Mahasiswa Tingkat Akhir itu Semester Berapa? Berikut Jawabannya


Mahasiswa Tingkat Akhir itu Semester Berapa? Berikut Jawabannya_ Bagi anda yang masih bingung mahasiswa tingkat akhir itu semester berapa maka alangkah baiknya anda membaca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui jawabannya. Jika mahasiswa yang masih berstatus sebagai mahasiswa baru atau mahasiswa semester satu dikatakan mahasiswa tingkat awal lantas pada semesster berapakah seorang mahasiswa dikatakan mahasiswa tingkat akhir?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebenarnya gampang-gampang susah, mahasiswa dikatakan sebagai mahasiswa tingkat akhir tergantung dari jenjang kuliah yang diambil. Seperti yang kita ketahui ada jurusan kuliah yang normalnya 4 tahun (S1/D IV), 3 tahun (D III), 2 tahun (D II), dll.

Jadi admin akan mencoba mengulas jenis mahasiswa tingkat akhir berdasarkan gelar atau titel yang ingin diraihnya.

Mahasiswa Tingkat Akhir itu Semester Berapa? Berikut Jawabannya

1. Mahasiswa tingkat akhir S1/DIV
Seperti yang kita ketahui bahwa normalnya untuk menyelesaikan pendidikan atau kuliah dijenjang S1/D4 normalnya dibutuhkan waktu selama kurang lebih 8 semester atau 4 tahun. Jadi mahasiswa yang ingin mengambil gelar sarjana dikatakan sebagai mahasiswa tingkat akhir jika telah menyelesaikan semua mata kuliah wajib dijurusan yang dipilihnya dan tinggal proses penyusunan skripsi.

Rentang waktu tercepat bisanya untuk menyelesaikan pendidikan pada tingkatan S1 atau D4 adalah 3,5 tahun dan waktu terlalu lama adalah 7 tahun, jika seorang mahasiswa tak mampu menyelesaikan kuliahnya sampai rentang watu 7 tahun maka mahasiswa yang bersangkutan akan otomatis di DO (dropout). Tidak sedikit mahasiswa yang kuliah lebih dari 4 tahun bahkan sampai 7 tahun.

2. Mahasiswa tingkat akhir D III
Sama halnya dengan mahasiswa yang ingin mengambil gelar sarjana, mahasiswa DIII Seperti yang kita ketahui bahwa normalnya untuk menyelesaikan pendidikan atau kuliah dijenjang DIII normalnya dibutuhkan waktu selama kurang lebih 6 semester atau 3 tahun. Jadi mahasiswa yang ingin mengambil gelar A.Md (Ahli madia) dikatakan sebagai mahasiswa tingkat akhir jika telah menyelesaikan semua mata kuliah wajib dijurusan yang dipilihnya dan tinggal proses penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI).

3. Mahasiswa tingkat akhir D II
Sama halnya dengan mahasiswa yang ingin mengambil gelar sarjana, mahasiswa DIII Seperti yang kita ketahui bahwa normalnya untuk menyelesaikan pendidikan atau kuliah dijenjang DII normalnya dibutuhkan waktu selama kurang lebih 4 semester atau 2 tahun. Jadi mahasiswa yang ingin mengambil gelar A.Ma (Ahli muda) dikatakan sebagai mahasiswa tingkat akhir jika telah menyelesaikan semua mata kuliah wajib dijurusan yang dipilihnya dan tinggal proses penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Namun istilah mahasiswa tingkat akhir juga kadang disematkan kepada mahasiswa yang masa studinya sudah masuk pada rentang waktu yang terlama untuk menyelesaikan kuliahnya. Misalnya; mahasiswa yang ingin mengambil gelar sarjana yang msa terlama kuliahnya adalah 7 tahun atau 14 semester mahasiswa tersebut, sudah masuk semester 14 atau semester terakhir untuk menyelesaikan kuliah sebelum di drop out (DO).

Jadi kesimpulannya istilah mahasiswa tingkat akhir kadang diberikan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan semua mata kuliahnya yang tinggal menyusun skripsi dan ujian meja atau ujian tutup. Juga kadang disematkan kepada mahasiswa yang sudah hampir di drop out (DO) karena telah mendekati batas akhir maksimal untuk menyelesaikan kuliahnya.

Demikianlah artikel tentang Mahasiswa Tingkat Akhir itu Semester Berapa? Berikut Jawabannya, tulisan di atas merupakan hasil pemikiran penulis jika ada kesalahan atau kekeliaruan silahkan anda berkomentar di kolom komentar di bawah ini demi kesempurnaan tulisan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

0 Response to "Mahasiswa Tingkat Akhir itu Semester Berapa? Berikut Jawabannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel