Cara Menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Cara Menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)_ Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat berupa panduan untuk latihan, pengembangan aspek kognitif maupun panduan untuk pengembangan semua aspek pembelajaran dalam bentuk panduan eksperimen. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) memuat sekumpulan kegiatan mendasar yang harus dilakukan oleh peserta didik untuk memaksimalkan pemahaman dalam upaya pembentukan kemampuan dasar sesuai indikator pencapaian hasil belajar yang harus ditempuh (Trianto, 2013: 223).
 

Baca juga:
Cara Download Buku Sekolah Elektronik (BSE) Di Situs Resmi Kemendikbud

Berdasarkan uraian di atas, maka yang dimaksud dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam penelitian ini adalah panduan peserta didik  yang digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau penemuan suatu konsep prinsip dan panduan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi cahaya yang ada pada buku peserta didik yang diberikan pada setiap pertemuan.

A. Langkah-langkah persiapan LKPD

Untuk menyusun perangkat pembelajran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) (Depdiknas, 2008b: 23) dalam (Nurhaidah, 2014: 28) menguraikan rambu-rambunya, bahwa LKPD akan memuat paling tidak: judul, kompetensi dasar yang akan dicapai, waktu penyelesaian, peralatan/bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas, informasi singkat, langkah kerja, tugas yang harus dilakukan, dan laporan yang harus dikerjakan. Langkah-langkah persiapan LKPD dijelaskan dalam Depdiknas (2008b: 23-24) dalam Nurhaidah (2014: 29) sebagai berikut: 

1. Analisis kurikulum
Analisis kurikulum. Analisis ini dilakukan dengan memperhatikan materi pokok, pengalaman belajar peserta didik, dan kompetensi belajar peserta didik.

2. Menyusun peta kebutuhan LKPD 

Menyusun peta kebutuhan LKPD. Peta kebutuhan LKPD berguna untuk mengetahui jumlah kebutuhan LKPD dan urutan LKPD.

3. Menentukan judul-judul LKPD
 
Menentukan judul-judul LKPD. Judul LKPD harus sesuai dengan KD,materi pokok dan pengalaman belajar.

4. Penulisan LKPD
 
Penulisan LKPD. Langkah-langkahnya: (1) perumusan KD yang harus dikuasai, (2) menentukan alat penilaian, (3) penyusunan materi dari berbagai sumber, (4) memperhatikan struktur LKPD, yang meliputi: (a) judul, (b) petunjuk belajar, (c) kompetensi yang dicapai, (d) informasi pendukung, (e) tugas dan langkah-langkah kerja, dan (f) penilaian.

B. Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) (Nurhawa, 2014: 40) dalam (Nurhaidah, 2014: 29) diantaranya:

a. Dari segi penyajian materi
1. Judul lembar kerja harus sesuai dengan materinya
2. Materi harus sesuai dengan perkembangan peserta didik
3. Materi disajikan secara sistematis dan logis
4. Materi disajikan secara sederhana dan jelas
5. Menunjang keterlibatan dan kemauan peserta didik untuk ikut aktif

b. Dari segi tampilan
1. Penyajian sederhana, jelas dan mudah dipahami
2. Gambar dan grafik sesuai dengan konsepnya
3. Tata letak gambar, tabel, pertanyaan harus tepat
4. Judul, keterangan, instruksi, pertanyaan harus jelas
5. Mengembangkan minat dan mengajak peserta didik untuk berpikir

0 Response to "Cara Menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close