9 Tips Membuat Hati Selalu Bersyukur

10 Tips Membuat Hati Selalu Bersyukur_ "Kekayaan yang terbesar adalah hati yang selalu merasa cukup" ungkapan tersebut menyiratkan bahwasanya yang membuat seseorang berbahagia dengan hidupnya bukan karena mereka memiliki banyak harta, bukan karena mereka memiliki paras yang rupawan dan bukan pula karena mereka selalu mendapatkan apa yang mereka inginkan namun sejatinya kebahagian yang hakiki terletak di hati-hati mereka yang senantiasa bersyukur dengan berbagai anugerah dan karunia yang Allah limpahkan padanya.


Sifat dasar sebagian manusia yang selalu merasa kekurangan membuatnya kadang merasa tidak bersyukur, padahal ada begitu banyak nikmat yang telah Allah anugerahkan kepadanya. Perasaan kufur nikmat membuat nikmat-nikmat yang begitu banyak dari Allah menjadi seakan tidak berarti ketimbang dengan satu atau beberapa kekurangan yang ada pada dirinya.

Mengucapkan kata syukur memang mudah, namun untuk merealisasikan atau mengaktualisasikan dalam hidup itu yang butuh usaha dan perjuangan. Rasa syukur adalah dimana hati telah merasa lapang dengan berbagai takdir yang diberikan oleh Allah, sehingga tidak menuntut apalagi dengan demikian hati yang selalu bersyukur akan selalu merasa bahagia dan tenteram.

Lantas bagi anda yang saat ini masih belum bisa mengsyukuri berbagai nikmat yang Allah berikan, bagaimana caranya menumbuhkan rasa syukur dalam hati dan jiwa anda? berikut 10 Tips Membuat Hati Selalu Bersyukur.

10 Tips Membuat Hati Selalu Bersyukur

1. Merasa Cukup Dengan Apa yang Allah Berikan (Qanaah)
Sebenarnya perasaan sedih, gelisah, kecewa dan tidak bahagia disebabkan oleh harapan/angan/ekspekatasi anda yang terlalu besar terhadap sesuatu sehingga ketika apa yang anda inginkan tersebut tidak terwujud maka muncullah perasaan-perasaan tidak puas, kecewa, sedih dan tidak menerima dengan keadaan yang anda.

Kondisi hati yang tidak bisa menerima keadaan yang ada membuat hati merasa sesak dan sedih, hal tersebut membuat nikmat-nikmat yang luar biasa yang Allah anugerahkan menjadi tertutupi oleh beberapa hal yang tidak bisa anda miliki atau wujudkan dalam hidup anda.

Maka dari itu solusi yang sebenarnya untuk mengatasi kondisi jiwa yang terlalu berharap memiliki sesuatu adalah dengan senantiasa membuat hati anda merasa cukup, ridha, ikhlas dengan apa yang Allah berikan. Dengan bagitu hati anda akan merasa lebih ringan, tenang dan bahagia dalam berbagai kondisi yang ada dalam hidup anda.

2. Banyak-banyak menghitung Nikmat Allah
Tahukah apa yang membuat anda menjadi kurang bersyukur? Penyebabnya bukan lain karena anda terlalu fokus melihat apa yang kurang dalam diri anda. Terus menerus melihat apa yang kurang dalam hidup membuat anda selalu merasa kekurangan.

Padahal jika bandingkan antara jumlah nikmat yang Allah berikan ketimbang jumlah hal yang masih kurang pada diri anda sesungguhnya sangat terlampau jauh perbedaanya. Jadi bagaimana caranya agar anda bisa jadi lebih bersyukur? caranya mudah saja, anda hanya perlu mengalihkan fokus pikiran anda dari memikirkan apa-apa saja yang kurang dari diri anda menjadi fokus memikirkan nikmat-nikmat apa saja yang allah berikan kepada anda.

Dengan fokus memikirkan nikmat-nikmat Allah yang ada pada diri anda, maka anda akan merasa kaya dan merasa sangat bersyukur dengan diri anda sendiri. Jadi sejatinya untuk bisa berbahagia maka yang yang perlu anda rubah mulai saat ini adalah mindset atau cara pandang anda terhadap hidup ini, dari fokus melihat kekurangan mnjadi fokus melihat kelebihan anda.

3. Melihat orang yang jauh lebih susah hidupnya ketimbang anda
Bersyukur atau tidaknya anda tergantung pula dengan cara anda membandingkan hidup anda. Apa maksudnya? yakni jika anda sibuk membandingkan hidup anda dengan orang orang yang keadaannya jauh lebih baik dari anda maka sudah pasti anda akan merasa rendah diri (atau tidak bersyukur dengan apa yang anda miliki).

Hal tersebut karena anda melihat orang-orang yang jauh lebih baik dari anda dari segi penglihatan padahal yang menentukan bahagia atau tidaknya anda tergantung bagaimana anda bersikap dan menyikapi hidup anda.

Jadi mulai sekarang sebaiknya anda jangan terlalu fokus membandingkan diri anda dengan orang-orang yang ada di atas anda, tapi cobalah anda bandingkan diri anda dengan orang yang jauh kekurangan dari diri anda, cobalah bandingkan diri anda dengan yang saat ini sedang sakit keras, coba bandingkan diri anda dengan orang yang tubuhnya tidak sempurna (cacat) tapi masih semangat menjalani hidup, cobalah bandingkan diri anda dengan orang yang kondisi ekonominya jauh di bawah anda.

Dengan senantiasa membandingkan diri anda dengan orang yang kurang dari anda maka anda akan merasa sangat bersyukur telah Allah anugerahkan berbagai nikmat yang Allah berikan kepada anda. Maka dari itu kata kuncinya adalah untuk bersyukur lihatlah orang yang kurnag dari diri anda bukan sebaliknya karena jika sebaliknya maka anda akan menjadi kufur nikmat.

4. Bergaul dengan orang-orang positif
Teman sebenarnya akan sangat berpengaruh terhadap cara berpikir anda atau cara anda dalam melihat hidup ini. dalam riwayat nabi Muhammad SAW mengkiaskan bahwasanya "jika anda berteman dengan penjual parfum, maka jika kaliab tidak tertular menjadi penjual parfum maka setidaknya anda akan terciprat bau wangi dari parfum yang dijual teman anda namun sebaliknya jika anda berteman dengan pandai besi maka jika tidak menjadi pandai besi maka kemungkinan anda bisa jadi teciprat bau busuk dari besi yang sedang ditempah

Sehingga pemilihan teman bergaul akan menjadi penentu pembentukan sifat atau karakter anda, jadi jika anda ingin menjadi pribadi yang pandai bersyukur maka mulailah anda untuk berteman dengan orang-rang yang positif, agar energi-energi positif atau cara berpikir positif dalam memandang dunia akan membuat anda menjadi lebih optimis pula dalam menyikapi berbagai keadaan anda dalam hidup ini.

5. Memahami subtasi hidup ini
Jika anda saat ini sedang ditimpa masalah atau berbagai problematika hidup, maka anda harus menyadari bahwasanya memang hidup ini adalah tempat manusia untuk diuji, ujian-ujian kehidupan ini sejatinya bukan untuk melemahkan anda akan tetapi justru untuk menguatkan diri anda, sehingga bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Anda harus memahami bahwasanya ujian yang Allah berikan pada anda bukan karena Allah benci atau ingin melihat kalian kesusahan, akan tetapi justru dengan ujian-ujian tersebut Allah ingin melihat anda lebih baik lagi.

Allah tidak akan memberikan beban atau ujian melebihi kemampuan hambanya, jadi setiap masalah dan kesulitan yang anda hadapi saat ini akan sangggup anda lewati karena itu bergembiralah karena Allah berjanji bahwasanya bersama kesulitan ada kemudahan, bersama kesulitan ada kemudahan.

6. Memahami tujuan hidup ini
Dunia ini adalah kehidupan yang sesaat namun akhirat adalah tempat kembali yang kekal, bersyukurlah dengan berbagai masalah yang saat ini menimpa anda sehingga anda bisa justru menjadi ledih dekat pada Allah. Sesungguhnya masalah yang membuat anda menjadi lebih dekat kepada Allah jauh lebih baik dari kebahagian yang justru menjauh dari Allah.

Sesungguhnya bentuk kasih sayang Allah tidak selamanya dibungkus dengan hal-hal yang penuh dengan kebahagian dan kegembiraan namun kadangkala Allah membungkusnya dengan cobaan dan ujian namun pada akhirnya ujian dan cobaan tersebut tidak akan menjadi berarti ketika Allah telah menunjukan hadiah terindah yang hendak diberikan kepadanya lewat ujian tersebut.

7. Selalu Berbagi
Sebenarnya untuk bisa berbahagia dan bersyukur bukan dengan cara mendapatkan apa yang kamu inginkan akan tetapi dengan cara memberikan apa yang kamu miliki "Not about Take But Is About Giving"

Jadi agar bisa berbahagia dan bersykur maka sebaiknya anda mulai berbagi dan memberikan apa-apa yang anda miliki untuk membuat orang laian menjadi senang dan bahagia. ingatlah bahwasanya energi kebahagian yang muncul pada oranglain karena anda akan menjadi aliran energi positif bagi anda yang akan membuat anda selallu bahagia dan bersyukur.

8. Selalu tersenyum
Tersenyumlah dalam berbagai keadaan dalam hidup anda, karena tidak ada duka yang abadi dalam hidup ini, semua masalah yang anda hadapi pasti akan memiliki ujung, setiap masalah yang anda hadapi pastinya ada jalan keluarnnya.

Lewatilah hari-hari anda dengan perasaan penuh optimis, berbahagialah dengan diri anda, berbahagialah dengan apa yang anda punya saat ini, tersenyumlah, karena senyuman akan meringakan beban dalam hidup anda.

9. Menyakini takdir Allah
Terkhir agar anda bisa bersykur maka milikilah keyakinan bahwa yang Allah berikan pada anda saat ini adalah yang terbaik adalah yang paling tepat untuk anda. Dengan begitu anda bisa dengan berbesar hati menerima segala ketentuan dan ketetapan Allah, pada dasarnya semua pemberian Allah adalah baik walaupun terkadang ada beberapa hal yang anda tidak sukai namun yakinilah bahwa itu yang terbaik

Analogikan masalah dalam hidup anda seperti obat, obat rasanya pahit namun justru itu dapat menyembuhkan diri dari berbagai penyakit, maka seperti itu halnya dengan masalah. Masalah memang kadang perih dan pedih tapi justru itulah yang akan menjadi penawar dari diri anda

Demikianlah artikel tentang 9 Tips Membuat Hati Selalu Bersyukur, semog artikel ini bisa memberikan manfaat bagi anda semua

0 Response to "9 Tips Membuat Hati Selalu Bersyukur"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel