Syarat-Syarat Dalam Menyusun / Membuat LKS (Lembar Kerja Siswa)

Syarat-Syarat Dalam Menyusun / Membuat LKS (Lembar Kerja Siswa)_ LKS atau biasa disebut dengan lembar kerja siswa adalah sebuah buku yang dibagikan kepasa siswa yang berisi soal-soal dan materi pelajaran secara singkat. LKS bertujuan untuk meningkatkan atau menambah sumber belajar siswa sekaligus sebagai media untuk latihan soal-soal.

Baca juga:
Cara Menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)



Namun tahukah kita bahwa LKS yang diedarkan di sekolah-sekolah jharus memenuhi syarat-syarat dalam penerbitannya. apa saja syarat dalam dalam menyusun LKS. Beberapa persyaratan yang harus diperhatikan dalam menyusun/membuat LKS menurut Rudiyanto (dalam Mervin, 2003:48) antara lain.

"Syarat-Syarat Dalam Menyusun / Membuat LKS (Lembar Kerja Siswa)"


a. Syarat-syarat didaktik.
LKS sebagai salah satu bentuk sarana berlangsungnya proses pembelajaran harus mengikuti asas-asas pembelajaran yang efektif, yaitu:
1. Tekankan pada proses untuk menemukan konsep-konsep sehingga LKS di sini berfungsi sebagai petunjuk jalan bagi siswa untuk mencari tahu,
2. Tidak memperhatikan adanya perbedaan individual sehingga LKS yang baik itu adalah yang dapat digunakan baik oleh siswa yang lambat, sedang, maupun yang pandai.
 

b. Syarat-syarat konstruksi
Persyaratan konstruksi yang harus dipenuhi dalam penyusunan LKS adalah syarat-syarat yang berkenaan dengan penggunaan bahasa, susunan kalimat, kesederhanaan penggunaan kata-kata dan kejelasan yang pada hakekatnya haruslah tepat guna dalam arti dapat dimengerti oleh siswa. Berkaitan dengan hal tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun dan membuat LKS, yaitu:
1. Menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat kedewasaan (tingkat perkembangan kognitif) siswa;
2. Menggunakan struktur kalimat atau kata-kata yang jelas;
3. Memiliki tata urutan pelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, apabila konsep yang hendak dituju merupakan sesuatu yang kompleks, dapat dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana;
4. Menggunakan kalimat yang pendek dan sederhana;
5. Memiliki tujuan pembelajaran yang jelas serta manfaat dari pelajaran itu sebagai sumber motivasi;
6. Mempunyai identitas untuk lebih memudahkan administrasi, misalnya nama, kelas, mata pelajaran, tanggal, dan sebagainya.
 

c. Syarat-syarat teknis
Penyusunan dan pembuatan LKS juga harus memenuhi syarat-syarat teknis sebagai berikut:

1. Tulisan
Tulisan atau huruf yang harus digunakan adalah (1) menggunakan huruf cetak dan tidak menggunakan huruf romawi/latin disesuaikan dengan tingkat kognitif siswa, (2) menggunakan huruf tebal yang agak besar untuk topik, bukan garis bawah, (3) banyak kata dalam satu baris tidak lebih dari 10 kata.
 

2. Gambar
Gambar harus dapat menyampaikan pesan/isi dari gambar tersebut secara efektif terhadap pengguna LKS. Gambar/ilustrasi sesuai dengan keadaan setempat dan penggunaan orang.

3. Penampilan

Penampilan harus memiliki kombinasi antara gambar dan tulisan. Di samping itu harus memperhatikan pada format dan syarat-syarat penulisan yang sesuai dengan kurikulum. Dalam menyusun LKS hendaknya memenuhi beberapa komponen antara lain: (1) topik yang dibahas, (2) waktu yang tersedia untuk melakukan kegiatan, (3) tujuan pembelajaran, (4) kompetensi dasar, (5) rangkuman materi, (6) alat pelajaran yang digunakan, dan (7) prosedur kegiatan.

Berdasarkan uraian di atas maka lembar kerja siswa (LKS) yang dibuat pada penelitan ini berisikan petunjuk yang harus siswa ikuti, tujuan pembelajaran khusus, tugas yang harus dikerjakan untuk melihat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Buku pendukung siswa mengerjakan LKS adalah buku siswa. Demikinalah artikel tentang Syarat-Syarat Dalam Menyusun / Membuat LKS (Lembar Kerja Siswa) semga bermanfaat

0 Response to "Syarat-Syarat Dalam Menyusun / Membuat LKS (Lembar Kerja Siswa)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close