Cara Mudah Membuat Akun Orcid Id

Cara Membuat Akun Orcid Id_ Salam sejahtera untuk kita semua, semoga saja kita semua senantiasa diberikan kesehatan, termasuk anda yang sedang membaca artikel ini. Dalam postingan kali ini, penulis akan berbagi tutorial cara membuat akun orcid id. Namun sebelum kita membahas bagaimana cara membuat akun orcid, alangkah baiknya kita mengenal apa orcid itu dan kegunaanya.

A. Apa itu Orcid?
Visi ORCID adalah dunia di mana semua yang berpartisipasi dalam penelitian, beasiswa, dan inovasi diidentifikasi secara unik dan terhubung dengan kontribusinya di seluruh disiplin ilmu, perbatasan, dan waktu.

Misi kita
ORCID adalah bagian dari infrastruktur digital yang lebih luas yang diperlukan bagi para peneliti untuk berbagi informasi dalam skala global. Kami memungkinkan koneksi yang transparan dan dapat dipercaya antara peneliti, kontribusi mereka, dan afiliasi dengan menyediakan pengenal bagi individu untuk digunakan dengan nama mereka saat mereka terlibat dalam penelitian, beasiswa, dan kegiatan inovasi.

B. Tentang Orcid
ORCID adalah organisasi nirlaba, yang ditopang oleh biaya dari organisasi anggota kami. Pekerjaan kami terbuka, transparan, dan non-eksklusif. Kami dipandu oleh prinsip-prinsip privasi dan kontrol peneliti, dan visi infrastruktur informasi penelitian yang memungkinkan pengidentifikasi. Kami membuat keputusan secara kolaboratif, melibatkan staf kami, Dewan, mereka yang mendukung misi kami, dan para peneliti dan komunitas yang merupakan tujuan dari pekerjaan kami.

Kami mengambil pandangan global. Kami memiliki tim yang beragam, disebarkan secara internasional di "kantor virtual" kami. Kami terlibat dengan berbagai organisasi dan orang-orang untuk memastikan sudut pandang yang luas. Kami berusaha untuk menjadi komponen yang tepercaya dari infrastruktur penelitian dengan tujuan memberikan kejelasan dalam luasnya kontribusi penelitian dan orang-orang yang membuatnya.

C. Cara Membuat Akun Orcid Id

1. Kunjungi alawat website orcid
Untuk membuat akun Orcid, pertama kunjungi link berikut: https://orcid.org
Jika anda sudah mengunjungi link tersebut, anda akan mendapatkan tampilan berikut


Pada gambar di atas, Nomor 1 menunjukan alamat link untuk membuat orcid dan nomor 2 untuk memulai membuat akun orcid,

2. Register now (buat akun sekarang)
Silahkan klik tulisan "register now", jika sudah diklik maka akan muncul gambar seperti di bawah ini;



1. First Name: isi dengan nama depan anda
2. Las name: isi dengan nama belakang anda
Note: jika nama anda hanya satu kata maka bisa first name dan last name diisi dengan nama yang sama
3. Primary email: masukkan email utama anda
4. Additional email: masukkan email alternatif anda
5. Buat pasword untuk orcid
6. Visibility setting: pilih "everyone"
7. Terms of use: klik di kolom kecil dibawanhya yang mendakan kita setuju dengan kebijakan orcid
8. Klik kotak Im not robot
9. Klik menu register

3. Periksa email anda
Selanjutnya jika semua prosedur di atas sudah anda isi dengan benar dan sudah klik menu register, selanjutnya buka email anda, anda akan dikirimkan pemberitahuan oleh team orcid untuk melakukan verifikasi email, seperti contoh gambar di bawah ini


Nomor 2 pada gambar di atas menunjukan Id orcid anda sedangkan nomor 1 menunjukan untuk verifikasi email, silahkan klik tulisan "verify your email adres", jika anda sudah mengkliknya maka akan muncul gambar seperti di bawah ini;


4. Login di Orcid
Pertama masukkan email utama anda selanjutnya di kolom kedua masukkan pasword orcid anda, Selanjutnya klik menu "sigin to orcid". setelah sigin maka akan muncul gambar seperti di bawah ini;


5. Isi riwayat pendidikan dan homebase
Kolom merah pertama: education
Isi dengan riwayat pendidikan anda

Kolom merah kedua: Employment
Isi dengan home base anda / kampus tempat anda mengajar

5. Orcid Id
Kolom merah di bawah adalah ID Orcid anda.

Akhirnya akun orcid anda sudah jadi....

Demikianlah tutorial Cara Membuat Akun Orcid Id, semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda. salam literasi.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Akun Orcid Id"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close