Saturday, 30 June 2018

Apakah Jurusan PGSD itu Susah ?

Tags
Apakah Jurusan PGSD itu Susah? Mau mengambil jurusan PGSD saat kuliah namun anda belum memiliki informasi yang cukup mengenai jurusan PGSD, termasuk tingkat kesulitan dalam mengambil jurusan PGSD!!! Oke, berhubung saya dulu waktu kuliah mengambil jurusan PGSD, maka dalam kesempatan ini, saya akan berbagi pengalaman tentang materi-materi yang dipelajari saat kuliah PGSD.

Namanya saja PGSD, maka hal tersebut mengambarkan bahwa materi kuliah yang dipelajari sangat berkaitan dengan hal-hal yang banyak di terapkan, diajarkan di sekolah dasar (SD). Mari kita mulai membahas mata kuliah yang dipelajari di jurusan PGSD

Baca juga: 6 Kelebihan mengabil jurusan PGSD saat kuliah

Mata kuliah yang dipelajari dijurusan PGSD
Mata kuliah apa saja yang dipelajari ketika mengambil jurusan PGSD? Berikut transkrip nilai saya berisikan mata kuliah yang pernah saya pelajari sat kuliah.



Nagh anda bisa lihat pada foto di atas mengenai mata kuliah yang dipelajari dijurusan PGSD. Namun yang perlu anda ketahui bahwa tidak semua kampus memiliki mata kuliah yang sama meskipun sama-sama jurusan PGSD, namun walaupun mata kuliah untuk jurusan PGSD untuk tiap kampus kadang berbeda tetapi pada dasarnya mata kuliah jurusan PGSD di kampus tersebut memiliki orientasi yang sama.

Hal yang sering dilakukan ketika kuliah PGSD

A. Belajar cara mengajar di PGSD
Hal yang banyak dipelajari dijurusan PGSD yakni bgaimana cara mengajar siswa SD yang baik dan benar, misalnya mempelajari pendekatan, model, metode, teknik dan strategi dalam mengajar di SD. Selain itu juga dipelajari cara menangani siswa yang nakal, malas, mengalami kesulitan belajar. 

Apalagi  yang dipelajari? selanjutnya yang dipelajari saat kuliah dijurusan PGSD yakni mengenai tahap perkembangan anak dan psikologis anak, hal tersebut sudah pasti sangat penting karena dalam tahap perkembangan anak memiliki cara belajar yang berbeda, misalnya saja anak kelas I dan kelas IV.

B. Membuat perangkat pembalajaran
Selanjtunya yang banyak diprioritaskan saat kuliah jurusan PGSD adalah belajar menyusun perangkat pembelajaran, apa saja perangkat pembelajaran itu?

1. RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran)
Sebelum mengajar seorang guru terlebih dahulu harus menyusun RPP agar proses pembelajaran bisa lebih testruktur dan terarah, nagh saat kuliah PGSD, mahasiswa akan banyak belajar membuat/menyusun RPP agar kelak setelah jadi guru mahasiswa yang bersangkutan bisa/mampu menyusun RPP.

2. Menyusun bahan ajar
Dalam mengajar siswa sudah pasti seorang guru harus memiliki dan menguasai materi ajar yang akan diajarkan. Saat kuliah PGSD anda akan belajar bagaimana cara menyusun bahan ajar untuk digunakan dalam mengajar siswa anda.

3. Menyusun LKS (lembar keja siswa)
Tujuan LKS adalah untuk mengukur tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran, LKS adalah salah satu hal yang akan dipelajari saat kuliah di jurusan PGSD.

4. Media pembelajaran
Nagh untuk yang satu ini, sudah pasti akan sering anda buat saat kuliah dijurusan PGSD. Apa sih media pembelajaran itu? media pembelajaran adalah alat peraga yang digunakan oleh guru agar siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan gurunya.

C. Simulasi mengajar
Salah satu hal yang cukup menantang saat kuliah dijurusan PGSD adalah saat simulasi mengajar. Dalam simulasi mengajar, anda akan memperagakan/memerankan sebagai guru dihadapan teman kelas anda dengan membawakan materi yang biasa diajarkan di SD dan teman kelas anda akan memerankan sebagai siswa SD.

Pada saat awal belajar simulasi biasanya kita akan grogi, tapi jika kita sudah sering simulasi maka kita bisa menjadi lebih percaya diri, jadi jangan takut karena semuanya hanya masalah waktu saja, nikmati saja prosesnya.

D. PPL (praktik perkuliahan lapangan)
PPL (praktik perkuliahan lapangan) adalah kegiatn yang dilakukan di semester-semester akhir, lama PPL bisa mencapai 2-3 bulan, PPL berlangsung di sekolah SD. Jadi anda akan benar-benar mengajar di SD, dan hal tersebut sangat menyenangkan karena anda bisa mengaplikasikan ilmu yang selama ini anda pelajari.

Sebenarnya masih banyak hal yang dipelajari saat kuliah dijurusan PGSD, namun saya hanya menceritakan hal-hal yang penting saja. Namun jangan ragu untuk kuliah PGSD karena jurusan PGSD sangat menyenangkan. semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon