Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak (Siswa SD dan SMP)

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak (Siswa SD dan SMP)_ Kenapa bahasa inggris penting untuk dipelajari? Karena bahasa inggris merupakan bahasa international, yang artinya saat kita bepergian ke negara lain maka bahasa yang lazim digunakan adalah bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi international, karena adalah hal yang mungkin tidak dipahami oleh warga negara lain, jika misalnya mengajak mereka berkomunikasi dengan menggunakan bahasa indonesia di luar negeri.

Maka dari itu dalam kurikulum pendidikan, Bahasa Inggris masuk dalam muatan lokal yang dipelajari di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bahasa inggris diajarkan sejak dini, karena usia anak pada tingkatan SD maupun SMP adalah saat/fae dimana mereka mengalami perkembangan otak/kemampuan, jadi misalnya sejak kanak-kanak mereka sudah kenal dengan bahasa inggris, maka selanjutya pada tingkatan pendidikan yang lebih tinggi mereka menjadi tidak asing lagi dengan bahasa inggris.

Maka dari itu, sebagai orangtua anda juga harus membantu proses belajar bahasa inggris anak, agar hal-hal positif yang bisa didapatkan anak bisa dimaksimalkan! memangnya apa saja sih manfaat dari belajar bahasa inggris bagi siswa SD, SMP atau khususnya bagi anak? Dan apakah ada bimbingan belajar khusus untuk anak SD dan SMP secara online yang bisa dimanfaatkan siswa untuk belajar bahasa inggris! Baiklah mari kita ulas beberapa point penting yang menjadikan bahasa inggris cukup penting bagi anak.

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak (Siswa SD dan SMP)

1. Golden Age  

Mengapa Bahasa Inggris Penting untuk diajarkan sejak usia SD dan SMP? Karena menurut Jhon Piaget pada usia SD-SMP anak memasukan tahap perkembangan operasional dan operasional normal, yang artinya dalam proses belajar hal-hal logis. 

Selain itu pada usia kanak-kanak, proses perkembangan otak anak memasuki fase Golden Age dimana pada tahapan ini otak anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan sangat pesat, jadi dengan mengenalkan bahasa inggris di masa kanak-kanak melatih kemampuan kognitif anak.

2. Bisa Ikut Lomba Pidato atau Debat Bahasa Inggris

Seberapa penting siswa SD dan SMP untuk belajar bahasa inggris? Jadi seperti yang kita ketahui, bahwasanya sering diadakan lomba pidato atau lomba debat menggunakan bahasa inggris, jadi dengan belajar bahasa inggris, maka anak anda juga bisa ikut mendaftar sebagai kandidat calon peserta lomba debat.

Dan ukuran Prestasi siswa juga dinilai dari lomba-lomba yang diikuti, termasuk lomba bahasa inggris, jadi jika anak anda juara dalam lomba bahasa inggris maka anak anda bisa dikatakn sebagai anak yang berprestasi.

3. Bisa Komunikasi Menggunakan Bahasa Inggris

Mungkin alasan terpenting kenapa anak SD dan SMP sebaiknya belajar bahasa inggris adalah agar mereka bisa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, semakin banyak bahasa yang dikuasai semakin bagus bukan.

Kemampuan berbahasa inggris yang dimiliki bis amenjadi bekal nantinya bagi anak yang bersangkutan dalam jenjang pendidikan selanjutnya atau dalam dunia kerja.

4. Bekal untuk Kuliah atau Mendapatkan Beasiswa

Sudah hal lumrah jika setelah tamat SD, maka anak akan melanjutkan pada jenjang SMP, SMA, Kuliah dan akhirnya kerja. Untuk melanjutkan kuliah dan mendapatkan beasiswa baik di dalam atau luar negeri, bisanya ada syarat sertifikat toefl atau ielts dan pastinya kalian dituntut untuk bisa atau memiliki pemahaman akan bahasa inggris agar bisa mendapatkan bahasa inggris.

Maka dari itu sejak masih duduk di bangku SD ataupun SMP maka sebaiknya mulai belajar bahasa inggris, memang bukan berarti jika kita mulai belajar bahasa inggris dewasa kita tidak bakalan pintar, namun seperti sebuah pepatah "Practice Makde Perfect", jadi semakin banyak latihan maka akan semakin pintar dan paham, jadi jika sudah bisa mulai belajar bahasa inggris sejak anak-anak, mengapa ditunda. 

5. Menunjang Karir

Diera Digital seperti saat ini, lowongan pekerjaan yang bisa kalian targetkan bukan hanya dalam skala nasional namun saat ini kalian bisa berkarier di perusahaan luar negeri! Bahkan dengan kecanggihan teknologi saat, kalian tidak perlu keluar negeri untuk bisa bekerja di perusahaan-perusahaan luar negeri, namun memanfaatkan paltform digital kalian bisa bekerja di perusahaan yang ada di luar negeri atau istilah lainnya Work From Home.

Namun hal yang sangat penting untuk kalian kuasai adalah bahasa inggris, karena bahasa yang biasa digunakan adalah bahasa inggris, itulah kenapa belajar bahasa inggris penting, karena bisa menunjang karir nantinya! Jadi ayo ajarkan bahasa inggris kepada anak anda.

6. Memudahkan dalam Mempelajari IT.

Apakah kalian pernah buka misalnya komputer atau smartphone dan banyak menggunakan bahasa inggris di dalamnya! Jadi agar anak kalian bisa terbantu dalam mempelajari IT dengan maksimal, maka alangkah baiknya didukung dengan memahamkan atau mengajari mereka Bahasi Inggris juga.

Dengan memiliki sedikit kemampuan dalam memahami bahasa inggris, maka hal yang berkaitan dengan teknologi informasi dan teknologi yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa dasar, anak tidak sulit untuk belajar.

7.Bahasa Inggris Merupakan Mata Pelajaran Muatan Lokal

Bahasa Inggris dalam kurikulum masuk dalam kategori pelajaran muatan lokal, jadi memang bahasa inggris penting untuk diajarkan sejak dini, karena masuk dalam mata pelajaran di sekolah, sehingga untuk mendukung anak dalam proses belajar, sebagai orangtua anda bisa melatih kemampuan bahasa inggris anak di rumah.

Kalaupun kalian juga ternyata tidak terlalu cakap dalam berbahasa inggris, atau minimal paham dengan bahasa inggris, kalian bisa mengajak anak anda untuk ikut kursus bahasa inggris, agar nantinya anak anda mendapatkan pelajaran bahasa inggris tambahan selain dari sekolah.

8. Anak Bisa Diajak Liburan ke Luar Negeri

Bukan tidak mungkin jika nantinya kalian punya kesempatan untuk keluar negeri, mislanya dalam rangka liburan dan mengajak anak-anak kalian keluar negeri, dengan menguasai bahasa inggris, maka anak anda akan terbantu saat mau komunikasi dengan orang asing.

Dari beberapa poin yang kita bahas diatas, memang  menjadi alasan kenapa belajar bahasa inggris penting bagi anak, termasuk anak SD dan SMP, lantas yang jadi pertanyaan adalah apakah ada bimbingan belajar onlin yang khusus untuk siswa SD dan SMP, kalau begitu mari kita bahas salah satu bimbel bahasa inggris online yakni English Academy:

Alasan Memilih Bimbel Bahasa Inggris Online English Academy Ruang Guru untuk Siswa SD dan SMP

1. Tersedia untuk Siswa SD dan SMP

Bimbel online Bahasa Inggris English Academy menyediakan layanan bimbingan belajar online bahasa inggris untuk siswa SD dan SMA. Untuk siswa SD dinamakan paket Bimbel English Academy Runner, jadi paker Runner untuk siswa SD difokuskan pada kegiatan belajar bahasa inggris yang menekankan pada peningkatan efektifitas pembelajaran. Peserta bimbel diajak berbpartisipasi dalam permainan dan kegiatan kelompok seru lainnya.

Adapun tujuan dari paket Runner untuk siswa SD adalah untuk membuat pelajar memiliki pembendaharaan kata yang luas, memahami kaidah-kaidah pengunaan tata bahasa dengan baik, dan dapat mengunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan untuk tingkatan SMP paket bimbel online english academy dinamakan English Academy Sprinter, Paket Sprinter menyajikan pembelajaran yang disajikan secara komunikatif, guna meningkatkan efektifitas pembelajaran dan sama halnya dengan paket Runner, paket Sprinter juga bertujuan untuk membuat pelajar memiliki pembendaharaan kata yang luas, memahami kaidah-kaidah pengunaan tata bahasa dengan baik, dan dapat mengunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mengajarkan Keterampilan Reading, Litsening, Speaking dan Writing

Dalam belajar bahasa inggris ada 4 hal pokok yang wajib dipelajari misalnya saja Reading, Litsening, Speaking dan Writing. Dan yang pasti di english Academy By Ruang Guru siswa akan diajarkan kemampuan Reading, Litsening, Speaking dan Writing.

3. Kelas Online Interaktif

Salah satu kunci keberhasilan suatu pembelajaran adalah adanya konsep pembelajaran interaktif, dan perlu kalian ketahui bahwasanya di english academy meskipun menerapkan sistem belajar online, namun tetap mengedepankan konsep belajar yang interaktif, jadi dengan adanya interaksi antara pengajar dan siswa membuat pembelajaran lebih aktif.

4. Pengajar International

Jadi yang menjadi tutor atau pengajar di English Academy bukan hanya dari orang indonesia saja loh! akan tetapi juga ada pengajar international yang sudah berpengalaman mengajar bahasa inggris, pengajar international ini dinamakan native speaker, sungguh bagus yah jika bisa belajar bahasa inggris sama native spekaer yang berpengalaman.

5. Diskon Besar dengan Menggunakan Kode Diskon English Academy By Ruang Guru: AYOBIMBEL

Kelebihan lainnya yang bisa kalian dapatkan jika memilih untuk berlangganan bimbel English Academy adalah kalian bisa dapatkan diskon besar, caranya adalah dengan Menggunakan Kode Diskon English Academy By Ruang Guru: "AYOBIMBEL", Jadi silahkan kalian catat Kode Diskon Ruang Guru English Academy: AYOBIMBEL tuk dapat diskon saat membeli paket langganan English Academy.

Demikianlah artikel tentang Pentingnya Belajar bahasa Inggris Bagi Anak (Siswa SD dan SMP), semoga bermanfaat untuk anda semua.

0 Response to "Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak (Siswa SD dan SMP)"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close