Sunday, 11 December 2016

9 Cara Menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa

Tags
9 Cara Menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa_ Menjadi guru yang Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa memang menjadi harapan sebagian besar guru-guru, untuk menjadi guru yang menyenangkan bagi anak didiknya  seorang guru harus menguasai berbagai keterampilan, seperti keterampilan sosial yakni bagaimana seorang guru dalam melakukan interaksi dengan anak didiknya dan bagaimana pola komunikasi yang dibentuk antara seorang guru dengan siswanya, selain itu guru juga harus bisa menghadirkan ikatan emosional dengan siswanya agar pembelajaran dan pendidikan berjalan bermakna dan membuat siswa lebih menikmati proses pembelajaran.

9 Cara Menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa

Selain keterampilan sosial untuk menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa, maka seorang guru juga harus memiliki kecerdasan intelektual agar segala ketidaktahuan siswa, kebutuhan edukasi siswa bisa terjawab dan terselesaikan melalui kemampuan dan kapabilitas gurunya.
 
Baca juga:

Namun untuk menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa butuh manajemen kelas yang maksimal karena pada dasarnya setiap peserta didik memiliki karakter yang berbeda, sehingga guru dituntut untuk menghadirkan suatu pola pembelajaran yang bisa merangkul dan menyatukan visi misi belajar para peserta didik.

Nilai positif lainnya ketika bisa menjadi figur Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa adalah pembelajaran akan berlangsung menyenangkan serta tujuan pembelajaran akan mudah untuk tercapai.

Tapi realita tak selamanya sesuai dengan harapan karena beradasarkan fakta, ternyata masih banyak guru yang belum memahami pentingnya menjagi guru yang menyenangkan di mata siswanya, alhasil proses pembelajaran kadang menjenuhkan dan membuat siswa merasa cepat bosan dalam belajar.

Bahkan sebagian guru malah jauh dari persepsi menyenangkan bagi siswanya malah sebaliknya sebagian guru malah menjadi figur yang menakutkan di mata siswanya. hal ini jelas akan berdampak pada kondisi psikologis siswa serta membentuk suatu persepsi yang keliru tentang guru di mata para siswa.

Jadi bagaimana caranya untuk bisa menjadi guru yang menyenangkan bagi siswa! sebenarnya ada banyak cara untuk menjadi guru menyenangkan bagi siswa namun terkadang beberapa cara hanya efektif jika diterapkan pada situasi dan kondisi tertentu. Berikut:

9 Cara menjadi guru yang menyenangkan bagi siswa

1. Guru Harus Tegas Bukan Keras
Banyak guru yang dalam mendidik siswanya menggunakan cara-cara yang keras sehingga muncul trauma dalam diri siswa jika diajar oleh guru tersebut. bentuk kekerasan yang biasanya dilakukan oleh sebagian guru seperti mencubit siswa, memukul, menghardik dengan kata-kata yang tidak baik. kondisi atau pola pengajaran seperti ini justru akan menciptakan tekanan mental bagi siswa sehingga pembelajaran terkesan kakuh dan potensi yang dimiliki siswa juga akan sulit untuk tereksplorasi. Oleh karena agar bisa menjadi guru yang menyenangkan seorang guru tidak boleh keras namun harus tegas, karena keras dan tegas memiliki makna yang sangat berbeda. Guru yang tegas adalah guru yang biasanya telah membuat suatu aturan cara mengajar yang telah dipahami siswanya.

2. Lemah Lembut Dalam Mengajar dam Mendidik Siswa
Siswa adalah pribadi yang memiliki kepekaan hati, sekali saja siswa dimarahi maka bisa jadi akan sangat sulit dilupakan oleh karena itu guru harus meminimalisir berbagai hal yang berpotensi menyababkan siswa mengalami down dalam pembelajaran. Untuk itu guru dalam mengajar sebaiknya menampilkan sikap yang lemah lembut terhadap siswanya, dengan sikap lemah lembut pembelajaran lebih menyenangkan serta lebih kondusif serta siswa akan merasa lebih termotivasi untuk belajar. selain itu ketika mengajar dengan cara lemah lembut secara konsisten maka akan menghadirkan mindset dalam diri siswa bahwa guru tersebut sangat menyenangkan dan bersahabat, sehingga tidak ada rasa was-was ketika siswa ingin bertanya, berpendapat dan bahkan siswa mau berbagi hal yang lebih bersifat pribadi kepada guru tersebut.

3. Menjadi Guru Teladan
Untuk menjadi guru yang menyenangkan bagi siswa seorang guru harus menjadi contoh bagi siswanya atau menjadi teladan bagi siswa, tidak hanya menjadi guru yang mengarahkan dan mengajarkan teori namun lebih dari itu guru harus tampil sebagai suri tauladan sehingga siswa bisa meniru perilaku gurunya. misalkan ketika meminta muridnya disiplin maka gurulah yang harus menunjukan perilaku disiplin terlebih dahulu, ketika guru meminta siswanya datang tepat waktu ke sekolah maka seorang gurulah harus memberi contoh kepada siswanya dengan tidak datang terlambat kesekolah. Dengan memperlihatkan perilaku yang santun dan bersahabat serta merealisasikan segala ucapannya sejatinya guru telah mengajar siswanya tentang bagaimana bersikap dan berperilaku yang baik dan benar. Karakter guru yang demikian akan mampu menyentuh hati siswanya dan membuatnya menjadi guru yang dirindukan dan menyenangkan.

4. Guru harus mampu memposisikan dirinya dalam banyak situasi
Peran guru di sekolah sangat sentral jadi tak heran jika sebagian orang mengatakan bahwa guru adalah orang tua kedua bagi siswa. Tidak hanya memposisikan diri sebagai guru, kadang dalam keadaan tertentu atau situasi tertentu seorang guru harus mampu menempatkan dirinya dalam berbagai sudut pandang, misalkan terkadang guru harus tampil sebagai orang tua bagi siswa, guru memposisikan diri sebagai sahabat bagi anak didiknya, guru menjadi pemimpin bagi anak didiknya, menjadi motivator, menjadi mediator dan menjadi katalisator bagi siswanya, dengan mampu memposisikan diri dalam berbagai situasi guru akan menjadi sahabat bagi anak didiknya, selalu menjadi solusi bagi masalah anak didiknya sehingga siswa merasa senang dengan keberadaan gurunya dan guru menjadi sosok yang menyenangkan bagi siswanya.

5. Guru Harus Inovatif dan Kreatif
Hal yang cukup sulit untuk dijaga dalam proses pembelajaran adalah semangat dan motivasi belajar siswa, apalagi ketika kondisi pembelajaran yang kurang kondusif seperti cuaca yang panas, sarana dan prasarana pendidikan yang kurang memadai. Solusi nyata yang bisa membangkitkan kembali motivasi dan semangat belajar siswa adalah kemampuan guru dalam menghadirkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan melalui ide-ide kreatif dan inovatif sehingga siswa selalu bersemangat meskipun sarana dan prasarana sangat terbatas.

6. Perhatian dan komunikatif
Guru yang yang menyenangkan bagi siswa adalah guru yang selalu memberi perhatian kepada siswanya meskipun hal tersebut terlihat kecil dan basa-basi namun berangkat dari sikap perhatian inilah akan muncul rasa kagum dan cinta dari seorang siswa terhadap gurunya, selain itu guru harus komunikatif yakni mudah untuk menjalin komunikasi dengan siswanya sehingga tidak ada dinding pemisah yang membuat siswa merasa takut dan segang untuk berkomunikasi dengan gurunya.

7. Adil dan bijaksana dalam memperlakukan siswa
Sebagian guru terkadang tidak terlalu adil memperlakukan siswanya entah karena siswa tersebut anak orang kaya, anak pejabat atau anak kepala sekolah hal itu sangat tidak bijak dan membuat merasa siswa tidak adil. oleh karena itu sebagai seorang guru harus bisa adil terhadap semua siswa tanpa terkecuali dan selalu tampil bijaksana dalam menyelesaikan setiap masalah sehingga membuat siswa merasa diperlakukan sama dan memperoleh hak yang sama. jika hal tersebut bisa direalisasikan oleh guru tak telak kondisi kelas dan pembelajaran akan selalu menyanangkan siswa.

8. Menjadi Guru Yang Kekinian
Menjadi guru yang kekinian maksudnya adalah guru yang selalu mengikuti perkembangan zaman, seperti mengetahui model pembelajaran terbaru, mengetahui berbagai teknologi pembelajaran yang terbaru, pekah terhadap isu-isu yang lagi hangat tentang pendidikan sehingga ilmu dan pengetahuan yang diajarkan oleh guru kepada siswanya selalu ter-up-to-date. karena tidak jarang kita menemukan guru yang mengajar dengan metode lama atau sudut pandang yang tidak terlalu efektif lagi jika digunakan dalam pola pengajaran sehingga sulit menemukan chemistry antara guru dan siswa.

9. Banyak tersenyum
Salah satu syarat mutlak untuk menjadi guru yang menyenangkan bagi siswa adalah harus banyak tersenyum dan selalu menampilkan gestur yang bersahabat bagi siswa. senyuman seorang guru mampu menghangatkan suasana  dan menyemangati siswa. jadi sebagai seorang guru akan lebih bijak jika murah senyum kepada siswa, hal ini akan membuat siswa iba dan simpati kedapa gurunya.

Demikianlah 9 Cara Menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa, sebenarnya masih banyak lagi cara, tip dan trik agar  bisa menjadi guru yang menyenangkan bagi siswa namun pada artikel ini hanya fokus membahas 9 Cara Menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa secara umum.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon