10 Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi

10 Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi_ Sikap tegas merupakan sikap dimana seseorang telah berani dan mempercayai diri sendiri untuk menentukan dan mengungkapkan mana yang benar dan mana yang salah, tentang apa yang akan ditetapkan, mampu mempertahankan pendirian, konsisten, berpendapat, bijaksana dan mampu menjadi pemimpin baik untuk diri sendiri maupun bagi orang lain.

anakhebatindonesia.com
Sikap tegas juga merupakan dimana seseorang mampu bertindak dan tidak samar-samar, jelas akan apa yang akan dilakukannya, mampu membedakan mana yang di inginkan dan mana yang akan ditolaknya.

Ketika seseorang telah mampu bersikap tegas maka ia akan lebih baik dalam memecahkan suatu permasalahan, mampu berkomunikasi dengan efektif, memberikan masukan yang kepada orang lain, memiliki kepercayaan diri, tidak takut akan kegagalan, selalu optimis, sabar, bersikap jujur, tidak mudah terpengaruh dengan omongan orang lain, berpendirian tetap, tidak plin plan, tidak egois, dapat dipercaya, mudah bergaul, ramah meskipun tegas, memikirkan banyak orang, dan pastinya mampu menjadi pemimpin yang baik.

Namun saat ini masih banyak orang yang belum bisa memilah dengan baik mana tegas lemah lembut dan mana tegas kejam. Semua tergantung dari kebiasaan dan cara pengembangan diri dari masing-masing individu. Lalu apa saja contoh sikap tegas dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa caranya.

10 Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi

1. Percaya Diri
Dalam menentukan pilihan anda harus percaya diri dan tidak perlu merasa takut jika akan salah dalam menentukan pilihan, anda harus yakin bahwa apa yang anda lakukan adalah benar namun harus sesuai dengan fakta agar bisa dengan mudah meyakinkan orang lain. Selain bersikap tegas dalam segala sutiuasi, anda juga harus percaya diri.

Ketika anda telah memiliki kepercayaan diri maka anda tidak akan ragu dengan apa yang anda lakukan, urusan berhasil dan tidaknya itu soal belakangan yang penting anda sudah berani dalam berbuat, orang lain hanya bisa menilai namun yang menjalankan adalah diri sendiri.

2. Memikirkan dengan Matang 
Dalam setiap permasalah anda harus mampu untuk membiasakan sikap tegas dalam mengambil keputusan, sebab itu merupakan hal yang harus anda lakukan sebelum mengambil keputusan. Dengan memikirkan segala sesuatu dengan matang dan terarah sehingga anda bisa menyelesaikan masalah dengan baik. Selain itu ketika anda memikirkan solusi dengan matang maka ketika waktunya tiba anda tidak akan mersa takut bahkan ragu dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

3. Jangan Bimbang
Jika ada yang Tersinggung Banyak orang yang meskipun benar namun ketika ada dari pihak lain merasa tersinggung akan menjadi bimbang dengan apa yang sudah dilakukannya sebelumnya. Jika anda memang melakukan hal yang benar tidak perlu bimbang, dan bijaklah dalam menanggapi setiap permasalahan agar tidak menimbulkan rasa bimbang dalam diri. Selanjutnya anda bisa memberikan penjelasan yang lebih jelas agar kemudia tidak ada pihak lain yang tersinggung.

4. Jangan Merasa Bersalah
Jika anda beranggapan bahwa apa yang dilakukan orang lain salah dan sudah di dukung oleh bukti-bukti yang kuat maka jangan pernah ragu untuk melakukan penolakan pada orang lain. Tindakan ini bukan berarti anda sombong, tetapi dengan melakukan hal seperti ini sudah merupakan cara bersikap tegas dan bijak dan jangan pernah anda merasa bersalah jika orang lain merasa kecewa karena anda juga berhak dalam menentukan dan mengambil subuah keputusan.

5. Jangan Mudah Terpengaruh
Meskipun anda sudah terbiasa melatih sikap tegas dalam diri, namun ketika anda masih mudah terpengaruh dengan orang lain maka kebijakan anda akan gugur dan menjadi sia-sia. Jika anda ingin menjadi orang bijak maka harus memiliki pendirian yang tetap dan tidak plin plan.

Setelah menentukan apa yang akan diputuskan anda harus bisa konsisten dan tidak mudah terpengaruh dengan omongan orang lain dan jika sudah merasa benar dengan keputusan maka anda juga berhak untuk melakukan penolakan atas pendapat orang lain, namun dalam penolakan harus bijak dan tentunya beretika agar pemberi pendapat tidak merasa kecewa dan sakit hati.

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan dalam penolakan yaitu, memberikan pujian terlebih dahulu atas keberanian dalam mengusulkan pendapat, meminta maaf atas penolakan, dan jelaskan apa yang menjadi tujuan anda dalam menolak pendapat dari orang tersebut.

6. Tepat, Benar dan Tidak Kasar
Untuk menjadi seseorang yang tegas anda tidak harus memaksakan diri agar terlihat menjadi galak dan kejam, hal ini hanya akan membuat orang lain merasa tidak nyaman dengan anda. Bersikap tegas namun tetap lembut adalah hal yang utama terlebih dalam mengambil suatu keputusan dalam menghadapi orang lain, yang dimana harus bersikap lembut kepada orang lain, agar tidak ada yang merasa tersinggung ketika anda menyampaikan nasehat maupun pendapat.

7. Pahami Perasaan dan Kebutuhan Diri
Tidak perlu meminta orang lain untuk memenuhi kebutuhan anda, memahami diri sendiri itu sudah lebih dari cukup. Ketika anda sedang menghadapi berbagai masalah dalam kondisi apapun hanya diri sendirilah yang paham apa yang sedang dibutuhkan agar anda mampu bersikap tegas dalam segala situasi apapun itu.

Saat anda sudah memahami apa yang diinginkan maka dengan mudah untuk mengidentifikasi apa yang akan dibutuhkn atau dilakukan seperti yang diharapkan kedepannya. Sampaikan dengan jelas tentang pendapat anda dengan tepat dan benar agar orang lain mudah paham serta bisa menerima kebijakan anda dengan baik.

8. Bersabar
Ketika anda tidak bisa mengendalikan emosi maka pikiran akan menjadi kacau dan tidak terarah sehingga mudah membuat stres. Keadaan stres inilah yang membuat anda sulit berkonsentrasi dan sulit untuk menanggapi situasi tersebut dan membuat anda cenderung lebih agresif bahkan pasif. Salah satu cara yang harus anda lakukan adalah dengan bersabar cara ini merupakan salah satu contoh sikap tegas dalam kehidupan sehari-hari.

9. Berterus Terang
Tidak semua apa yang anda ingin dan sampaikan bisa dipahami dengan mudah oleh orang lain, pada saat-saat seperti inilah berterus terang adalah keputusan yang tepat. Menghadapi masalah dengan orang lain dan tanpa keputusan bijak adalah jalan menuju kehancuran.

Jika ingin orang lain memahami anda sampaikan apa yang menjadi keinginan anda, hal ini secara tidak langsung sudah melatih sikap tegas anda dalam menentukan keputusan.

10. Terbiasa Menjadi Pemimpin
Ketika mendengar kata “pemimpin” mungkin sebagian orang akan berpikir dan mengarah ke pemerintah. Namun perlu diketahui bahwa semua orang adalah pemimpin, tidak mesti mempimpin orang lain namun yang paling utama adalah memimpin diri sendiri yang dimana agar melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat, serta memimpin diri untuk tidak melakukan hal-hal buruk.

Pandai dalam memimpin diri merupakan bagian dari kebijakan. Hal ini harus disadari bahwa segala sesuatu diri sendirilah yang berhak dan tahu tentang apa yang akan dilakukan, tidak perlu mendengarkan perkataan orang lain karena mereka hanya mampu menilai.

Demikianlah artikel tentang 10 Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi, semoga artikel ini bisa memberi manfaat banyak bagi anda semua

0 Response to "10 Cara Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel