Cara Mendaftar dan Mendapatkan Kartu Prakerja [Panduan Lengkap] 2020

A. Apa itu Kartu Prakerja? 
Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Karena kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya. Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi. Karena hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh, dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Gotong royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju.

B. Untuk siapa Kartu Prakerja? 
Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar. Karena kami percaya, belajar dan berlatih semestinya tak mengenal usia. Lifelong learning. Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda. Karena langkah pertama di dunia kerja akan membawa pada langkah-langkah selanjutnya yang lebih gemilang di masa depan.

C. Cara Mendaftar dan Mendapatkan Kartu Prakerja [Panduan Lengkap]

1. Masuk atau kunjungi situs [prakerja.go.id]
Pertama-tama untuk mendaftar dan mendapatkan kartu prakerja, silahkan anda kunjungi atau masuk ke situs pendaftaran kartu prakerja: prakerja.go.id

Setelah kalian mengunjungi atau masuk ke situs [prakerja.go.id] maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:



Setelah muncul tampilan seperti di atas, selanjutnya ada pilihan yang bertuliskan "Lihat Caranya" dan "Daftar Sekarang" jika kalian belum paham cara daftarnya silahkan klik tulisan "Lihat Caranya" atau bisa kalian lihat cara daftar kartu prakerja melalui artikel ini.

Jika kalian telah siap mendaftar kartu prakerja, silahkan kalian klik tulisan "Daftar Sekarang" seperti yang muncul pada tampilan gambar di atas.

2. Masukan Nama Lengkap, Alamat Email dan Pasword
Selanjutnya setelah kalian mengklik tulisan daftar maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini;. Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini, silahkan kalian masukan Nama Lengkap, Alamat Email dan Pasword. Periksa kembali nama, email dan pasword yang kalian masukan dan pastikan sudah benar, jika sudah yakin benar silahkan kalian klik tulisan "Daftar"


Note: Usahakan nama yang kalian masukan sesuai dengan nama anda yang tertera di KTP anda, Email yang anda masukan usahakan email yang masih aktif dan masukan pasword yang mudah kalian ingat (misalnya: kombinasi tanggal lahir angka dan huruf atau nomor Hp anda).

3. Cek Email Untuk Verifikasi Akun
Setelah kalian mengklik tulisan "Daftar" silahkan kalian buka email anda, setelah itu periksa email anda apa sudah ada email masuk dari prakerja.go.id. Jika sudah ada email yang masuk selanjutnya silahkan buka email tersebut dan lakukan verifikasi email.



Bagi yang bingun bagaimana cara verifikasi email, caranya mudah saja setelah kalian membuka email dari kartu prakerja selanjutnya silahkan kalian klik tulisan berwarna biru atau link warna biru yang bertuliskan : http//: dan seterusya seperti yang ditunjukan oleh tanda panah warna merah di atas.

4. Verifikasi Berhasil
Jika kalian telah mengklik link biru seperti yang ditunjukan tanda panah di atas, maka kalian telah berhasil melakukan verifikasi. Jika verifikasi berhasil maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Tanda verisikasi berhasil untuk mendaptkan kartu prakerja adalah akan muncul tulisan "Email Tervefikasi" seperti pada contoh gambar di atas.

5. Kembali ke Website dan Masukan Email dan Pasword Kamu
Jika email anda telah berhasil terverifikasi, selanjutnya silahkan Kembali ke Website "prakerja.go.id"dan Masukan Email dan Pasword Kamu.



Setelah kalian memasukan email dan pasword, selanjutnya silahkan kalian mengklik tulisan login seperti yang ditunjuk tanda panah pada gambar di atas.

6. Masukan Nomor KTP dan Tanggal Lahir
Setelah kalian login maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Jika sudah muncul tampilan seperti di bawah ini, silahkan anda Masukan Nomor KTP dan Tanggal Lahir.



Masukan nomor KTP ke kolom yang ditunjukan tanda panah pada gamabr di atas, selanjutnya setelah Masukan nomor KTP dan tanggal lahir, silahkan kalian klik tulisan berikutnya seperti yang ditunjukan tanda panah pada gambar di atas.

7. Isi Data Diri, Upload Foto KTP dan Swafoto dengan KTP
Setelah anda klik tulisan berikutnya seperti yang ditunjukan tanda panah pada gambar di atas, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:



Selanjutnya silahkan kalian Isi Data Diri, Upload Foto KTP dan Swafoto dengan KTP, periksa kembali data data yang telah kalian masukan dan pastikan data yang kalian masukan sudah benar sebelum lanjut ketahapan selanjutnya.

8. Masukan Nomor Telepon dan Verifikasi Kode OTP
Setelah anda mengklik selanjutnya/berikutnya maka akan munucl tampilan seperti di abwh ini, selanjutnya silahkan Masukan Nomor Telepon dan Verifikasi Kode OTP.



Setelah kalian memasukan nomor Hp kalian ke kolom yang ditunjukan tanda panah merah seperti pada contoh gambar di atas, selanjutnya silahkan klik tulisan "KIRIM" setelah itu akan dikirim kode OTP ke HP anda dan gunakan kode tersebut untuk verifikasi.

9. Ikuti Tes Online
Tahap selanjutnya adalah mengukuti tes online, namun sebelum kalian mengikuti tes online, sebaiknya kalian mempelajari terlebih dahulu tentang "Tes Bakat dan Minat"


Petunjuk tentang tes bakat dan minat bisa anda ketahui baik sebelum pengerjaan dan mengenai tes seperti yang ditunjukan tanda panah pada gambar di atas. Jika sudah paham tentang tes bakat dan minat dan sudah siap mengerjakan tes online, silahkan kalian klik tulisan "Mulai Sekarang". Setelah kalian mengklik tulisan mulai sekarang maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:



Setelah muncul soal-soal, silahkan anda jawab dengan benar. Usahakn baca dengan teliti sebelum menjawab, jika sudah yakin dengan jawaban yang anda pilih klik tulisan "Berikutnya" untuk menjawab soal selanjutnya. Silahkan jawab semua soal yang diberikan.





Setelah anda selesai menjawab semua soal slahkan anda kembali ke dashboard seperti yang ditunjukkan tanda panah pada gambar di atas.

10. Gabung ke Batch yang Tersedia 
Selanjutnya silahkan kalian Gabung ke Batch yang Tersedia , usahkan pilih Batch yang sesuai dengan lokasi anda. Jika sudah ada Btach yang sesuai dengan lokasi anda, silahkan klik tulisan gabung, seperti yang ditunjukan tanda pamah pada gambar di bawah


11. Pilih Platform Digital
Setelah itu silahkan anda pilih Platform Digital yang menjadi mitra kartu prakerja. Salah satu mitra kerja pelatihan dati kartu prakerja adalah Skill Academy yang dikelola oleh Ruang Guru


12. Memasukan E-Wallet Untuk Insentif
Terakhir agar bisa mendapatkan dana dari kartu prakerja yang anda miliki adalah dengan Memasukan E-Wallet Untuk mendapatkan Insentif


Demikianlah artikel tentang Cara Mendaftar dan Mendapatkan Kartu Prakerja [Panduan Lengkap] 2020, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda semua.
https://blog.ruangguru.com/cara-daftar-kartu-prakerja-nggak-susah-kok https://skillacademy.com/prakerja
sumber: https://www.prakerja.go.id/

0 Response to "Cara Mendaftar dan Mendapatkan Kartu Prakerja [Panduan Lengkap] 2020"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close