6 Tips Agar Kuat Berpuasa Selama Bulan Ramadhan

Tips Agar Kuat Berpuasa Selama Bulan Ramadhan_ Bulan Ramadan adalah salah satu bulan suci bagi Umat Islam, pada bulan Ramadan umat Islam akan melaksanakan puasa selama satu bulan penuh. Maklum saja karena puasa sendiri merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim yang sudah baligh.



Biasanya dalam melaksanakan puasa Ramadan, seorang muslim akan bangun sebelum subuh hari untuk makan sahur, agar bisa kuat menjalankan puasa mulai dari terbitnya Fajar sampai tenggelamnya matahari.

Puasa pada bulan Ramadan, pastinya akan memunculkan suasana berbeda dalam keseharian muslim, pasalnya jika selama 11 bulan mereka bebas untuk makan dan minum tanpa dibatasi oleh waktu, maka pada bulan Ramadan, umat Islam harus menahan lapar dan haus kurang lebih sekitar 12 jam setiap hari selama bulan Ramadhan.

Kondisi perubahan pola hidup bagi sebagian umat muslim selama bulan Ramadan yang harus menahan lapar dan haus, membuat sebagian umat muslim kewalahan atau tidak kuat menahan lapar dan haus atau dengan kata lain tidak kuat untuk berpuasa selama bulan Ramadan.

Lantas, Bagaimana sih cara cara agar bisa kuat berpuasa selama bulan Ramadhan dan mampu memperoleh pahala yang berlipat ganda selama bulan Ramadan? Berikut tips yang bisa kalian Coba lakukan agar kuat berpuasa selama bulan Ramadhan

6 Tips Agar Kuat Berpuasa Selama Bulan Ramadhan

1. Niat dan Sugesti Pikiran 
Ada sebuah ungkapan yang berbunyi seperti ini "segala sesuatu berawal dari niat" maka niat untuk melaksanakan puasa Ramadan, selama satu bulan penuh dengan sungguh-sungguh, harus anda Tanamkan dalam hati.

Dalam ilmu psikologi niat atau keinginan untuk melakukan sesuatu, sejatinya adalah proses mensugesti pikiran agar tubuh mampu berkonspirasi untuk mewujudkan apa yang diniatkan tersebut. semakin Anda meyakini bahwa anda bisa berpuasa selama bulan Ramadan secara penuh maka kondisi psikologis anda akan memberikan stimulus kepada tubuh agar kuat menahan lapar dan haus selama menjalankan puasa.

Maka dari itu, jangan pernah mensugesti diri anda bahwa anda tidak kuat berpuasa, karena jika anda berpikir demikian, maka tubuh anda akan merespon hal tersebut dan anda benar-benar tidak akan mampu berpuasa.

Jadi mulai sekarang yakinilah bahwa anda bisa berpuasa secara penuh di bulan Ramadan dengan niat untuk memperoleh Ridha dari Allah subhanahu wa ta'ala.

2. Makan Makanan yang Bergizi 
Makanan adalah salah satu penunjang seseorang, agar kuat menahan lapar dan haus selama seharian. Asupan makanan yang bergizi bagi tubuh, akan menjadi cadangan makanan bagi tubuh selama berpuasa seharian.

Maka dari itu Alangkah baiknya, Pada saat Anda sahur, anda mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi misalnya; ikan segar, daging segar, tahu dan tempe, telur, sayur-sayuran dan buah-buahan. Serta makanan-makanan yang mengandung banyak gizi.

Hindari makanan yang tidak bergizi atau makanan yang justru bisa memberikan dampak kurang baik bagi tubuh selama berpuasa, sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan junk food. kebiasaan Nabi Muhammad SAW saat bulan Ramadan adalah mengkonsumsi buah kurma yang dan ternyata memiliki kandungan gula atau kalori yang tinggi sehingga bisa membuat kita kuat untuk menjalankan puasa. Kebiasaan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam makan kurma selama bulan Ramadan bisa kalian coba terapkan agar kuat berpuasa selama bulan Ramadhan.

3. Minum Air yang cukup
Hal yang tak boleh kalian abaikan, selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan adalah minum air yang cukup. Menurut anjuran dokter sebaiknya minum minimal 8 gelas air sehari agar kebutuhan air bagi tubuh bisa terpenuhi.

Berdasarkan fakta, terkadang yang membuat seseorang tidak kuat berpuasa adalah karena merasa haus dan letih, maka dari itu sebaiknya nya kalian minum air delapan gelas sehari misalnya; pada waktu sahur kalian minum 2 sampai 3 gelas dan pada saat waktu berbuka puasa dan menjelang tidur kalian minum air 5 sampai 6 gelas.

Apalagi jika kondisi cuaca selama bulan Ramadan agak panas, pastinya akan membuat Anda cepat haus jadi sebaiknya Agar kalian bisa berpuasa secara penuh di bulan Ramadan, maka konsumsi air yang secukupnya setiap hari.

4. Memperbanyak Amalan-amalan Selama Bulan Ramadhan 
Ada banyak amalan-amalan yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan misalnya; berdzikir, mengaji, shalat sunnah dan lain-lain. Dan pada bulan Ramadan amalan-amalan yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya dibanding bulan bulan Biasanya.

Jadi amalan-amalan selama bulan ramadhan ini bisa menjadi kesempatan bagi anda untuk memperbanyak pahala yang bisa menjadi bekal kalian di akhirat nanti. Dengan memperbanyak melakukan amalan-amalan selama bulan Ramadan Anda juga tidak akan merasa bosan menunggu waktu berbuka puasa. Misalnya dengan mengaji, berdzikir, shalat sunah dengan begitu waktu tidak akan terasa berlalu hingga waktu berbuka telah tiba dan anda berhasil menjalankan ibadah puasa dengan sempurna.

5. Melakukan Aktivitas yang Bermanfaat 
Aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan misalnya menggeluti hobi. Jadi bagi kalian yang memiliki hobi pada bidang tertentu, bisa kalian lakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa namun.

Namun Sebaiknya dalam menjalankan hobi anda tidak membuat anda lalai, untuk menjalankan kewajiban Anda misalnya shalat atau sekedar mengaji dan berdzikir. Selain menggeluti hobi, anda juga bisa melakukan aktivitas bermanfaat lainnya misalnya; membantu atau membagikan takjil atau makanan berbuka puasa kepada orang-orang yang membutuhkan; misalnya kepada fakir miskin anak yatim peminta-minta dan lain-lain dengan begitu selain anda merasa waktu cepat berlalu Anda juga bisa mendapatkan pahala dari kegiatan bermanfaat yang anda lakukan tersebut.


6. Ngabuburit 
ngabuburit adalah hal yang lazim dilakukan oleh orang-orang selama bulan Ramadhan. Ngabuburit sendiri adalah kegiatan Mengisi waktu selamat menjalankan ibadah puasa misalkan; pergi naik motor keliling atau berkumpul dengan teman komunitas dan lain-lain.

Namun sebagai saran bagi Anda yang ingin ngabuburit, sebaiknya melaksanakan atau melakukan ngabuburit yang berfaedah misalnya ngabuburit mengunjungi masjid-masjid bersejarah sehingga keimanan Anda bisa bertambah.

jadi dalam melakukan aktivitas ngabuburit tinggal Anda menilai sendiri aktivitas yang mana bisa memberikan pahala bagi anda dan aktivitas mana yang tidak memberikan pahala bagi anda. ngabuburit bareng teman pastinya asyik dan menyenangkan sehingga waktu tidak terasa dan berlalu sampai tiba waktu untuk berbuka puasa.

Demiakianlah artikel tentang Tips Agar Kuat Berpuasa Selama Bulan Ramadhan, semoga artikel tersebut bisa memberi manfaat untuk anda semua

0 Response to "6 Tips Agar Kuat Berpuasa Selama Bulan Ramadhan"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close