swasta

  • Gaji Sertifikasi Guru PNS
Gaji sertifikasi guru yang berstatus PNS adalah mendapatkan tunjangan sertifikasi setara dengan gaji pokokknya. Jadi misalkan gaji pokok seorang PNS yang memiliki golongan 3A adalah Rp.2.456.700 maka tunjangan sertifikasi yang akan diterima setara dengan gaji pokoknya yang mengacu pada golongan PNS yang bersangkutan


Berikut Gaji seorang PNS Guru tergantung golongannya, berikut gaji PNS berdasarkan golongannya;
PNS Golongan I: 1.486.000
PNS Golongan II: 1.926.000
PNS Golongan III: 2.456.700
PNS Golongan  IV: 2.899.500

Daftar gaji di atas adalah gaji awal ketika seorang guru baru diangkat menjadi PNS, belum termasuk gaji berdasarkan lama masa kerja. Jadi lumayan bukan gaji yang didapatkan oleh Guru yang bersatus PNS, belum lagi jika masa kerjanya sudah puluan tahun, maka bisa jadi gajinya menjadi dua kali lipat ketimbang gaji awalnya.

Jadi sangat mudah untuk mengetahui berapa tunjangan sertifikasi yang diterima oleh Guru PNS, anda hanya perlu melihat PNS tersebut masuk dalam kategori golongan berapa dan berapa lama masa kerjanya/pengabdiannya. Silahkan anda lihat tabel gaji guru yang berstatus PNS berdasarkan golongan dan masa kerja pada tabel di bawah ini.



  • Gaji Sertifikasi Guru Swasta
Satu hal yang perlu diketahui bahwasanya gaji guru swasta sangat bervariasi, semua tergantung dari yayasan/ sekolah tempat dia mengabdi. Jadi untuk menetukan standar gaji yang diterima oleh guru swasta agak sulit dilakukan karena lain sekolah swasta lain  pula kebijakan perihal gaji yang diberikan kepada guru-gurunya.

Apakah guru swasta juga bisa menerima tunjangan sertifikasi pendidik
Lantas yang menjadi pertanyaan apakah guru swasta juga bisa menerima tunjangan sertifikasi apabila guru tersebut telah memiliki sertifikat pendidik? berdasarkan informasi guru yang kami terima tunjangan sertifikasi yang diterima oleh guru swasta dibayarkan oleh pemerintah.

Lalu berapa tunjangan sertifikasi yang diterima oleh guru swasta?
Tunjangan sertifikasi yang diterima oleh guru swasta yang telah sertifikasi setara dengan tunjangan sertifikasi yang diterima oleh guru yang berstatus PNS. jadi misalkan guru swasta tersebut memiliki golongan 3A, maka tunjangan sertifikasi yang diterima adalah setara dengan tunjangan sertifikasi yang diterima oleh Guru PNS yang memiliki golongan 3A

Jadi tunjangan sertifikasi yang diterima guru swasta tidak mengikuti besaran gaji pokok yang diterimanya dari yayasan melainkan mengikuti besaran gaji pokok guru PNS berdasarkan golongannnya.

B. Gaji Sertifikasi Guru PNS dan Guru Swasta Per-Bulan atau Per-Triwulan?
Gaji sertifikasi guru yang berstatus PNS dan Guru swasta dibayarkan oleh pemerintah secara berkala, tunjangan sertifikasi Guru PNS dan Guru Swasta tidak dibayar per-bulan melainkan per-triwulan atau 3 bulan sekali namun jumlah tunjangannya akan diakumulasi, sehingga total yang diterima setara dengan tunjangan sertifikasi selama 3 bulan.

Namun untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi guru yang bersangkutan harus memenuhi beberapa persyaratan administrasi, misalnya saya jam mengajar yang harus cukup minimal 24 jam dalam seminggu.

C. Cara mendapatkan sertifikasi pendidik agar bisa mendapatkan tunjangan sertfikasi
Nah agar bisa mendapatkan tunjangan sertifikasi seorang guru mesti memiliki sertifikasi pendidik. lantas bagaimana caranya agar bisa memiliki sertifikasi pendidik? ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk bisa mendapatkan sertifikasi pendidik. berikut beberapa opsi untuk anda

1. PPGJ (pendidikan profesi guru dalam jabatan)
PPGJ atau pendidikan profesi guru dalam jabatan pendidikan yang mesti diikuti oleh guru untuk bisa mendapatkan sertfikat pendidik. Jalur PPGJ diperuntukan bagi orang yang telah berstatus PNs namun belum memiliki sertifikat pendidik.

2. PPG Prajabatan bersubsidi
PPG Prajabatan bersubsidi adalah jalur untuk mendapatkan sertifikat pendidik. Jalur ini bisa diikuti oleh freshgraduate atau orang yang baru lulus kuliah.

3. PPG-3T 
PPG-3T atau pendidikan profesi guru untuk guru yang berada di daerah 3T, melalui jalur ini anda juga bisa mendapatkan sertifikat pendidik.

Demikianlah artikel tentang Gaji Sertifikasi Guru PNS dan Guru Swasta, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Similar search: gaji guru sertifikasi per bulan berapa gaji guru sertifikasi non pns berapa gaji sertifikasi guru swasta gaji guru sertifikasi 2018 gaji sertifikasi guru golongan 4a gaji guru sertifikasi non pns 2018 gaji sertifikasi guru honorer besar tunjangan sertifikasi guru honorer

0 Response to "Gaji Sertifikasi Guru PNS dan Guru Swasta"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel