Manfaat Ruang Kelas Ruang Guru untuk Guru (Review Kelebihan dan Cara Menggunakan)

Manfaat Ruang Kelas Ruang Guru untuk Guru (Review Kelebihan dan Cara Menggunakan)_  Siapa bilang kalau Ruang Guru hanya diperuntukan untuk siswa! Tahu nggak ternyata Ruang Guru juga memiliki fitur yang sengaja dihadirkan untuk Guru loh. Jadi memang kehadiran Ruang Guru adalah untuk membantu pendidikan di indonesia melalui teknologi digital, sehingga semua bisa menikmati pendidikan tanpa terkecuali.

Fitur Ruang Kelas Ruang Guru memang sebelumnya sudah ada di aplikasi Ruang Guru namun Fitur Ruang Kelas sudah mengalami pembaharuan sehingga ada banyak sekali tambahan fitur-fitur menarik yang bisa membantu guru dalam mengajar dan mengelola kelas secara online.

Penasaran fitur apa saja yang telah ditambahkan dalam Ruang Kelas? Ada banyak fitur yang baru dan pastinya sangat Worth It bagi guru dan siswa,dalam kesempatan kali ini kita akan mereview kelebihan dan cara menggunakan Ruang Kelas untuk Guru, maka dari itu silakan kalian baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui dan cara menggunakannya.

Manfaat Ruang Kelas Ruang Guru untuk Guru (Review Kelebihan dan Cara Menggunakan)

1. Live Teaching


Salah satu fitur unggulan dari Ruang Kelas Ruang Guru adalah guru bisa melaksanakan pembelajaran daring/online secara Live, jika selama ini kita lebih kenal dengan aplikasi ZOOM untuk pembelajaran Live Teaching maka di Ruang Kelas juga terdapat fitur live teaching.

Bahkan fitur-fitur dalam Live Teaching Ruang Kelas sangat banyak, interkasi guru dengan siswa melalui camera dan audio setelah guru melakukan komfirmasi di fitur Raise Hand, Membagikan layar untuk menjelaskan materi, melihat semua kamera siswa (namun untuk berinteraksi harus melalui fitur raise hand), tersedia white board untuk menunjang proses pembelajaran. Dalam white board tersebut guru bisa mengunggah gambar, mengedit teks, menulis teks, presentasi file PDF dll.

2. Guru dapat Membagikan Materi atau Memberikan Materi kepada Siswa

Selain bisa melaksanakan pembelajaran secara Live Streaming, guru juga bisa memberikan materi kepada siswa, jadi materi yang bisa dibagikan juga bermacam-macam, mulai dari materi dalam bentuk file PDF, File Doc, Video, Gambar, Powerpoint dan materi yang dibagikan dalam bentuk tautan.

Dan yang lebih kerennya adalah guru bisa membagikan materi dari Ruang Belajar untuk di share ke Ruang Kelas Ruang Guru, namun untuk bisa menshare materi dari Ruang Belajar kayanya guru terlebih dahulu harus langganan Ruang Belajar Ruang Guru. Dan jangan khawatir, apabila kalian mau berlangganan Ruang Belajar Ruang Guru, kalian bisa menggunakan Kode Diskon Ruang Guru: SYAMSURIDUMRAA. Dengan menggunakan Kode Diskon Ruang Guru tersebut kalian bisa mendapatkan diskon sampai 65%

3. Guru dapat Memberikan Tugas.


Jika berbicara tentang pembelajaran daring/online maka pastinya tidak akan jauh jauh dari kata "tugas", tidak bisa dipungkiri bahwasanya dalam pembelajaran online banyak guru yang senantiasa memberikan tugas kepada siswanya, bahkan tak jarang guru memberikan tugas sebagai ganti jam petemuan dengan siswa.

Yang jadi pertanyaan adalah apakah melalui Ruang Kelas guru bisa memberikan tugas kepada siswanya? jawabannya pasti bisa, dan yang lebih menariknya adalah soal yang ingin diberikan kepada siswa yang berkaitan dengan topik pembelajaran yang telah diajarkan bisa diambil melalui Ruang Belajar.

Seperti yang kita ketahui Ruang Guru memiliki fitur bank Soal dimana terdapat soal untuk siswa mulai dari tingkat SD-SMA, jadi guru tinggal memilih tugas atau soal yang cocok dengan materi yang telah diajarkan.

Selain itu Guru juga bisa membuat soal sendiri loh di Ruang Kelas, jadi di Ruang Kelas disediakan fitur untuk membuat soal sendiri, jadi guru tinggal menulis/mengetik soal dan memberikan tugas/soal tersebut kepada siswanya.

4. Guru dapat Menganalisis Perkembangan Belajar Siswa


Pastinya tujuan utama kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pembelajaran, dimana tujuan pembelajaran adalah siswa paham dengan materi pelajaran yang diajarkan, nagh melalui Ruang Kelas Ruang anda bisa menganalisis nilai siswa dan melihatnya dalam bentu statistik.

Jadi indkator hasil belajar yang bisa dianalisis melalui Ruang Kelas Ruang Guru, mulai dari kemampuan Intelektual siswa (kognitif),  Sikap (Afektif) dan Psikomotr (keterampilan), jadi sanga lengkap bukan, jadi tolok ukur keberhasilan atau penilaian bukan hanya dari segi intelektual tapi mencakup sikap dan keterampilan, dan ranah tersebut bisa dianalisis di Ruang Kelas Ruang Guru.

5. Guru dapat Berdiskusi dengan Siswa




Tidak lengkap rasanya belajar online melalui aplikasi kalau tidak bisa bediskusi dengan siswa ataupun dengan guru melalui chat! memangnya di Ruang Kelas Ruang Guru siswa bisa berdiskusi dengan guru yang sedang mengajar? 

Yup, di Ruang Kelas Ruang Guru ada fitur chat, dimana siswa dan guru bisa saling berkomunikasi untuk membahas topik tentang materi pelajaran taupun ingin membahas topik lain yang memiliki kaitan dengan pelajaran yang sedang di pelajari.

6. Ruang Kelas Gratis!


Menurut anda apakah Ruang Kelas Ruang Guru Berbayar atau Gratis? Mungkin sebagian dari kalian mengira bahwa Ruang Kelas Ruang Guru berbayar jika kita melihat dari fitur-fitur yang disediakan namun kenyataanya bahwasanya Ruang Kelas Ruang Guru GRATIS!!! Luar biasa bukan.

7. Perbandingan Ruang Kelas Ruang Guru dengan Pembelajaran Daring yang Lain


Rasanya tidak lengkap suatu review jika tidak membandingkan antara suatu produk dengan produk lain, nagh melalui gambar di atas kita bisa melihat perbedaan antara Ruang Kelas Ruang Guru dengan LMS (Learning Management Sistem) Pembelajaran lain yang sejenis.

8. Manfaat Lain Ruang Kelas Bagi Guru


  • Mempermudah interkasi guru dan siswa dalam pembelajaran jarak jauh
  • Mempermudah guru dalam pemberian materi pelajaran, pemberian tugas, PR dan ulangan
  • Mempermudah proses penilain siswa
  • Memantau perkembangan belajar siswa secara individual dan kolektif
Cara Menggunakan Ruang Kelas Bagi Guru

Btw bagaimana nih cara menggunakan Ruang Kelas untuk guru? Penasaran caranya? oke tenang aja kok saya akan buat tutorial cara menggunakan Ruang Kelas untuk guru, berikut cara mengakses dan menggunakan Ruang kelas bagi guru:


1. Buka Browser dan kunjungi link: kelas.ruanggguru.com/register
Pertama-tama untuk membuat akun Ruang Kelas bagi guru terlebih dahulu silahkan kalian kunnjungi link berikut ini: https://belajar.ruangguru.com/ruangkelas


 
2. Buat Akun Ruang Kelas
Setelah selanjutnya silahkan kalian buat akun di Ruang Kelas, caranya mudah kok, kalian tinggal Daftar dan masukan semua biodata yang diperlukan.


3. Buat Profil
setelah kalian membuat akun Ruang Kelas Ruang Guru, selanjutnya silahkan kalian membuat profil kalian, isi sesuai dengan biodata kalian yah!


4. Buat Kelas
Nah tahap selanjutnya, adalah membuat kelas, silahkan kalian buat kelas yang kalian inginkan, dan sepertinnya di Ruang Kelas kalian bisa membuat beberapa kelas, sesuai dengan jumlah kelas yang kalian ajar.


5. Isi Detail Kelas
Detail kelas yang mesti kalian isi mulai dari Kelas, Mata Pelajaran, Kurikulum, Nama Kelas, setelah detail kelas kalian isi, selanjutnya kalian klik tulisan "Buat"


6. Bagikan Kode Kelas
Selanjutnya setelah kalian berhasil membuat kelas, selanjutnya silahkan kalian bagikan kode kelas tersebut kepada siswa kalian agar siswa kalia bisa bergabung di kelas tersebut.



0 Response to "Manfaat Ruang Kelas Ruang Guru untuk Guru (Review Kelebihan dan Cara Menggunakan)"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close