Pilih Ruang Guru Atau Zenius? Berikut Reviewnya

Pilih Ruang Guru Atau Zenius? Berikut Reviewnya _ Salam hangat untuk adik-adik dimanapun kalian berada, gimana kabar kalian nih? semoga saja kalian senantiasa dalam keadaan sehat selalu. Sebagai generasi masa depan bangsa pastinya adik-adik merupakan harapan yang diharapkan bisa menjadi jawaban serta solusi dari berbagai permasalahan yang masih ada dalam bangsa ini.


Tahu nggak gengs! Bahwa diri kalian saat ini adalah gambaran dari bagaimana kalian dimasalalu dan apa yang anda lakukan hari ini adalah gambaran bagaimana anda dimasa depan. Nah jika hari ini kalian rajin belajar, pantang menyerah, kreatif dll pastinya di kemudian hari bukan tidak mungkin kalian akan tumbuh menjadi sosok hebat. Begitupun sebaliknya, jika kalian hari ini bermalas-masalan maka bisa dibayangkan bagaimana masa depan kalian nantinya.

Maka dari itu gengs! jika ingin sukses nantinya maka kalian harus menbangun masa depan kalian  mulai hari ini salah satunya dengan belajar. Nagh bagi adik-adik yang ingin jadi juara kelas, juara tingkat sekolah maupun berprestasi tingkat nasional pastinya harus giat belajar donk!

Belajar saat ini tidak hanya bisa dilakukan saat berada dalam ruangan kelas loh gengs! Seiring kecanggihan teknologi belajar juga bisa dilakukan secara online dengan menggunakan Smartphone/Hp atau Pc/komputer. Gimana caranya? saat ini ada banyak bimbingan belajar online yang bisa anda pilih untuk ikut belajar secara online atau lebih tepatnya bimbel online.

Tapi adik-adik jangan asal-asalan dalam memilih bimbel online, kan nanti rugi sendiri kalau sudah keluarin uang yang banyak namun hasilnya tidak maksimal. Ada beberapa bimbel online yang saat ini sudah cukup populer di indonesia dan banyak dipilih siswa untuk bimbel secara online misalnya saja "Ruang Guru dan Zenius"

Dalam tulisan kali ini kakak akan mereview tentang Bimbel Ruang Guru dan Zenius, silahka kalian baca dengan baik-baik agar bisa menentukan pilihan antara memilih bimbingan belajar Ruang Guru atau Zenius

Review Ruang Guru VS Zenius

1. Perbandingan Materi Pembelajaran Ruang Guru Vs Zenius Berdasarkan Kurikulum
Oke pertama-tama kita akan membahas materi-materi yang ada di Ruang Guru dan Zenius berdasarkan kurikulum yang digunakan, karena kurikulum adalah hal yang sangat penting gengs, Misalnya saja di sekolah adik-adik masih menggunakan kurikulum KTSP namun saat mendaftar bimbel yang anda hanya materi K-13 atau K-13 Revisi,adik-adik tidak mau kan jika daftar bimbel namun tidak sesuai dengan ekspektasi, kalian pasti tahu kan saat ini ada beberapa kurikukulm yang berlaku di indonesia misalnya saja Kurikulum KTSP, K-13 dan K-13 Revisi

A. Kurikulum Pembelajaran Ruang Guru (Ruang Belajar)
Kurikulum yang digunakan dalam materi-materi di ruang guru (Ruang Belajar):


Seperti yang ada pada gambar di atas materi pembelajaran di Ruang Guru berdasarkan:

1. Kurikulum-2013 Revisi
2. Kurikulum-13 dan 
3. Kurikulum KTSP, 

Jadi adik-adik bisa memilih saat berlangganan Ruang Guru dengan memilih kurikulum yang sesuai atau yang berlaku di sekolah kalian.

B. Kurikulum Pembelajaran Zenius
Untuk Zenius sendiri berikut kurikulum yang di gunakan berdasarkan tampilan yang ada pada situs resminya:


sama halnya dengan Ruang Guru, Zenius juga memiliki materi yang berdasarkan:

1. Kurikulum-2013 Revisi
2. Kurikulum-13 dan 
3. Kurikulum KTSP, 

Jadi adik-adik juga bisa memilih kurikulum yang sesuai dengan yang berlaku di sekolah kalian. Sehingga untuk masalah kurikulum baik Ruang Guru dan Zenius sama-sama menggunakan kurikulum yang lengkap dan terupdate. 

Kesimpulan: Jadi untuk masalah kurikulum antara Ruang Guru dan Zenius Imbang.

2. Perbandingan Ruang Guru Vs Zenius Berdasarkan Mata pelajaran
Selanjutnya gengs! kita akan ngebandingi Kelengkapan Mata pelajaran antara Ruang Guru, berikut materi pembelajaran yang ada di Ruang Guru dan Zenius

A. Mata pelajaran Ruang Guru SD SMP dan SMA

Mata pelajaran Ruang Guru SD

Mata pelajaran yang ada di Ruang Belajar Ruang Guru (Khusus Kelas I, II dan III)
terdiri dari:

1. Bahasa indonesia 
2. Matematika 
3. IPA terpadu

Untuk kelas IV, V dan VI terdiri dari:

1. Bahasa indonesia 
2. Matematika 
3. IPA terpadu, dan
4. IPS Terpadu
5. Bahasa Inggris

Mata pelajaran Ruang Guru (Ruang Belajar) SMP


Mata pelajaran yang ada di Ruang Belajar Ruang Guru (Khusus Kelas VII, VIII dan IX) K-13
terdiri dari:

1. Bahasa indonesia 
2. Matematika 
3. Fisika
4. Biologi
5. Bahasa Inggris
6. Sejarah
7. Geografi
8. Sosiologi
9. Ekonomi

Mata pelajaran Ruang Guru (Ruang Belajar) SMA


Mata pelajaran Ruang Guru untuk SMA di kelompokkan berdasarkan jurusan (Mis: IPA, IPS) sehingga memudahkan siswa untuk mengetahui materi atau mata pelajaran berdasarkan jurusan

B. Mata pelajaran Zenius SD SMP dan SMA

Mata pelajaran Zenius SD


Mata pelajaran yang ada di Zenius (Khusus Kelas I, II dan III)
hanya mata pelajaran:

1. Matematika

Untuk kelas IV, V dan VI terdiri dari:

1. Sains
2. Matematika 
3. Bahasa Inggris

Mata pelajaran Zenius SMP


Mata pelajaran yang ada di Zenius (Khusus Kelas VII, VIII dan IX)
terdiri dari:

1. Matematika
2. IPA
3. Bahasa Inggris
4. Bahasa Indonesia

Mata pelajaran Zenius SMA

Mata pelajaran Zenius untuk SMA tidak di kelompokkan berdasarkan jurusan (Mis: IPA, IPS) 

Kesimpulan: Berdasarkan head to head antara Mata pelajaran dan materi pelajaran serta kemudahan siswa untuk mengetahui mata pelajaran berdasarkan jurusan silahkan anda bisa nilai sendiri mana yang lebih baik Ruang Guru atau Zenius! kalau menurut penulis sendiri sih Ruang Guru lebih lengkap mata pelajarannya.

3. Perbandingan Isi Konten/Fitur Tiap Mata pelajaran Ruang Guru Vs Zenius
Jika sebelumnya kita telah mereview antara mata pelajaran yang tersedia di ruang guru dan mata pelajaran yang tersedia di Zenius, selanjutnya kita akan membahas Isi konten atau fitur-fitur apa saja yang di sediakan dalam tiap mata pelajaran pada tingkatan kelas tertentu.

Dalam kesempatan ini sebagai sampel atau contoh perbandingan kita akan membandingkan isi konten dari mata pelajaran matematika kelas VII K-13

A. Isi konten/fitur Mata Pelajaran Matematika Kelas VII K-13 Ruang Guru


B. Isi konten/fitur Mata Pelajaran Matematika Kelas VII K-13 Zenius


Berdasarkan Isi/konten yang disediakan pada mata pelajaran matematika kelas VII K-13 antara Ruang Guru dan Zenius.

Video pembelajaran
Ruang Guru: Video pembelajaran Ruang Guru adalah menampilkan tutor/guru disertai dengan papan tulis serta animasi-animasi menarik lainnya dalam menjelaskan materi pelajaran.

2. Zenius: Video pembelajaran Zenius adalah sebuah gambar dan audio (tidak ada tutor/guru)

Kuis Pembelajaran:
1. Ruang Guru: Terdapat Kuis pembelajaran yang bisa membuat siswa tertantang untuk menjawabnya

2. Zenius:  Tidak ada kuis

Rangkuman Materi
1. Ruang Guru: memiliki rangkuman materi yang bisa dipelajari

2. Zenius: tidak memiliki rangkuman materi

Tampilan konten
1. Ruang Guru: Tampilan cukup variatif berwarna warni, sehingga membuat kita tidak bosan untuk belajar

2. Zenius: Tampilannya standar

Kesimpulan: Untuk masalah konten/fitur silahakan adik-adik amati sendiri namun berdasarkan pengamatan, penulis menlai Ruang Guru lebih unggul ketimbang zenius

Fitur tambahan
1. Ruang Guru: Memiliki beberapa fitur tambahan misalnya Fitur Ruang Mengaji, Ruang Guru Inspire dll

2. Zenius: tidak ada fitur tambahan

4. Perbandingan Video Pembelajaran Ruang Guru Vs Zenius
Bagian yang tidak kalah menarik untuk kita coba bandingkan antara Ruang Guru dan Zenius adalah konten video pembelajarannya, berikut video pembelajaran  Ruang Guru Vs Zenius

A. Video Pembelajaran Ruang Guru
 Materi: Matematika IX SMP Merasionalkan Bentuk Akar


B. Video Pembelajaran Zenius
Materi: Teori Relativitas Fisika - Kesetaraan Massa dan Energi


Untuk video sendiri, Admin udah berusaha mencari materi yang sama dan tingkatan kelas yang sama untuk diperbadingkan antara cara mengajar tutor Ruang Guru dan Zenius tapi nggak dapat, jadi silahkan adik-adik nilai sendiri mana yang  lebih baik antara cara mengajar tutor dari Ruang Guru atau Zenius

5. Perbandingan Harga Paket Berlangganan Ruang Guru dan Zenius

A. Harga Paket Berlangganan Ruang Guru
Selanjutnya berapa sih harga paket berlangganan Ruang Guru?


1. Paket langganan Ruang Guru 6 bulan Rp. 520.000
2. Paket langganan Ruang Guru 1 tahun Rp. 930.000
3. Paket langganan Ruang Guru 1,5 Tahun Rp. 1.040.00
4. Paket langganan Ruang Guru 2 Tahun Rp. 1.450.000
5. Paket langganan Ruang Guru SMA+ SBMPTN Rp 775.000
6. Paket 1 Bulan Kelas 250.000

Namun gengs! Ruang Guru punya diskon 40% jika anda punya kode promosi saat mendaftar jadi nanti harga paket berlangganan akan dipotong sebesar 40% jika menggunakan kode promosi/Kode Diskon Ruang Guru.

Kode Diskon Ruang Guru: SYAMSURIDUMRAA

Atau
Melaui telepon/SMS di nomor berikut: 085215375248

1. Paket langganan Ruang Guru 6 Bulan Rp.520.000 diskon 40% Cukup bayar 312 ribuan.Total diskon 208 ribuan

2. Paket 1 Tahun Rp.930.000 diskon 40% Cukup bayar 558 ribuan. Total diskon 372 ribuan

3. Paket 2 Tahun Rp. 1.450.000 diskon 40% cukup bayar 870 ribuan

4. Paket Langganan 1,5 tahun 1.040.000 diskon 40% cukup bayar 624 ribuan. Total diskon 416 ribuan

5. Paket 1 Semester SMA + SBMPTN Rp.775.000 diskon 40% cukup bayar 465 ribuan. Total diskon 310 ribuan

B. Harga Paket Berlangganan Zenius
Selanjutnya berapa sih harga paket berlangganan Zenius?


1. Membership 1 bulan Rp 165.000 Setara Rp 165.000/bulan
2. Membership 3 bulan Rp 220.000 Setara Rp 73.333/bulan
3. Membership 6 bulan Rp 330.000 Setara Rp 55.000/bulan
4. Membership 9 bulan Rp 407.000 Setara Rp 45.222/bulan
5. Membership 12 bulan Rp 440.000 Setara Rp 36.666/bulan

Kesimpulan: Dari segi harga Zenius lebih murah ketimbang Ruang Guru, namun harga tidak bisa menjadi satu-satunya pertimbangan untuk menentukan bimbel yang cocok akan tetapi fitur dan kualitas jauh lebih penting

6. Perbandingan Ruang Guru VS Zenius Berdasarkan jumlah Pengguna
A. Ruang Guru: Berdasarkan informasi sampai saat ini jumlah siswa yang telah berlangganan Ruang Guru telah mencapai 11. juta. Ruang Guru saat ini merupakan bimbingan belajar online dengan jumlah siswa yang telah berlangganan terhitung sangat banyak.

B. Zenius: Belum ada info resmi berapa jumlah siswa yang telah berlangganan zenius.

Kesimpulan: Berdasarkan pendapat pribadi penulis, Ruang Guru agak lebih baik ketimbang Zenius. Menurut kalian gengs mana yang lebih baik? Silahkan berkomentar melalui kolom komentar di bawah ini.

Demikianlah Review tentang bimbel Ruang Guru dan Zenius, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

22 Responses to "Pilih Ruang Guru Atau Zenius? Berikut Reviewnya "

  1. Setelah aku baca, keduanya ada sisi postif dan negatifnya. Tapi kayaknya aku bakal milih Ruangguru deh hehe

    ReplyDelete
  2. Adek aku juga pake Ruangguru, dia bisa aku kontrol udah belajar apa belum, jadi biar gak asal aja beli, fasilitas yang kasi sama ruang guru oke banget, kalo aku liat juga terus makin sini makin canggih

    ReplyDelete
  3. Ruangguru fitur-fitur nya lengkap. Ketika sedang lelah belajar materi pelajaran, ada fitur lain yang sangat menarik untuk dibuka seperti RG Inspire, Beda itu keren, hidup sehat yuk, dan adalagi ruangngaji :D Paling suka dengan materi RG Inspire karena sangat memotivasi dan membuat semakin tau tentang diri sendiri :)

    ReplyDelete
  4. suka sama fitur Robo Guru ����

    ReplyDelete
  5. Kalau aku pilih Ruangguru karena Ruangguru Oke dan Keren.

    ReplyDelete
  6. ruangguru bagus banget, ga cuma konten belajarnya aja yang oke tapi tiap pengguna yang sudah berlangganan ato belum tetap di follow up terus. dengan berbagai macam kegiatan yang menyenangkan

    ReplyDelete
  7. Karna lebih familiar sama ruangguru saya pilih ruangguru hehe. Sangat bermanfaat buat siswa siswa yang suka belajar dengan video. Di sini per video hanya berisi satu materi jadi ngga perlu sepaneng mantengin beberapaa materi. Cukup belajar setengah jam plus ikutan kuisnya dijamin deh langsung masuk otak :p Kalo masih bingung tinggal ulangin deh haha. Buat videonya sendiri sangat interaktif karna dijelasin langsung sama master teacher dari ruangguru. Sayangnya, app nya cukup menyita memori karna gede tp tetep juaraaa! :D

    ReplyDelete
  8. aku pilih Ruangguruuuu soalnya gampang belajarnya bisa dimana ajaa

    ReplyDelete
  9. lebih suka ruangguru sih. soalnya kan sering megang smartphone tuh, terus merasa lebih enak dan nyaman aja jika ada bimbel yang meluncurkan aplikasi sebagai pendukungnya

    ReplyDelete
  10. Aku lebih suka pakai Ruangguru. Soalnya video belajarnya ngga bosenin. Aku kan suka cepet bosen kalau belajar. Tapi kalau belajar pakai video belajar dari Ruangguru, aku bisa betah lama belajar. Videonya ngga monoton, terus banyak animasinya. Aku jadi enjoy banget pas belajar dan mudah nangkep materi belajarnya :))

    ReplyDelete
  11. Ruang Guru sih paling enak di pakai dan nggak bikin bosen belajar..

    ReplyDelete
  12. Kalo aku ruangguru sih, dari segi tampilan aplikas lebih menarik dan lebih mudah dipahami

    ReplyDelete
  13. aku lebih suka ruangguru sih, dari penjelasan video-videonya lebih mudah dipahami dan animasi dari videonya enak untuk dilihat hehe

    ReplyDelete
  14. ruangguru deh videonya lebih menarik dan harganya jg lebih murah

    ReplyDelete
  15. Aku lebih suka Ruangguru, tampilannya oke,banyak gambarnya. Belajar pakai mission journey like a game. Kalau di Zenius, penjelasannya minim gambar, jadi kalau baca terus suka cpt bosen belajarnya.

    ReplyDelete
  16. Keduanya sama- sama bagus. Sama- sama menyajiikan konten pelajaran. Kalau kebutuhannya memahami pelajaran secara mudah dan ga bosen, Ruangguru bisa menjadi solusinya. Secara konten mendalam, dikonteksin sama kehidupan sehari-hari lewat animasi dan visual yang friendly untuk pelajar SD/SMP/SMA. Jadi, bisa mengaplikasikannya di kehidupan sehari hari. Ruangguru menurut aku adalah sebuah terobosan baru dalam dunia Pendidikan dan Teknologi.

    ReplyDelete
  17. Ruangguru paling nyaman buat belajar online.

    ReplyDelete
  18. prefer Ruangguru sih kalo aku, paling nyaman buat bimbel online

    ReplyDelete
  19. ruangguru enggak bikin bosen belajar

    ReplyDelete
  20. ruangguru lebih enak sih, bisa dimana aja dan kapan aja belajarnya. sekarang main smartphone nya lebih bermanfaat hehe

    ReplyDelete
  21. Makasih reviewnya ya, kalo adik saya sudah langganan Ruangguru dari tahun ajaran kemarin dan tahun ajaran baru ini dia milih untuk langganan lagi. Menurut adik saya, materi di Ruangguru itu sangat membantunya dalam memahami materi karena terbantu dengan adanya video belajar seperti sedang belajar privat dengan tutor dan ada animasinya juga. Semoga semua bimbel makin keren dan bisa membantu para siswa di Indonesia dalam proses belajarnya. Amin.

    ReplyDelete
  22. iya sih,semua bimbel online pasti punga kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tapi kalau aku pribadi sih lebih condong ke Ruangguru ya, soalnya di Ruangguru itu nyaman banget buat belajar

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel