7 Penyebab Mengulang Mata Kuliah

7 Penyebab Mengulang Mata Kuliah_ Syarat untuk menyelesaikan kuliah adalah dengan melulusi semua mata kuliah sesuai dengan program studi yang telah dipilih, tak ayal beberapa mahasiswa harus mengulang atau memprogram ulang mata kuliah yang telah diikuti pada semseter-semester sebelumnya karena beberapa alasan.


Mengulang mata kuliah memang sebuah hal yang lumrah terjadi, ada banyak mahasiswa yang pernah mengalami hal tersebut yakni memprogram ulang mata kuliah yang telah diikuti sebelumnya, penyebabnya juga beragam.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab sehingga seorang mahasiswa haru mengulang mata kuliah atau memprogram ulang mata kuliah yang telah diikuti sebelunya? berikut beberapa faktor penyebab mahasiswa harus mengulang kembali mata kuliah yang pernah diikutinya.

7 Penyebab Mengulang Mata Kuliah

1. Mendapatkan Nilai E (EROR)
Jika anda mendapatkan nilai mata kuliah E maka sudah keharusan bagi anda untuk memprogram ulang mata kuliah tersebut, Nilai E artinya anda belum layak untuk melulusi mata kuliah tersebut,

Ada dua cara untuk memperbaiki ulang nilai mata kuliah yang eror (E) yakni dengan memprogram ulang di kelas adik junior sesuai dengan mata kuliah yang eror (E) tersebut atau bisa dengan melakukan program SP (semester pendek).

Biasanya jika ingin memprogram ualng mata kuliah dengan sistem semester pendek (SP) maka akan dikenakan biaya dengan nominal yang bervariasi (semua tergantung kebijakan kampus). Nominal yang harus dibayarkan dihitung per/sks.

2. Mendapatkan Nilai Jelek
Selanjutnya penyebab seorang mahasiswa mengulang mata kuliah adalah karena mahasiswa yang bersnagkutan mendapatkan nilai yang jelek saat mengikuti mata kuliah tertentu, dengan begitu sebagai solusi agar nilai yang jelek tersebut tidak terpampang di transkrip nilai maka mahasiswa yang bersangkutan bisa memprogram ulang.

Cara untuk memperbaiki nilai yang jelek tersebut bisa juga dengan program ulang dikelas adik juniornya yang sesuai dengan mata kuliah yang nilainya jelek tersebut, bisa pula dengan melakukan program semester pendek (SP).

3. Disentimen oleh Dosennya.
Seorang dosen sebaiknya objektif dalam memberikan penilaian, namun bisa jadi ada dosen yang melakukan penilaian secara subjektif, sehingga nilai yang diberikan tidak semata-mata berdasarkan penilaian objektif terhadapa mahasiswa yang bersangkutan akan tetapi sudah berkaitan dengan hal-hal yang diluar perkuliahan.

Bisa jadi ada dosen yang kemudian agak sentimen terhadap mahasiswa tertentu, alhasil nilai yang diberikan kepada mahasiswa yang bersangkutan jelek atau Eror padahal mungkin mahasiswa yang bersangkutan tersebut tidak pantas untuk mendapatkan nilai E atau nilai yang jelek, hasilnya mahasiswa tersebut harus mengulang mata kuliah.

4. Tidak Ikut MID semester Ujian tengah semester dan UAS (Ujian akhir semester)
Next, penyebab anda bisa mengulang mata kuliah adalah karena anda tidak mengikuti MID semester Ujian tengah semester dan UAS (Ujian akhir semester), padahal dalam bobot penilaian perkuliahan keseluruhan MID semester Ujian tengah semester dan UAS (Ujian akhir semester) memiliki porsi nilai tinggi.

Jadi jika anda ingin tidak mengulang mata kuliah maka sebaiknya anda ikut MID semester Ujian tengah semester dan UAS (Ujian akhir semester) agar nilai yang anda dapatkan sangat memuaskan.

5. Jarang masuk kuliah
Kehadiran dalam perkuliahan juga sangat signifikan dalam mempengaruhi nilai yang didapatkan seorang mahasiswa, dalam aturan dibeberapa kampus kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan mata kuliah tertentu minimal harus 80%, jadi jika kehadirannya di bawah  80% maka terancam mendapatkan nilai yang EROR.

Jadi kehadiran dalam perkuliahan sangat perlu anda perhatikan agar tidak mengulang mata kuliah, apalagi jika mata kuliah tersebut memiliki bobot SKS yang tinggi maka sudah pasti akan menyita banyak waktu untuk mengulanginya.

6. Tidak aktif dalam perkuliahan
Selanjutnya, penyebab anda bisa mengulang mata kuliah karena anda mungkin kurang aktif dalam perkuliahan, dalam penilaian seorang dosen, keaktifan juga memiliki porsi yang besar agar bisa mendapatkan nilai yang baik.

Jadi alangkah baiknya selain anda rajin masuk kuliah juga menjadi mahasiswa aktif di kelas agar kelak nilai yang didapatkan dari mata kuliah tersebut memuaskan bagi anda.

beberapa penyebab seorang mahasiswa mendapatkan nilai E adalah karena jarang masuk kuliah, tidak mengumpulkan tugas, kurang aktif dalam kegiatan perkuliahan.

7. Tidak membayar SPP
Terakhir, salah satu penyebab anda harus mengulang mata kuliah adalah anda tidak melunasi pembayaran SPP, sehingga kondisi tersebut membuat mata kuliah yang anda program semua EROR, jadi jika anda tak ingin nilai anda EROR.

Demikianlah artikel tentang 7 Penyebab Mengulang Mata Kuliah, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya.

0 Response to "7 Penyebab Mengulang Mata Kuliah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel