5 Kemampuan dan Sikap yang Sebaiknya Dimiliki Seorang Guru dalam Menjalankan Tugasnya

5 Kemampuan dan Sikap yang Sebaiknya Dimiliki Seorang Guru dalam Menjalankan Tugasnya_ Profesi sebagai seorang merupakan tugas yang mulia, namun dalam melaksanakan tugasnya seorang guru harus memiliki kompetensi dan kapasitas yang memadai agar mampu menjalankan tugasnya sebaik mungkin.


Dalam UU Guru dan dosen tahun 2005 No.14 tertera ada begitu banyak tugas dan kewajiban seorang guru, selain tugas dan kewajiban seorang guru juga memiliki hak. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa kemampuan dan sikap yang sebaiknya dimiliki dalam menjalakan tugasnya, berikut ulasannya.

5 Kemampuan dan Sikap yang Sebaiknya Dimiliki Seorang Guru dalam Menjalankan Tugasnya

1.MENGUASAI KURIKULUM
Kurikulum sebagai program pendidikan secara utuh,mempunyai kedudukan yang cukup penting dalam keseluruhan program pendidikan dan pengajaran. Oleh sebab itu,guru harus menguasai benar kurikulum dan Garis-garis Besar Program Pengajaran(GBPP)yang merupakan pedoman yang dapat mengarahkan dalam merencanakan program dan kegiatan belajar-mengajar di kelas.

Tanpa penguasaan yang baik terhadap kurikulum yang berlaku,guru akan mengalami kesulitan dan kurang terarah dalam penyampaian materi kepada siswa Guru harus tahu batas-batas materi yang harus di sajikan dalam kegiatan belajar-mengajar,baik keluasan materi ,konsep,maupun tingkat kesulitannya sesuai dengan yang di gariskan dalam kurikulum.

Guru yang adalah guru yang berhasil dalam pengajaran dan mampu mempersiapkan siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Untuk mengarahkan siswa agar mencapai tujuan-tujuan itu,maka setiap guru harus memiliki berbagai kemampuan atau kualifikasi profesional. Tugas profesional ini meliputi tugas-tugas mendidik (untuk mengembangkan kepribadian siswa),mengajar (untuk mengembangkan kemampuan berpikir)dan melatih(untuk mengembangkan keterampilan siswa).

2. MENGUASAI MATERI SETIAP MATA PEMBELAJARAN 
Guru Sekolah Dasar adalah guru kelas,artinya guru harus dapat mengajarkan berbagai materi pelajaran. Guru harus dapat mengajarkan berbagai materi pelajaran. Guru tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan bahan pelajaran yang telah ditetapkan,tetapi guru harus menguasai dan menghayati secara mendalam semua materi yang akan diajarkan.

Oleh karena itu dalam memberikan materi pelajaran guru mempunyai peranan dan tugas sebagai pengelolah proses belajar-mengajar di kelas yang dituntut banyak inisiatif dan penuh kreativitas. Jadi, penguasaan terhadap semua materi pelajaran mutlak dimiliki oleh seorang guru sekolah dasar.

3. MENGUASAI METODE DAN EVALUASI BELAJAR 
Salah satu kelemahan mendasar yang biasanya terjadi dalam kegiatan belajar- mengajar justru terletak pada inti aktivitas pendidikan itu sendiri,yaitu pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar justru terletak pada aktivitas pendidikan itu sendiri,yaitu pelaksanaan kegiatan mengajar yang melibatkan guru dan siswa serta interaksinya satu sama lain.

Dalam rangka kegiatan belajar-mengajar,guru harus menguasai berbagai metode mengajar. Selain menguasai berbagai metode mengajar,selain menguasai berbagai metode,guru juga harus mampu memilih metode yang tepat sesuai materi pelajaran,tingkat kecerdasan siswa,serta lingkungan dan kondisi setempat,kemudian merancang menjadi satu program pengajaran yang baik dan terus di perbaiki serta disempurnakan.

Selanjutnya,guru harus mampu mengukur dan menilai hasil pekerjaan siswa,terutama sekali yang menyangkut kegiatan belajar- mengajar,baik proses maupun hasil belajarnya. Dengan demikian,guru harus menguasai teknik-teknik evaluasi yang diperlukan. Namun,bukanlah sampai di situ saja. Guru seharusnya meneliti dan menelaah hasil evaluasi para siswa,kemudian menentukan langkah selanjutnya untuk memperbaiki dan menyempurnakan program belajar- mengajar.

4. SETIA TERHADAP TUGAS 
Profesi guru sangatlah berlainan dengan profesi lainnya karena pekerjaan guru menyangkut pertumbuhan,perkembangan fisik ,intelektual seorang anak manusia. Segala kegiatan belajar-mengajar harus disiapkan secara matang.

Untuk itu,guru harus benar-benar menyatu,menjiwai,dan menghayati tugas- tugas keguruannya.  Guru-guru yang berhasil pada dasarnya adalah guru-guru yang mencintai tugasnya dan guru-guru yang setia terhadap tugasnya.

5. DISIPLIN DALAM ARTI TUGAS 
Pendidikan adalah suatu proses,bersama proses,bersama proses itu anak akan tumbuh dan berkembang dalam belajar. Pendidik dengan sengaja mempengaruhi arah proses itu sesuai dengan tata nilai yang di anggap baik dan diterima serta berlaku dalam masyarakat.

Kuat lemahnya pengaruh itu sangat bergantung pada tata disiplin yang ditetapkan dan dicontohkan oleh guru. Dikelas,guru adalah ‘pemimpin’ yang menjadi teladan dan panutan siswa- siswanya, Oleh sebab itu, disiplin bagi seorang guru merupakan bagian penting dari tugas-tugas kependidikan.

Dalam hal ini,tugas guru bukan hanya melatih sikap disiplin pada anak didiknya,tetapi juga lebih penting adalah mendisiplinkan diri sendiri sebagai ciri khas figur seorang guru.

0 Response to "5 Kemampuan dan Sikap yang Sebaiknya Dimiliki Seorang Guru dalam Menjalankan Tugasnya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel