7 Tips Belajar Online (Daring) yang Efektif dan Mudah Dipahami

7 Tips Belajar Online (Daring) yang Efektif dan Mudah Dipahami_ Belajar tidak melulu berada di ruang kelas atau bertatap muka langsung dengan guru. Di era modern seperti saat ini, Teknologi memiliki peranan yang besar dalam dunia pendidikan sehingga memungkinkan siswa bisa belajar melalui smartphone atau komputer, dengan menggunakan bantuan jaringan internet atau biasa disebut dengan belajar daring.

Di era revolusi industri 4.0 belajar daring atau belajar online sudah menjadi hal yang lazim, belajar daring bukan tanpa kendala, kadangkala beberapa siswa atau peserta didik bermasalah dengan kondisi jaringan di tempat tinggalnya atau siswa belum memiliki perangkat elektronik, baik berupa HP atau komputer yang bisa digunakan untuk mengikuti pembelajaran berbasis daring. 

Kondisi tersebut, menjadi tantangan tersendiri bagi guru dan seluruh stakeholder pendidikan dalam mencari solusi, Bagaimana cara memaksimalkan pembelajaran berbasis daring agar bisa di ikuti oleh siswa tanpa terkecuali.

Selain masalah keterbatasan perangkat elektronik yang bisa digunakan peserta didik untuk mengikuti kuliah daring, serta tidak meratanya jaringan seluler, masih ada kendala klasik yang menjadi masalah bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis online atau daring yakni untuk mengikuti pembelajaran berbasis daring siswa atau peserta didik harus memiliki kuota internet. Namun seperti yang kita ketahui harga kuota internet cukup lumayan mahal, apalagi pembelajaran dilakukan secara online maka pastinya akan membutuhkan banyak kuota internet.

Pembelajaran daring selain mengalami kendala secara teknis, terdapat pula beberapa kendala terkait kemampuan siswa untuk memahami materi pelajaran yang mereka pelajari cara daring atau online. seperti yang kita ketahui belajar cara online membuat siswa tidak bisa bertatap muka langsung dengan tenaga pengajar atau guru, sehingga ada beberapa pengetahuan afektif kognitif dan psikomotor yang bisa jadi tidak bisa maksimal untuk dipahami oleh siswa.

Belajar hakikat nya adalah transfer of knowledge dan transfer of value, maksudnya adalah belajar bukan hanya tentang bagaimana siswa memahami dan mengaplikasikan suatu pengetahuan namun lebih dari itu, belajar adalah proses penanaman nilai-nilai dalam diri siswa.

Nilai-nilai yang dimaksud bukan angka-angka yang dilambangkan dengan suatu nominal akan tetapi nilai yang dimaksud adalah kemampuan atau pemahaman afektif yang harus dipahami oleh siswa misalnya nilai-nilai kejujuran tanggung jawab kemandirian disiplin dan lain sebagainya.

Lantas, Bagaimana cara cara belajar yang efektif melalui pembelajaran berbasis daring agar mudah dipahami oleh siswa baik dari segi pengetahuan secara holistik mulai dari ranah kognitif afektif dan psikomotor bisa di internalisasikan dalam diri siswa berikut tipsnya:

7 Tips Belajar Online (Daring) yang Efektif dan Mudah Dipahami

1. Fokus Mengikuti Pembelajaran
bukan rahasia lagi, bahwasanya salah satu kunci agar mudah memahami pelajaran, baik pembelajaran yang diikuti secara online maupun offline adalah dengan fokus mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru secara seksama. 

Jika kalian tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran, pastinya akan banyak materi pembelajaran yang tidak akan kalian pahami, apalagi jika proses pembelajaran berlangsung secara daring atau online dan dilaksanakan secara live sehingga penjelasan guru Kemungkinan tidak diulang, ditambah lagi jika banyak siswa lain yang yang ikut dalam proses pembelajaran secara online atau daring.

Maka dari itu sebaiknya kalian menyingkirkan hal-hal yang bisa mengganggu fokus kalian dalam mengikuti pembelajaran secara online Misalnya; smartphone kalian Sebaiknya di  simpan untuk sementara selama mengikuti pelajaran kecuali yang kalian gunakan untuk mengikuti pembelajaran adalah smartphone.

2. Memahami Bahwasanya Belajar Merupakan Sebuah Tanggung jawab
Pembelajaran secara daring, dibedakan menjadi dua yakni pelajaran secara langsung (LIVE) dan pembelajaran dengan nonton video rekaman.  apabila pembelajaran dilakukan secara langsung maka kemungkinan Siswa masih akan taat untuk mengikuti pembelajaran.

Namun apabila pembelajaran secara daring dilakukan dengan siswa menonton video rekaman yang ditayangkan di televisi atau di saluran internet bisa jadi siswa tidak akan bersungguh-sungguh mengikuti pembelajaran karena guru tidak akan bisa memastikan siswa mengikuti pelajaran atau tidak.

Namun sebagai siswa yang baik, kalian harus menanamkan prinsip dalam diri kalian bahwasanya pelajar merupakan sebuah tanggung jawab dan belajar adalah kunci untuk meraih mimpi-mimpi kalian, maka dari itu meskipun guru tidak bisa mengetahui secara langsung kalian belajar atau tidak, akan tetapi sebaiknya kalian tetap mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh dan penuh dengan rasa tanggung jawab baik itu terhadap diri kalian terhadap orang tua terhadap tugas yang diberikan Guru.

3. Mencari Suasana Nyaman dan Tenang dalam Mengikuti Pembelajaran Secara Online 
Seperti yang kita ketahui, pembelajaran secara online atau daring pada awalnya sebagian siswa akan merasa senang dan gembira karena mereka tak perlu lagi ke sekolah untuk mengikuti pelajaran. Namun pembelajaran Daring yang terkesan satu arah dan tidak adanya unsur emosi antara pendidik dan peserta didik, membuat siswa akan mudah jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran

Apalagi, jika pembelajaran daring tidak dilakukan secara langsung atau  hanya berupa format video rekaman yang harus disaksikan atau ditonton siswa atau guru hanya memberikan tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh siswa, pastinya lama-kelamaan pembelajaran secara online akan membuat siswa menjadi jenuh.

Lalu bagaimana agar tidak mudah jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran secara online, kalian bisa atau Sebaiknya dalam mengikuti pembelajaran online mencari suasana nyaman dan tenang misalkan belajar di alam terbuka atau belajar di tempat yang nyaman.

Selain itu Anda juga bisa menyiapkan cemilan dan minuman sebagai teman belajar Anda, sehingga kalian bisa menikmati pembelajaran secara daring atau online

4. Mencatat Hal-hal yang Penting
Belajar secara daring atau online pastinya berbeda dengan proses pembelajaran dalam kelas, yang dimana siswa akan bertatap muka langsung dengan gurunya serta ada unsur emosi antara guru dan siswa

Namun jika belajar secara online pembelajaran kemungkinan memiliki banyak gangguan, Misalnya saja apabila pembelajaran diikuti oleh banyak siswa, pastinya pembelajaran secara daring akan ribut sehingga tidak semua penjelasan guru bisa didengarkan dengan baik.

Untuk mengantisipasi materi yang kemungkinan akan mudah kalian lupakan apalagi jika pembelajaran Daring dilaksanakan secara live, maka sebaiknya Anda membuat catatan catatan tentang hal-hal yang penting terkait materi pelajaran yang diajarkan oleh guru kalian.

Sehingga Setelah pembelajaran selesai kalian bisa mengulang-ulang materi atau pelajaran yang disampaikan oleh guru kalian sehingga benar-benar bisa kalian pahami dengan maksimal.

5. Memastikan Jaringan Internet, Kuota Internet dan Smartphone atau Komputer yang akan digunakan untuk Belajar Online dalam Kondisi Bagus atau Siap digunakan 
seperti yang telah dibahas dalam pembukaan artikel di atas, bahwasanya ada beberapa kendala yang menjadi pemicu tidak maksimalnya pembelajaran secara online, misalnya; jaringan internet yang tidak stabil, kuota internet yang tidak cukup banyak untuk mengakomodasi pembelajaran secara online, maupun kondisi smartphone dan komputer yang tidak layak untuk digunakan dalam mengikuti pembelajaran secara online atau daring.

Oleh sebab itu sebaiknya, sebelum jam  dan hari yang telah ditentukan oleh guru, untuk melaksanakan pembelajaran secara online bersama kalian, terlebih dahulu silakan kalian pastikan Apakah jaringan internet di tempat kalian stabil atau tidak apabila tidak stabil sebaiknya, Cari tempat atau lokasi di mana jaringan internet di tempat tersebut bagus.

Selain itu pastikan, kuota internet kalian cukup untuk mengikuti pembelajaran secara daring atau online mulai dari awal sampai akhir dan terakhir cek kondisi smartphone dan komputer kalian apa layak atau tidak untuk digunakan mengikuti pembelajaran online.

6. Rekam Layar atau Monitor Komputer atau Smartphone kalian
Saat ini beberapa aplikasi bisa digunakan untuk merekam percakapan atau video.  Sebagai Langkah Cerdas dan Agar kalian bisa mengulang pembelajaran yang disampaikan oleh guru kalian secara online dan live atau siaran langsung, kalian bisa menggunakan aplikasi rekam layar sehingga kalian bisa mengulang ulang pembelajaran yang disampaikan oleh guru kalian.

Dengan begitu kemungkinan materi pembelajaran yang tidak kalian pahami saat mengikuti pembelajaran online secara langsung bisa kembalikan yang cari tahu dengan cara putar video rekaman yang kalian rekam saat pembelajaran secara langsung dilakukan.

7. Ikuti Bimbel Online sebagai Alternatif Tambahan
Saat ini ada begitu banyak bimbel online berkualitas dengan biaya terjangkau bahkan bisa dikatakan murah, misalnya saja bimbel Ruang Guru, Zenius Quipper Dll. Jika kalian proses belajaer secara daring tidak maksimal kalian bisa Ikuti Bimbel Online sebagai Alternatif Tambahan.

Baca juga: Kode Diskon Ruang Guru

Demikianlah artikel tentang tips belajar online yang efektif dan mudah memahami pembelajaran semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua

0 Response to "7 Tips Belajar Online (Daring) yang Efektif dan Mudah Dipahami"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close