Saturday, 21 January 2017

6 Cara Penulisan Buku siswa

Tags
Cara Penulisan Buku siswa_ Buku siswa tak dapat dipungkiri memberi andil dalam proses belajar siswa, buku siswa bisa menjadi bahan refrensi dalam pembelajaran selain itu buku siswa juga bisa memperkaya media dan sumber belajar siswa dan guru.

Baca juga:
Syarat-Syarat Dalam Menyusun / Membuat LKS (Lembar Kerja Siswa) 

Nagh oleh karena itu penulis dalam artikel ini akan sedikit berbagi tips bagaimana sih cara penulisan buku siswa yang baik dan benar. berikut ulasan cara penulisan buku siswa yang baik dan benar:

6 Cara Penulisan Buku siswa

6 Cara Penulisan Buku siswa
Cara Penulisan Buku siswa_ Beberapa petunjuk tentang  penulisan buku siswa menurut Collette & Chiappetta (dalam Mervin, 2003) antara lain:
 

1. Isi  
Isi buku siswa yang dibuat sesuai dengan keadaan sekarang, sesuai dengan tingkat usia siswa yang meliputi latar belakang dan perkembangan dari konsep dan prinsip serta relevan dengan siswa (misalnya kota atau desa).
 

2. Organisasi
Organisasi penulisan buku siswa,  topik dan sub topik memenuhi silabus/kurikulum, fleksibel dan materi dalam sub bab diorganisasikan dengan baik.
 

3. Tingkat bacaan
Penggunaan kalimat atau kata dalam buku siswa serta jenis dan ukuran huruf disesuaikan dengan tingkat usia siswa, kata-kata teknis diusahakan minimal, dan diterangkan dengan jelas.
 

4. Ilustrasi 
Ilustrasi dalam buku siswa sesuai dengan keadaan sekarang, foto harus jelas dan bermutu, ilustrasi sesuai dengan isi buku, judul halaman dan bab ditulis dengan baik dan tepat, ilustrasi berguna dalam pembelajaran dan ilustrasi ditempatkan secara strategis dalam teks.
 

5. Alat pembelajaran (latihan) 
Pada akhir satu atau dua sub topik dibuat pertanyaan yang disusun dengan baik dan berguna untuk review, cocok untuk jangkauan yang luas dari kemampuan siswa, kegiatan disarankan menantang dan memacu pemikiran.
 

6. Hiasan fisik dari buku siswa 
Agar supaya siswa termotivasi pada saat melihat buku siswa maka sampul buku siswa harus menarik, buku dibuat dengan baik dan tahan lama, ukuran buku sesuai, cetakannya menarik, mudah dibaca, rancangan halaman tidak kacau, dan kertas yang digunakan berkualitas baik.; Sementara buku siswa dalam penelitian ini memuat tujuan pembelajaran, isi, dan latihan-latihan soal.

Demikianlah artikel tentang bagaimana 6 Cara Penulisan Buku siswa yang bisa menjadi pedman bagi bapak atau ibu guru dalam menyusun buku siswa. semga bermanfaat

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon