Monday, 23 July 2018

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Bantuan PKH Terbaru

Tags
Cara Mendaftar dan Mendapatkan Bantuan PKH Terbaru_ Dalam kesempatan kali ini, admin (penulis) akan berbagi cerita seputar program keluarga harapan atau biasa disingkat PKH, bagi anda yang ingin menerima bantuan PKH apa saja syarat dan kriteria yang bisa menerima bantuan PKH, berikut ulasannya.

Cara Mendaftar dan Mendapatkan Bantuan PKH Terbaru

A. Apa itu PKH (Program Keluarga Harapan)
Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH. Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkanberbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Melalui PKH, KPM didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan. PKH diarahkan untuk menjadi tulang punggung penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional.

Program prioritas nasional ini oleh Bank Dunia dinilai sebagai program dengan biaya paling efektif untuk mengurangi kemiskinan dan menurunkan kesenjangan antar kelompok miskin, juga merupakan program yang memiliki tingkat efektivitas paling tinggi terhadap penurunan koefisien gini. Berbagai penelitian lain menunjukkan bahwa PKH mampu mengangkat penerima manfaat keluar dari kemiskinan, meningkatkan konsumsi keluarga, bahkan pada skala yang lebih luas mampu mendorong para pemangku kepentingan di Pusat dan Daerah untuk melakukan perbaikan infrastruktur kesehatan dan pendidikan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Terbaru

Penguatan PKH dilakukan dengan melakukan penyempurnaan proses bisnis, perluasan target, dan penguatan program komplementer. Harus dipastikan bahwa keluarga penerima manfaat (KPM) PKH mendapatkan subsidi BPNT, jaminan sosial KIS, KIP, bantuan Rutilahu, pemberdayaan melalui KUBE termasuk berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial lainnya, agar keluarga miskin segera keluar dari kungkungan kemiskinan dan lebih sejahtera.

B. Tujuan PKH (Program Keluarga Harapan)
Misi besar PKH dalam menurunkan kemiskinan terlihat nyata semakin mengemuka mengingat jumlah penduduk miskin Indonesia pada tahun 2017 terjadi penurunan kemiskinan dari 10,64% pada bulan meret 2017 menjadi 10,12% pada bulan September 2017 dari total penduduk atau 27.771.220 jiwa penduduk pada bulan Maret menjadi 26.582.990 jiwa penduduk pada bulan September dengan total penuruan penduduk miskin sebanyak 1.188.230 atau penurunan jumlah penduduk miskin sebesar 0.58% (BPS,2017).

C. Sasaran PKH (Program Keluarga Harapan)
Sasaran PKH merupakan keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang memiliki komponen kesehatan dengan kriteria ibu hamil/menyusui, anak berusia nol samapai dengan enam tahun. Komponen pendidikan dengan kriteria anak SD/MI atau sederajat, anak SMA/MTs atau sederjat, anak SMA /MA atau sederajat, dan anak usia enam sampai 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.

Sejak tahun 2016 terdapat penambahan komponen kesejahteran sosial dengan kriteria lanjut usia diutamakan mulai dari 60 (enam puluh) tahun, dan penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat.

D. Cara Mendapatkan Bantuan PKH
Bagi anda yang ingin menerima bantuan PKH atau ingin mendapatkan bantuan PKH maka ada beberapa kriteria yang mesti anda ketahui

1. Masuk dalam kategori keluarga kurang mampu
Program keluarga harapan diperuntukan untuk keluarga yang kurang mampu, jadi jika anda termasuk keluarga kurang mampu maka anda bisa menerima bantuan PKH. PKH merupakan keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang memiliki komponen kesehatan dengan kriteria ibu hamil/menyusui, anak berusia nol samapai dengan enam tahun.

2. Komponen pendidikan
Next, untuk mendapatkan bantuan PKH ada beberapa komponen yang menjadi acuan. Komponen tersebut adalah komponen pendidikan dengan kriteria anak SD/MI atau sederajat, anak SMA/MTs atau sederjat, anak SMA /MA atau sederajat, dan anak usia enam sampai 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.

E. Keluarga Penerima Manfaat PKH (Program Keluarga Harapan)
KPM PKH harus terdaftar dan hadir pada fasilitas kesehatan dan pendidikan terdekat. Kewajiban KPM PKH di bidang kesehatan meliputi pemeriksaan kandungan bagi ibu hamil, pemberian asupan gizi dan imunisasi serta timbang badan anak balita dan anak prasekolah. Sedangkan kewajiban di bidang pendidikan adalah mendaftarkan dan memastikan kehadiran anggota keluarga PKH ke satuan pendidikan sesuai jenjang sekolah dasar dan menengah.

KPM yang memiliki komponen kesejahteraan social berkewajiban memberikan makanan bergizi dengan memanfaatkan pangan lokal, dan perawatan kesehatan minimal satu kali dalam satu tahun terhadap anggota keluarga lanjut usia mulai dari 70 (tujuh puluh) tahun, dan meminta tenaga kesehatan yang ada untuk memeriksa kesehatan, merawat kebersihan, mengupayakan makanan dengan makanan lokal bagi penyandang disabilitas berat.

F. Penyaluran Bantuan PKH (Program Keluarga Harapan)
Penyaluran bantuan sosial PKH diberikan kepada KPM yang ditetapkan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga. Penyaluran bantuan diberikan empat tahap dalam satu tahun, bantuan PKH diberikan dengan ketentuan sebagai berikut:

Nilai bantuan merujuk Surat Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Nomor 26/LJS/12/2016 tanggal 27 Desember 2016 tentang Indeks dan Komponen Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan Tahun 2017. Komponen bantuan dan indeks bantuan PKH pada tahun 2017, sebagai berikut:
a. Bantuan Sosial PKH Rp. 1.890.000
b. Bantuan Lanjut Usia Rp. 2.000.000
c. Bantuan Penyandang Disabilitas Rp. 2.000.000
d. Bantuan Wilayah Papua dan Papua Barat Rp. 2.000.000

G. Pencapaian PKH (Program Keluarga Harapan)
PKH bisa hasilkan dampak langsung dan signifikan pada kemiskinan
Di Q1 2016, angka kemiskinan turun 0,4 persen. Diperkirakan bahwa sepertiga dari penurunan ini adalah karena ekspansi PKH pada akhir 2015.
- Dengan perluasan dari 3,5 ke 6 juta keluarga pada akhir 2016, PKH diprediksi mengurangi kemiskinan sebesar 0,8 poin persentase pada tahun 2017, (dengan hal-hal lainnya tetap sama).
- Ini diestimasi bisa menurunkan angka kemiskinan saat ini 10,7% (September 2016) menjadi 9,9%.
Dampak ini akan sejalan dengan program CCT skala besar lain di seluruh dunia.
- Meksiko, Oportunidades / Prospera mengurangi nasional sebesar 1,8 persen.
- Filipina, 4P mengurangi kemiskinan sebesar 1,4 persen.

H. Hubungi PKH (Program Keluarga Harapan)
Support
Phone: +6221 3103591
Fax: +6221 3147474
E-mail: info@pkh.depsos.go.id
Kantor UPPKH Pusat
Gedung D Kementerian Sosial RI
Jl. Salemba Raya No.28, Jakarta Pusat.

Similar search: cara mengajukan bantuan pkh, cara mengajukan pkh, cara mendaftar program keluarga harapan 2018, cara mendaftar program keluarga harapan 2017, gimana cara mengurus kartu pkh, cara daftar peserta pkh online, cara mendaftar pkh, cara mengajukan pkh 2018.

Sumber: https://indonesia.go.id

37 komentar

Kami tergolong org yg berhak utk mendapat bantuan PKH tp kami nggak bs mendapatkan hak kami. Sementara org lain yg kondisi ekonominya lbh baik dr kami bs mendptkan bantuan PKH. tlg para petugas turun langsung ke lapangan biar lbh jls tahu mn org yg lbh berhak menerima & mn org yg sama sekali tdk berhak menerima...terima kasih...

bantuan pemerintah yang meliputi bsm.kip.pkh.bansos sering tidak tepat sasaran karenacmenurut yang saya ketahui belum lama ini petugas yang mendata kurang twliti dan sering menyepelekannya....intinya tidak tepat sasaran sama sekali.karna update data warga harus yang sesuai dengan keadaan dan keadaan ekonomi pertahun tidaklah sama dengan tahun2 sebelumya.mohon untuk cek lokasi langsung dari pemerintah....terimalasih.

Bpk/ibu saya Mau Tanya gmna Cara dapat bantuan pkh buat bapak saya

Bantuan PKH gak ada yang tepat sasaran,saya berharap dari pihak yang diatasnya terjun langsung biar benar" tepat pada sasaran,jangan kmi yg dibawah rata2 hanya melihat orang2 yg mampu mendapat bantuan mohon peninjauan ulang

pak di desa saya orang yang mampu malah dapet bantuan pkh sedangkan yg tdk mampu malah ga dapet.tolong pak tinjau ulang.tetangga saya listrik ja nyalur ke tetangga ga dapet lah yg kaya malah dapet mending kalo daoet buat keperluan anak sekolah ini mah buat hura2 pak

Orang yang mampu malah dapet yang miskin ngk dapet mohon di tinjau ulang.

Sya keluarga tidakampu di keluarga sya ada 3anak yatim piatu dansuami saya di amputasi karena kecelakaan dan sekarang kerja jdi kuli pasir kenapa orang mampu malah dapat sdang kami orang yg kurang malah tambah keredata pkh itu dari mana kok orang kaya malah dapt bantuan macam" sdangkan saya jngankan pkh dan tetek bengeknya saya juga warga indonesia surat" laengkap walau sya warga miskin dimana hati nurani bapk saya juga ngurusi kedua mertua mereka hanya seorang buruh tani tolong pak tunjukkan keadilan buat kami

Dari semua ulasan,sama dengan yg saya rasakan dan sama dengan sudut pandang saya,,,sy tinggal di wilayah Cipete Utara,Jak sel,,segala program pemerintah tidak tepat sasaran..pendatang yg TDK memiliki surat pindah dan ber KTP luar Jakarta dapat dana balita dan KJP,,sedangkan yg ber KTP Jakarta dan memang kurang mampu tidak dapat,,,

Kepada admin mohon bantuan nya...kenapa kok saya dari dulu belum pernah mendapat kan bantuan apapun...saya anak 4 penghasilan cuma buruh harian lepas...saya telah menanyakan ke desa tempat saya tinggal katanya pkh itu diluar desa...harus kemana lagi

Untuk dapat bantuan pkh baru gmn yah.. Soal nya anak saya 3 saya lg posisi mengangur

Selamat pagi bapak ibu pkh saya dipa penyandang distabilitas lumpuh saya ngontrak di cipondoh tangerang saya tidak dapat bantuan pkh padahal saya sangat membuhtuhkan tolong bantu saya ini no hp saya 081584360908

gimana caranya mendapatkan bantuan pkh,masalhnya di tempat saya banyak yang gak tepat sasaran,masa orang mampu dapat bantuan

Di sini yang saya tau kebnyakan orang yg mendapatkan bantuan pkh yaitu orang2 yg cukup mampu, bahkan yg mempunyai rumah besar2 cantik2 . . Tolong di survei lagi

Saya janda anak 2 balita tolong admin saya belumdapt pkh rumah aza masih numpang di saudara mohon bantuannya trimksh

Gmana supaya dpt bantuan dr pkh karena saya dah twrmasuk yg berhak mendapatkanya tidak pengjasilan dan juga tidak punya tmpt timggl masih nu,pang dgn anak 2 masih balita tlng hubungi saya 085719363038

Ini saya dari pamekasan kecmatan proppo desa campor yang mana rakyatnya mayoritas bahkan dekat sama universal bahwa kami mewakili warga desa campor
Ingin mengeluh kpd kepengurusan PKH
Bahwah kami tidak menerima 1000 rupiah pun bapak ibu
Kalo memang turun bantuan PKH itu kemana turunnya kok gak sampek2
Terima kasih . Mungkin bantuan pkh ini adalah program jalannya kroupsi indonesia harapan

Saya penyandang Disabilitas yg tergolong kurang mampu. Saya selalu minta bantuan dari aparatur desa agar menjadi peserta PKH. Tp tak pernah sekalipun q mendapatkan bantuan apapun.jika q mengadu ke pejabat desa... katanya bantuan itu lgsg dr pusat. Nb kenapa yg kaya2 mlh mendapatkan bantuan. Padahal kami lebih berhak. Dari SRIYANTO Desa KIRIG 3/3 kec MEJOBO kab KUDUS JATENG. penyandang disabilitas kurang mampu

Jangankan pkh....raskin aja gak dapat...karna merantau...gmana caranya dapat pkh??

Mengapa yang mendapatkan bantuan pkh tergolong orabmng yang cukup mampu ,disini banyak yang tidak tepat sasaran ,contohy saya ,saya mempunyai anak sekolah dua masih menumpang ma mertua suami kenek bangunan tp mengapa saya tidak dikatagorikan memiliki kriteria yang bsa dibantu pkh

Gmana cara mendapatkan pkh ,

Ibu sy janda dri dlu d janjiin mna gk dpt2 ktanya mau dpt 2jt mana...bhong msa mlah yg pnya laki dn rmh kaya yg dpt gimna sih ni

Saya mau mendaftarkan saudara saya gimana caranya daftar kasian

kenapa yg miskin gak ada dapat PKH.kebnyaan yg kaya yg dapat PKH.tinjojt kan la ge.bnyak orang2 yg lebih membutuhan PKH.di desa nagur kec tanjung beringin.tololong la di benar kan

kenapa yg miskin gak ada dapat PKH.kebnyaan yg kaya yg dapat PKH.tinjojt kan la ge.bnyak orang2 yg lebih membutuhan PKH.di desa nagur kec tanjung beringin.tololong la di benar kan

Saya heran dengan PKH selama ini apa tidak ada petugasnya,karena sangat salah sasaran..jika lapor petugas bilang kalo data itu tidak bisa si rubah..apa sifatnya permanen

Padahal saya sangat mngharapkn bantuan pemerintah sekecil apapun itu, dlm kondisi yg sngt susah menanggung keluarga dgn 3 anak yg masih kecil ditambah istri saat ini sdang mngandung anak yg ke 4 belum prnh ada bantuan pmerintah dari program apapun pdhl saya hanya seorang buruh serabutan yg tidak mnntu hasilnya kadang dpt buat makan kadang nihil boro2 bisa ngjamin pola makan brgizi buat anak2 boro2 bisa ngjamin ksehatan keluarga. Beda dgn keluarga lain disekitar saya yg punya usaha mapan tapi sngt dimanjakan pmerintah dari mulai beras uang sembako biaya anak sllu ia dptkn. Saya bukan iri tapi heran dgn pmerintah yg salah mmberikn bantuan bukan pada haknya, knapa bukan petugas langsung yg turun kelapangan mendata siapa yg layak dibantu dan bukan hanya meresfon data dari aparat kampung yg cuma mendata orang2 trdekatnya saja,, ini sangat tidak adil

Tolong buat tim khusus agar tidak salah sasaran, karena saya yakin pemerintah ingin menuntaskan kemiskinan, saya pedagang jamu keliling penghasilan saya 20 sampai 40 ribu perhari anak saya 4, anak yang pertama kelas 2SD, yang 3 lainnya masih balita, tapi sampai saat ini saya belum mendapatkan bantuan apapun, dengan kondisi saya yang demikian apakah saya belum berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah,majulah indonesia, tutaskan kemiskinan agar bangsa ini semakin kuat

Sekrang pkh bnyak yang dapat giliran yg berhak malah gak dpaet

Kami selaku masyarakat tidak mampu,cemburu melihat ada masyarakat yg tidak layak dapat justru mendaptkan PKH,ini terjadi di desa kami..desa tanjung lalang kec payaraman kab OGAN ILIR SUMATRA SELATAN.jadi melalui alamat ini kami mohon di tindak lanjuti..bila perlu teejun kan tim dari pusat untuk meninjau ke adaan ini..sekali lagi kami mohon pak...

Gma crx sih biar bisa jdi anggta...

Saudara saya kurang mampu sekali gk dapat pkh. Lha tetangganya yg pekerja tetap gaji umr anak sudah nikah semua malah dapat. Puyeng pwtugasnya asal asalan. Mohoooon tiap bulan di revisi langsung kerumahnya. Desa kefung dalem jecamatan dringu kabupaten probolinggo jawatimur

Pkh banyak yg tidak akurat dtmpatsaya

Saya suami nganggur dan ada lansia di keluarga saya kenapa saya gak dapat pkh, padahal tetangga saya yg mampu dan katakanlah punya sepeda motor yg bagus malah dapat? Tolong dicek lagi gmana solusi dr masalah tersebut

Bagaimana caranya menambahkan data penerima bantuan seperti PKH untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan? Terimakasih

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon