7 LMS (Learning Management System) Terbaik di Indonesia

LSM (Learning System Management) Terbaik di Indonesia_Tren pembelajaran berbasis online semakin populer di era milenial hal tersebut terlepas dari kehadiran berbagai teknologi yang mendukung berjalannya pembelajaran berbasis online/daring . Kehadiran pembelajaran online dinilai cukup membantu baik guru dan siswa karena proses pembalajaran tatap muka yang kadang mengalami berbagai kendala.

Pembelajaran online memang cukup efektif dan efisien dimana siswa maupun guru tidak perlu lagi  datang ke sekolah, cukup melalui smartphone atau komputer mereka bisa mengikut pembelajaran secara online. Saat ini ada begitu banyak aplikasi dan platform pembelajaran online yang menawarkan berbagai fitur-fitur menarik bagi siswa dan guru sehingga pembelajaran bisa lebih maksimal.

Pembelajaran online yang menerapkan Learning System Management (LSM) cukup diminati untuk digunakan sebagai sarana dalam pembelajaran online karena banyak fitur-fitur menarik yang bisa membantu guru dan siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.

Saat ini ada beberapa Learning System Management (LSM) yang banyak digunakan dalam pembelajaran online di Indonesia, Learning System Management (LSM) pastinya memiliki kelebihan sehingga diminati oleh guru dan siswa untuk digunakan. Lantas apa saja daftar LSM (Learning System Management) Terbaik di Indonesia.

LSM (Learning Management System) Terbaik di Indonesia

1. Ruang Kelas Ruang Guru

Pastinya kalian sudah kenal dengan bimbingan online Ruang Guru, bimbel online satu ini sudah sangat populer dikalangan siswa dan siswi Indonesia, bahkan berdasarkan data resmi dari Ruang Guru jumlah siswa yang telah berlangganan dari Ruang Guru telah lebih dari 10 juta siswa. Maklum saja karena Ruang Guru memiliki berbagai fitur-fitur menarik yang membuat pelajaran menyenangkan.

sumber: blog.ruanggguru

Namun tahukah kalian kalau ternyata Ruang Guru juga memiliki Learning System Management (LSM) yang disebut dengan Ruang Kelas. Jadi melalui Ruang Kelas seorang guru bisa membuat kelas Virtual/Maya. Untuk membuat kelas Virtual/Maya di Ruang Kelas Ruang Guru kita hanya perlu mendownload aplikasi Ruang Guru baik di Smarthphone atau Komputer.

Jadi melalui Ruang Kelas Ruang Guru seorang guru bisa memberi materi, termasuk video beranimasi dan rangkuman, video pembelajaran juga bisa dipilih langsung dari ruang belajar Ruang Guru untuk dibagikan di Ruang Kelas Ruang Guru namun untuk bisa menggunakan video-video pembelajaran dari Ruang Belajar terlebih dahulu harus berlangganan Ruang Guru, namun tenang, dengan menggunakan Kode Diskon Ruang Guru SAMSURIDUMRAA, bisa mendapatkan diskon sampai 60%. Jadi pastikan kalian menggunakan Kode Diskon untuk bisa mendapatkan promo untuk akses Ruang belajar Ruang Guru. 

Baca juga: Kode Diskon Pahamify

Selain itu guru juga bisa memberi tugas pilihan ganda atau essay termasuk bisa mengambil soal dari bank soal Ruang Guru atau bisa buat soal sendiri. Selanjutnya guru juga bisa melakukan penilaian, termasuk penilaian pengetahuan dan sikap serta guru dan siswa bisa diskusi melalui kolom chat atau live teleconference.

Manfaat Ruang Kelas Ruang Guru bagi siswa adalah siswa bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru di Ruang Kelas Ruang Guru, selain itu siswa bisa mengerjakan tugas dan dapat mengetahui kapan batas pengumpulan tugas dari gurunya dan yang paling menarik adalah siswa bisa melihat hasil tegas yang diberikan selain itu siswa bisa diskusi dengan guru di kolom komentar atau chat dan mengikuti pembelajaran secara teleconference.

2. Google Classroom

Search Engine Google atau mesin pencari google sudah sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari, apapun hal yang mungkin kita tidak ketahui biasanya kita akan mencari tau melalui google. Google sendiri memiliki berbagai produk salah satunya adalah Google Class Room. Google Class Room juga merupakann Learning System Management (LSM).

Untuk membuat kelas Virtual/Maya cukup kalian kunjungi situs resmi Google Class Room. Google Class Room Google mengintergrasikan Google Drive, Docs, Sheets, Gmail dll untuk memudahkan penditribusian file sehingga memudahkan guru dan siswa untuk mengakses file-file dalam dokumen tersebut.

Melalui Google Class Room seorang guru juga bisa memberikan tugas, melakukan penilaian dan arsip pembelajaran, sebenarnya ada banyak fitur-fitur menarik dari google classroom yang bisa membuat pembelajaran lebih terintegrasi. Selain itu sistem kemanan data juga sangat privat, membuat anda tidak mesti khawatir akan kehilangan data. 

3. Moodle

Moodle merupakan aplikasi Gratis bagi pendidik, Moodle sendiri merupakan Plaftform Learning Management System (LMS) yang cukup populer Saat ini. sama halnya dengan Ruang Kelas Ruang Guru dan Google Classroom, melalui Moodle guru bisa membuat kelas maya/virtual. Selain itu Moodle juga dilengkapi dengan begitu banyak plugin-plugin gratisan yang bisa masukan di beranda agar bisa terkostumisasi yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kelas maya yang kalian buat. 

Moodle juga agak mudah untuk digunakan, sehingga anda tak perlu lama-lama untuk bisa beradapatasi menggunakan Moodle. Selain itu Moodle sangat mobile friendly sehingga sangat bersahabat untuk digunakan di smartphone kalian.

Dan yang paling penting Moodle juga dilengkapi dengan berbagai pilihan bahasa, sehingga bisa kalian pilih bahasa yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Serta Moodle juga memiliki fitur pelacakan yang memungkinkan kalian untuk mengukur kemajuan belajar kalian.

4. Schoology

Selanjutnya salah satu Learning Management System yang sering digunakan dalam pembelajaran daring atau pembelajaran online adalah Schoology, jadi Schoology juga memungkinkan guru dan siswa untuk membuat, mengelola, dan saling berinteraksi serta berbagi konten akademis. Schoology juga memberikan akses pada guru dan siswa untuk peresensi secara online, pengumpulan tugas, latihan soal dan media sumber belajar yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Schoology memiliki beberapa kelebiham, misalnya; guru dapar mengirim pembaharuan ke group, pesan pribadi, dan memberikan umpan balik ke siswa. Siswa juga bisa bisa terus mengakses materi secara online dan berkolaborasi dengan rekan-rekan juga dapat belajar mandiri.

Untuk masalah aplikasi Schoology, bisa di download untuk smartphone baik berbasis android dan berbasis Ios. Dan juga bisa diakses melalui Komputer dengan mengunjungi situs resmi Schoology, sehingga bisa dikatakan Schoology cukup praktis.

5. Rumah Belajar

Kalian mungkin sudah kenal dengan LMS yang satu ini, Yup! Rumah belajar merupakan Learning Management System yang dikelola oleh pemerintah dan Gratis! Untuk mengakses Rumah Belajar, bisa dilakukan melalui Komputer atau kalian bisa download langsung aplikasi Rumah Belajar di Smartphone kalian.

Materi yang tersedia di Rumah belajar berupa video pembelajaran, bank soal, dan berbagai fitur menarik lainnya.Rumah belajar menyediakan materi untuk tingkatan sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

Melalui Rumah Belajar guru juga bisa membuat kelas virtual atau kelas maya yang bisa digunakan sebagai sarana untuk belajar berbasis online oleh siswa. Karena merupakan aplikasi yang dikelola langsung oleh pemerintah pastinya Rumah belajar terus dikembangkan agar bisa maksimal dalam membantu proses belajar siswa.

6. Sevima Edlink

Siapa sih yang tidak kenal dengan Sevima Edlink, LMS yang satu ini juga merupakan palftform belajar online karya anak bangsa. Melalui Sevima Edlink guru bisa membuat kelas virtual untuk kebutuhan belajar online.

Sevima Edlink juga menyediakan Absensi Online, Video Konprensi jarak jauh, jadwal perkuliahan online, Kuis interaktif, sharing materi, diskusi, kuliah online dengan mudah, rekap absen mahasiswa dan berbagai kelebihan lainnya.

7. The Academy LMS

Siswa kalian suka bermain games? kalau iya, sepertinya kalian perlu mencoba salah satu Learning Management System yang satu ini, yakni The Academy LMS. The Academy LMS menawarkan pembelajaran online seperti sedang bermain game, sehingga siswa bisa merasa lebih asyik dan senang dalam mengikuti pembelajaran online.


Misalnya saja jika kalian telah mengerjakan dan mengumpulkan tugas maka kalian akan mendapatkan poin sebagai bentuk reward, selain itu ada tingkatan atau level yang akan membuat kalian mendaptkan lencana, sehingga terkesan sebagai bentuk prestasi atau pencapaian yang bisa membuat siswa lebih semangat lagi belajar.

Demikianlah artikel tentang LMS (Learning Management System) Terbaik di Indonesia, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda semua.

0 Response to "7 LMS (Learning Management System) Terbaik di Indonesia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close