11 Tips Sebelum Melakukan Tes Wawancara

11 Tips Sebelum Melakukan Tes Wawancara_ Wawancara merupakan percakapan antara dua orang atau lebih yang dimana ada narasumber dan pewawancara. Wawancara biasanya dilakukan secara lisan dengan pembahasan atau topik tertentu untuk mempermudah narasumber dan pewawancara.


Tujuan diadakannya wawancara adalah untuk mengumpulkan informasi dari narasumber melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pewawancara, selain itu bisa dengan adanya wawancara bisa melengkapi data atau informasi yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Wawancara atau interview biasanya dilakukan oleh pihak perusahaan dengan tujuan agar mengetahui prestasi, bakat, kemampuan, dan tujuan dari peserta atau calon karyawan yang akan dipekerjakan sesuai dengan posisi atau bidang tertentu. Namun sebelum melakukan tes wawancara penting bagi peserta atau calon untuk melakukan persiapan. Lalu apa saja persiapan sebelum wawancara? Berikut beberapa tipsnya :

11 Tips Sebelum Melakukan Tes Wawancara

1. Persiapkan Fisik dan Mental
Mempersiapkan fisik dan mental bukan hanya untuk yang mengikuti lomba olahraga saja, peserta tes wawancara juga perlu. Karena ketika tubuh dalam kondisi sakit atau keadaan tidak sehat, tentunya akan sangat berpengaruh pada proses wawancara.

Sebab itu, jaga kesehatan dengan mengatur pola makan, istrahat yang cukup, rajin olahraga dan jangan begadang. Tidak hanya fisik, mental juga harus dilatih karena nantinya anda akan dihujani beberapa pertayaan, penting untuk menjaga fokus dan konsentrasi anda agar bisa menjawab pertanyaan dari pewawancara dengan baik.

2. Sugesti Diri 
Penting melakukan sugesti diri sebelum melakukan tes wawancara, terlebih bagi anda yang mudah patah semangat sebelum bejuang. Selalu buat dri anda yakin bahwa semua bisa dilakukan dan yakinkan pada diri sendiri bahwa anda bisa melakukannya.

Dengan sugesti anda bisa menenangkan diri sehingga tidak terlalu tertekan dan merasa lebih santai dan nyaman. Sugesti juga menghindari diri dari kata negatif/pikiran negatif. Maksudnya adalah anda tidak perlu memikirkan hal-hal yang hanya membuat anda menjadi tidak nyaman sehingga kurang konsentrasi. misalnya kalian berpikir jangan-jangan pertanyaannya sulit, jangan sampai saya tidak bisa menjawab dll, jadi usahakan untuk menghindari pikiran seperti ini

3. Berdoa dan Usaha 
Dalam setiap apa yang kita lakukan tidak akan lepas dari campur tangan Tuhan, sebelum melakukan interview berdoalah kepada Tuhan agar dipermudah dan dilancarkan hingga selesai. Namun berdoa saja tidak cukup, jadi harus diikuti ikhtiar dengan bekerja keras.

4. Meminta Saran
Sebelum melakukan interview atau wawancara, tidak ada salahnya untuk meminta saran dari keluarga atau teman yang sudah berpengalaman, agar bagaimana nantinya anda bisa mengolah menjadi lebih terstruktur.

5. Perbanyak Referensi
Sangat penting bagi anda untuk memperbanyak referensi, terlebih tentang latar belakang perusahaan.Anda harus mengetahui visi misi yang ada di perusahaan tersebut, hal ini sangat membantu anda dalam interview nanti.
Anda bisa menanyakan kepada keluarga, teman, atau bisa mencari informasinya melalui google dari beberapa artikel tentang perusahaan yang dituju.

6. Berpikir Positif 
Selalu berpikir positif, hindari cemas berlebih sebelum melakukan interview misalnya mengingkari rasa kuatir dan rasa takut ,sebuah cara yang lebih baik adalah untuk mereflesikan emosi negatif tersebut . Jangan terlalu fokus pada hasilnya nanti, lakukan sesuai dengan kemampuan anda, tidak perlu memaksakan diri. Proseslah yang paling penting agar hasilnya juga sesuia dengan apa diharapkan.

7. Memiliki Tujuan 
Tentunya dalam mencara pekerjaan anda harus memiliki tujuan. Misalnya kenapa anda melamar diperusahaan itu? Bagaimana cara kerja anda ketika diterima nanti? dan beberapa pertanyaan yang menyangkut perusahaan dan tujuan anda dalam bekerja. Semua itu harus anda miliki dan pahami karena pada saat wawancara akan ditanyakan kembali oleh pewawancara.

8. Motivasi dan Semangati Diri 
Interview memang merupakan momen yang membutuhkan banyak persiapan karena setiap proses akan menentukan hasilnya nanti dan biasanya menimbulkan cemas yang berlebih, takut akan hasilnya tidak sesuai dengan harapan, takut ini itu. Dalam situasi seperti ini, anda harus mampu menguasai pikiran sendiri. Tidak perlu meminta orang lain untuk melakukannya, anda juga bisa memotivasi dan menyemangati diri sendiri.

9. Mencari Kenyamanan 
Menjelang interview tentunya tidak menutup kemungkinan akan muncul rasa gugup yang berlebih, terlebih itu untuk yang pertama kali. Disaat seperti ini hal yang harus anda lakukan adalah dengan mencari kenyaman untuk menenangkan diri, misalnya dengan mendengarkan musik, mencari teman untuk bercerita atau melakukan hal lain yang bisa mengurangi rasa nerveous anda.

10. Perbanyak Latihan
Sebelum interview cobalah untuk lebih sering latihan dalam hal berbicara, anda bisa berlatih didepan cermin atau bisa meminta orang lain untuk membantu anda dalam latihan. Misalnya dari keluarga atau teman bisa menjadi pewawancara pada saat latihan sehingga anda menjadi lebih terbiasa.

Dan jangan lupa untuk meminta penilaian dari mereka, dengan begitu anda bisa mengetahui apa-apa saja yang masih kurang dan apa saja yang harus diperbaiki, mulai dari cara bertutur kata, intonasi suara, mimik wajah. Terlebih anda harus menjaga sopan santun, beri salam ketika memasuki ruangan interview, bersikap ramah dan paling penting jangan tunduk ketika ditanya. Usahakan untuk bertatap muka dengan para pewawancara.

11. Perbaikan Penampilan
Sebelum melakukan wawancara, tidak hanya jawaban yang disiapkan tetapi pakaian juga sangat penting untuk menjaga penampilan anda, terlebih perempuan yang tingkat rempongnya lebih tinggi dari laki-laki. Selain itu penampilan juga merupakan bagian dari identitas.

Mengikuti tes wawancara juga harus memilih pakaian yang sopan, jika muslim pakailah kerudung, jika tidak memakai kerudung jangan memakai rok pendek, minimal dibawah lutut, dan memakai sepatu atau high heels yang tidak terlalu tinggi dan jangan memakai perhiasan dan make up secara berlebihan, ingat anda mau interview bukan ke kondangan.

Itulah beberapa tips yang dilakukan sebelum melakukan wawancara, lakukan yang terbaik sesuai prosedur dan nikmati prosesnya. Ingat proses tidak menghianati hasil jika dilakukan dengan sungguh- sungguh dan niat yang ikhlas maka yakin lah pasti akan berhasil . Semoga bermanfaat ,selamat mencoba dan semoga berhasil

0 Response to "11 Tips Sebelum Melakukan Tes Wawancara"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel