7 Alasan Kenapa Banyak Siswa yang Ikut Bimbel Online

7 Alasan Kenapa Banyak Siswa yang Ikut Bimbel Online_ Bimbingan Belajar Online Makin Subur, Bukti Guru Gagal Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Siswa? Seiring kemajuan teknologi, memungkinkan proses belajar bukan hanya bisa dilakukan di dalam ruangan kelas, kemajuan teknologi telah memungkinkan siswa-siswa untuk belajar berbasis online baik menggunakan PC maupun menggunakan Smartphone.


Dalam pendidikan formal pada umumnya siswa memiliki jadwal sekolah mulai hari senin sampai hari jumat (Full Day School), Aktifitas sehari-hari siswa akan belajar banyak hal di sekolah melalui bimbingan guru yang mengajar di sekolahnya.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah dengan intensitas waktu sekolah dan belajar yang begitu padat bagi siswa! Lantas apa yang membuat banyak siswa-siswi justru masih memilih untuk ikut bimbingan belajar online?

Berdasarkan data yang ada terdapat puluhan juta siswa yang telah dan sedang ikut dalam bimbingan belajar online. Padahal jika dipikir-pikir, saat ini biaya sekolah sudah digratiskan oleh pemerintah namun kenapa masih banyak siswa yang rela keluar uang untuk ikut bimbingan belajar online yang justru memiliki sistem berbayar.

Sebut saja bimbingan belajar Ruang Guru, Quipper Video dan Zenius yang cukup populer dan banyak diminati oleh siswa-siswi di Indonesia. Bimbingan belajar tersebut mematok harga berlangganan yang bervariasi tergantung paket berlangganan yang dipilih oleh siswa.

Apakah banyaknya siswa yang ikut dalam bimbingan belajar online tersebut merupakan indikasi adanya sesuatu yang bermasalaah dengan cara pengajaran yang dilakukan oleh sebagian guru-guru? Namun mari kita berhenti berandai-andai dan mencoba melihat kondisi tersebut dengan kacamata yang positif.

Bisa jadi penyebab siswa banyak yang ikut dalam bimbingan belajar online selain karena kebutuhan belajar yang sepenuhnya belum terpenuhi di lembaga pendidikan formal, namun ada beberapa alasan yang bisa menjadi pemicu kenapa banyak siswa yang saat ini terdaftar sebagai anggota bimbingan belajar online.

Baca juga: Kode Diskon Ruang Guru

Ada beberapa hal yang kemungkinan menjadi alasan kenapa banyak siswa yang ikut dalam bimbingn belajar online; berikut beberapa hal tersebut. Penyebab siswa banyak ikut dalam bimbingan belajar online

7 Alasan Kenapa Banyak Siswa yang Ikut Bimbel Online

1. Belajar Melalui Bimbingan Belajar Online Lebih Efektif
Maksudnya adalah siswa jika belajar secara onine bisa me-rewind atau mengulang-ulang materi pelajaran yang belum di pahaminya beda halnya jika belajar dalam kelas yang kemungkinan guru hanya akan mengulang materi yang diajarkannya 1-2 kali.

2. Belajar Melalui Bimbingan Belajar Online Lebih Efisien
Bimbingan belajar online yang berbasis online memungkinkan siswa untuk mengakses materi atau video pembelajaran yang ingin dipelajari dimana saja dan kapan. Beda halnya jika belajar di sekolah yang proses belajarnya dilakukan bersama kelas

3. Belajar Melalui Bimbingan Belajar Online Lebih Praktis.
Belajar atau berlangganan bimbingan belajar online memungkinkan siswa mengakses materi atau video pembelajaran menggunakan smartphone atau PC, jadi belajar siswa menjadi lebih praktis dan menyenangkan.

4. Bimbingan Belajar Online Menyediakan Banyak Fitur Belajar Bagi Siswa
Belajar melalui bimbingan belajar online juga menyediakan berbagai fitur belajar, misalnya saja belajar melalui video pembelajaran, belajar dengan materi-materi pelajaran, belajar try out dan banyak lagi fitur-fitur lainnya yang tersedia sehingga banyak siswa yang tertarik untuk mendaftar/berlangganan bimbingan belajar online

5. Terdapat Bank Soal
Kenapa banyak siswa yang ikut berlangganan dalam bimbingan belajar online? Salah satu alasannya adalah beberapa bimbingan belajar online menyediakan fitur bank soal, misalnya soal-soal ujian nasional beberapa tahun sebelumnya serta soal prediksi soal UN, sehingga siswa yang akan mengikuti UN banyak yang berminat ikut dalam bimbingan belajar online.

6. Biaya Berlangganan yang Terjangkau
Agar bisa ikut terdaftar dalam bimbingan belajar online siswa tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, biaya berlangganan bimbel online cukup terjangkau dan terkadang pula ada diskon atau promo dari lembaga bimbel online sehingga biaya berlangganan semakin murah. Selain itu juga terdapat pilihan paket belangganan yang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan siswa.

7. Sesuai Dengan Gaya Belajar Siswa Milenial
Generasi milenial yang sudah lekat dengan gadget/smartphone, membuat banyak generasi milineal yang lebih memilih bimbingan belajar online karena untuk belajar bisa dikases melalui gadget/smartphone dan bisa pula diakses melalui PC. Untuk mengakses fitur-fitur bimbel online juga sangat mudah sehingga siswa tidak kesulitan untuk belajar.

Demikianlah 7 Alasan Kenapa Banyak Siswa yang Ikut Bimbel Online, tulisan tersebut merupakan opini pribadi penulis, namun juga dianalisa berdasarkan fakta yang ada sehingga bukann sekedar opini yang tak berdasar. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua.

1 Response to "7 Alasan Kenapa Banyak Siswa yang Ikut Bimbel Online"

  1. Ijin dijadikan referensi tugas bahasa Indonesia ya Kak...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel