Sunday, 16 October 2016

Dampak Positif dan Negatif Larangan Penggunaan LKS Bagi Peserta Didik

Tags
Dampak Positif Larangan Penggunaan LKS di Sekolah Bagi Peserta Didik_ Dunia pendidikan indonesia terus mengalami proses dinamisasi berbagai kebijakan ditetapkan pemerintah demi semakin maju dan meningkatnya kualitas pendidikan yang ada di indonesia, salah satu wacana yang sempat beredar hangat di masyarakat khusunya dikalangan kependidikan adalah terkait wacana  Larangan Penggunaan LKS di Sekolah Bagi Peserta Didik, tak telak hal tersebut menimbulkan pro dan kontra. namun suatu kebijakan takkan mungkin diambil tanpa pertimbangan yang matang apalagi jika kebijakan tersebut meyangkut eksistensi  pendidikan di indonesia.

Terkait Larangan penggunaan LKS, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendy merasa ada hubungan yang bias antara guru dengan penerbit LKS. “Sebaiknya putuskan saja hubungan dengan penerbit. Guru konsentrasi mengajar,” katanya. Selain itu menurut Muhadjir buku-buku resmi keluaran Kemendikbud juga sudah dilengkapi dengan butir-butir soal sehingga sudah bisa menghapus fungsi LKS. Muhadjir juga mengatakan dengan adanya LKS maka guru sering memberikan PR kepada siswanya. Alih-laih siswa mengerjakan soal itu di rumah, ternyata justru orangtua yang menyelesaikannya. Jadi menurut mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu LKS tidak bisa menjadi ukuran belajar siswa di rumah.

Sebenarnya keijakan larangan penggunaan LKS di sekolah selain memiliki dampak negatif juga memiliki dampak positif bagi peserta didik, adapun dampak negatif larangan penggunaan LKS di Sekolah Bagi Peserta Didik adalah berkurangnya sumber dan media belajar bagi siswa karena seperti yang kita ketehui bahwa fungsi LKS selama ini adalah sebagai sumber dan media pembelajaran penunjang bagi peserta didik. biasanya LKS berisi materi serta soal-soal latihan bagi siswa hal ini dapat memperkaya pengetahuan siswa dengan penggunaan LKS akan tetapi jika penggunaan LKS ditiadakan maka akan berpengruh pada kompetensi peserta didik.

Adapun dampak positif dari larangan penggunaan LKS memang cukup banyak seperti terealisasinya kebijakan pemerintah tentang sekolah gratis, karena jika sekolah menerapkan penggunaan LKS sudah pasti peserta didik harus merogoh kocek sendiri untuk membeli LKS dan juga kadang ada sebagian oknum guru yang menjadikan kegiatan jual beli LKS kepada peserta didik sebagai bisnis untuk meraih untung, selain itu dengan larangan penggunaan LKS pendidik akan lebih fokus mengajar dengan menggunakan handbook yang sudah terjamin kualitasnya dan dengan larangan penggunaan LKS peserta didik tidak terlalu dibebani untuk mempelajari beberapa buku sekaligus ketika belajar.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon