7 Tips Memilih Kampus yang Baik dan Benar By Ruang Guru

Tips Memilih Kampus yang Baik dan Benar By Ruang Guru_ Pendidikan diera milineal seolah menjadi keharusan agar bisa menjadi pribadi yang kompeten sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja dalam menempati posisi atau jabatan yang diinginkan, walaupun tak selamanya proses belajar berlangsung dalam dunia pendidikan formal namun pendidikan formal menjadi satu solusi bagi orang-orang yang ingin belajar banyak hal guna memperoleh ilmu pengetahuan yang bisa bermanfaat untuk dirinya dan lingkungannya kelak.

sumber: instagram @ruangguru
Seperti yang kita ketahui bahwasanya saat ini tidak sedikit orang yang memilih untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi atau bangku kuliah agar bisa mendapatkan lebih banyak skill dan kompetensi. Dari fakta yang ada, saat ini terdapat ribuan perguruan tinggi baik itu perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang tersebar di kota-kota yang ada di indonesia.

Keberadaan perguruan tinggi yang sangat banyak di indonesia membuat calon-calon mahasiswa tidak kesulitan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, namun bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah sebaiknya tidak gegabah dalam memilih kampus untuk kuliah, ada beberapa pertimbangan yang bisa kalian jadikan acuan dalam memilih kampus yang baik dan benar sehingga bisa mengantarkan kalian untuk bisa meraih jenjang karir yang kalian inginkan.

Baca juga: Kode Diskon Ruang Guru

Lantas apa saja yang sebaiknya menjadi bahan perhatian bagi kalian dalam memilih kampus, berikut Tips Memilih Kampus menurut team Ruang Guru yang sengaja kami ulas secara sederhana untuk anda semua:

Tips Memilih Kampus yang Baik dan Benar By Ruang Guru

1. Memperhatikan Akreditasi Kampus
Apa hal urgent yang wajib anda perhatikan sebelum memilih kampus untuk kuliah? jika ditanya tentang hal urgent yang wajib anda perhatikan sebelum memilih kampus untuk kuliah maka hal yang sangat penting untuk anda perhatikan sebelum memilih kampus untuk lanjut kuliah adalah melihat "Akreditasi Kampus".

Akreditasi kampus dikeluarkan oleh Badan Akrediatasi Nasional yang menunjukan kampus tertentu telah mendapat pengakuan dari dikti sebagai kampus yang memiliki predikat bagus, tingkatan akreditasi sendiri terdiri dari akreditasi A, B dan C serta tidak terakreditasi, akreditasi A merupakan tingkatan tertinggi dari suatu akreditasi yang didapatkan oleh suatu kampus.

Jadi sebaiknya sebelum menentukan pilihan untuk lanjut disuatu kampus maka coba anda cari tahu status akreditasi kampus tersebut. Sebaiknya dalam memilih kampus anda memilih kampus yang terakreditasi minimal B dan bahkan jika perlu anda pilih kampus yang terakreditasi A.

Alangkah baiknya kalian menghindari kampus yang tidak terakreditasi karena itu artinya kampus tersebut tidak memiliki pengakuan dari BAN atau Badan Akreditasi Nasional.

2. Pilihan Jurusan dan Fakultas
Tahu nggak selain akreditasi kampus, suatu perguruan tinggi juga memiliki akreditasi untuk masing-masing program studi mereka, jadi bisa jadi akreditasi kampusnya A namun akreditasi jurusan tertentu di kampus tersebut berstatus akreditasi B atau C.

Apa bedanya akreditasi kampus dan akreditasi jurusan? akreditasi kampus mencakup semua komponen yang ada di perguruan tinggi tersebut termasuk akumulasi dari semua program studi sedangkan akreditasi jurusan adalah akreditasi jurusan yang khusus untuk jurusan tersebut.

Jadi sebaiknya kalian perhatikan akreditasi jurusan yang akan kalian pilih saat memilih kampus untuk kuliah. Dan selain yang tak klah pentingnya adalah bagaimana prospek kerja jurusan yang akan kalian pilih tersebut.

Jadi dalam memilih jurusan coba kalian prediksi bagaimana peluang kerja jurusan yang anda pilih 4 tahun ke depan. Kenapa 4 tahun ke depan? karena rata-rata seseorang bisa menyelesaikan kuliah strata 1 (S1) adalah 4 tahun, kenapa harus menganalisa peluang kerja jurusan tersebut 4 tahun ke depan bukan melihat peluang kerja jurusan tersebut saat ini saja?

Tahu nggak bahwa kebutuhan akan tenaga kerja di dunia kerja akan selalu mengalami perubahan, bisa jadi suatu jurusan saat ini sangat dibutuhkan alumninya dalam dunia kerja namun 2-4 tahun ke depan lulusan atau alumninya kurang dibutuhkan lagi.

Satu lagi yang harus kalian perhatikan adalah apakah jurusan yang kalian pilih tersebut sudah sesuai dengan minat dan bakat anda. Jangan memilih jurusan karena hanya ikut-ikutan teman atau memilih jurusan hanya karena anda melihat bahwa lulusannya dibutuhkan atau diperlukan di dunia kerja.

Memang tidak salah sih, tapi alangkah baiknya kalian memilih jurusan yang sesuai dengan bakat minat anda agar kalian bisa mengasah bakat dan minat kalian, dan dengan memilih jurusan yang seusai bakat dan minat maka akan membuat anda merasa nyaman untuk kuliah atau bisa menikmati proses kuliah kalian.

3. Biaya Studi dan Beasiswa
Hmm... Biaya studi adalah masalah klasik yang hampir dialami oleh sebagian mahasiswa (kecuali anda orang kaya maka tidak akan mengalami dilema mengenai biaya studi), beberapa kampus di indonesia memang mematok biaya kuliah yang bisa dibilang tidak murah alias mahal.

Biaya studi patut menjadi bahan pertimbangan kalian dalam memilih kampus, kenapa mesti menjadi bahan pertimbangan? karena jangan sampai kalian memilih untuk kuliah di kampus yang memerlukan budget yang besar namun karena biaya yang terbatas alhasil kalian tidak mampu menyelesaikan kuliah karena terkendala masalah biaya.

Jadi alangkah baiknya kalian memilih kampus yang tetap berkualitas namun sesuai dengan kondisi kantong kalian agar kuliah bisa selesai tepat waktu. Hmm... Ada sebuah ungkapan yang mengatakan "bersama kesulitan ada kemudahan" walaupun beberapa kampus memiliki biaya besar untuk kuliah namun hal yang tak perlu kalian lupakan adalah adalah banyak Beasiswa kuliah saat ini.

Yup tepat sekali saat ini ada banyak beasiswa yang tersedia, tinggal anda mendaftar dan mengikuti tahapan seleksinya, beasiswa tersebut terdapat beasiswa luar negeri maupun beasiswa dalam negeri, selain itu ada juga program bidikmisi bagi siswa kurang mampu yang berprestasi, jadi tinggal kalian pilih aja yang mana sesuai dengan kondisi anda.

4. Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Kemahasiswaan
Apa yang kalian pikirkan tentang organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus? apakah kalian menganggap organisasi adalah suaut kegiatan yang bisa membuang-buang waktu kalian? yah sebagai orang mungkin akan menganggap berorganisasi adalah hal yang tidak penting

Namun sebaiknya kalian coba merubah mindset kalian tentang kegiatan organisasi kampus. Tahu nggak kegiatan organisasi bisa menempah diri anggotanya menjadi pribadi yang soasilis, pekerja keras, mampu management waktu dll. Ada banyak dampak positif dari ikut dalam kegiatan organisasi di kampus, jadi tidak ada salahnya anda ikut organisisasi saat kuliah.

Namun sebagai catatan: sebaiknya kalian mampu membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi, ada banyak mahasiswa yang tak mampu menyelesaikan perkuliahan tepat waktu hanya karena terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berorganisasi sehingga kegiatan akademik terabaikan, jadi sebagai motivasi bagi kalian berorganisasi bukan tidak boleh namun yang perlu anda maksimalkan pada diri kalian jika ingin berorganisasi adalah "Management Waktu"

5. Lingkungan Kampus
Ada sebuah ungkapan yang berbunyi seperti ini; jika engkau berada disuatu tempat dan bisa memberikan dampak buruk bagi kamu maka sebaiknya kamu tinggalkan lingkungan tersebut. Sama halnya dengan lingkungan kampus, lingkungan kampus yang baik akan memberikan pengaruh positif bagi anda sebaliknya lingkungan kampus yang tidak baik akan memberikan pengaruh negatif bagi anda.

Lingkungan kampus tersebut misalnya saja pola pergaulan mahasiswa yang ada di kampus tersebut, motivasi belajar di kampus tersebut, kompetisi di kampus tersebut  atau bisa jadi drainasi dan sistem sirkulasi udara.

Setiap kampus memiliki atmosfer yang berbeda, misalkan saja berdasarkan informasi kampus UGM atau mahaiswwa UGM memiliki minat baca yang tinggi atau keinginan tinggi untuk memperoleh pengetahuan.

Jadi sebaiknya sebelum mendaftar di kampus yang anda senangi silahkan kalian jalan-jalan di kampus tersebut dan memperhatikan lingkungan kampus tersebut agar anda tidak menyesal telah mendaftar di kampus tersebut.

6. Lokasi Kampus
Selanjutnya hal yang perlu anda perhatikan sebelum memilih kampus adalah aksesbilitas suatu kampus, mislanya aja kalian perhatikan untuk bisa mengakses kampus tersebut bisa melalui akomodasi apa saja, mislanya apakah bisa menggunakan bus, apakah bisa menggunakan kereta api, apakah bisa menggunakan mobil dan motor atau seberapa banyak angkutan umum yang mengarah ke kampus tersebut.

Hal tersebut penting karena jadwal kuliah kadang tidak menentu, bisa jadi anda akan memiliki jadwal kuliah pagi, siang, sore bahkan jadwal kuliah malam, apalagi jika kalian tidak memiliki kendaraan, sudah pasti akan sangat mengandalkan angkutan umum.

Walaupun anda punya kendaraan mislanya mobil atau motor namun jalan yang mengarah ke kampus kalian kurang baik maka hal itu akan menjadi kendala tersendiri pula bagi anda. Jadi dalam memilih kampus sebaiknya anda juga memperhatikan lokasi kampus yang akan anda pilih untuk kuliah

7. Reputasi Alumni Kampus
Beberapa kampus sangat diperhitungkan alumninya dalam dunia kerja ataupun diintansi-intansi pemerintah. Jadi sebaiknya dalam memilih kampus kalian juga coba deh cek lulusan atau alumni yang lulus di kampus tertentu bagaimana reputasinya dalam dunia kerja.

Semakin bagus track rekor alumni suatu kampus atau instansi pemerintah mengindikasikan bahwa kampus tersebut memiliki kualitas menteren sehingga sangat diminati dalam dunia kerja. Karena dalam menerima suatu karyawan perusahaan-perusahaan juga memperhatikan pelamar perusahaan tersebut alumni atau lulusan kampus mana.

Demikianlah artikel tentang 7 Tips Memilih Kampus yang Baik dan Benar By Ruang Guru, semoga artikel  ini bisa memberi manfaat untuk anda.

0 Response to "7 Tips Memilih Kampus yang Baik dan Benar By Ruang Guru"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel