Thursday, 7 February 2019

6+ Tips Menjadi Orang Sukses

Tags
6+ Tips Menjadi Orang Sukses_Menjadi pribadi yang sukses dalam kehidupan ekonomi, social, keluarga dan religi merupakan dambaan semua orang. Tidak ada orang yang tidak ingin sukses dalam hidupnya, namun yang mesti kita pahami bersama bahwasanya beda masa pasti berbeda rintangan dan tantangan untuk bisa sukses.
 

Namun dalam merepresentasikan kesuksesan tidak hanya diukur dari banyaknya materi atau harta yang dimiliki seseorang akan tetapi kesuksesan meliputi dimensi materi, psikis dan religious. Kita tidak bisa menafikan bahwa ada sebagian orang yang secara materi bisa dikatakan sukses namun dalam dimensi lain hidupnya jauh dari kata sukses.

Ada yang memiliki banyak harta tapi secara psikis selalu merasakan tekanan, kegelisahan batin dan sebaliknya ada yang secara kasat mata memiliki keterbatasan ekonomi tapi secara psikis tak memiliki tekanan dan beban dalam menjalani hidup, bisa dikatakan mereka All Out dalam menjalani hidup.

Lantas bagaimana cara untuk mencapai titik kesuksesan sejati yang mencakup berbagai dimensi hidup dalam hidup ini? Agar bisa menjadi pribadi yang sukses maka perlu analisa mendalam tentang dimensi-dimensi kesuksesan dalam hidup ini.

Dimensi-Dimensi Kesuksesan

Sukses dalam hal ekonomi
Untuk sukses dalam hal ekonomi, maka kompetensi pertama yang harus dimiliki adalah kemampuan literasi. Di era revolusi industry 4.0 saat ini anda harus melihat/menangkap berbagai kebutuhan/skill yang dibutuhkan.

Sukses dalam bidang ekonomi bisa kalian lakukan dengan mempelajari berbagai ilmu-ilmu yang relevan dengan kebutuhan atau tantangan saat ini. Misalnya sala di era revolusi industru 4.0 peranan teknologi sangat signifikan dalam berbagai dimensi kehidupan manusia. Maka sudah pasti penguasaan terhadap teknologi informasi adalah hal yang urgent untuk dilakukan.

Suskes dalam hal psikis
Psikis adalah roh dalam diri seseorang, betapa banyak orang yang memiliki banyak materi tapi tidak terlihat bahagia dalam hidupnya. Hal tersebut tak lepas dari ketidakmampuan dirinya dalam memanajemen kalbu/hatinya.

Kesuksesan sejati sebenarnya terletak pada hati yang selalu tenang dan damai, karena hati yang tenang dan damai bisa memicu ekspresi kebahagian. Hal yang paling dicari oleh setiap orang adalah kebahagian hanya bisa dimiliki jika anda sudah dapat mensyukuri, bersabar dan ikhlas dengan segala apa yang anda miliki saat ini.

Sukses dalam hal religious
Sebagai insan yang menyakini akan keberadaan tuhan dalam hidup kita sebagai sosok creator dan dzat yang tunggal maka hubungian dengan sang pencipta harus selalu dibangun dengan mesra. Kita menyakini bahwa kehidupan dunia hanyalah tempat untuk mengumpulkan pahala yang bisa menjadi modal kelak setelah kehidupan dunia.

Kesuksesan secara psikis sangat tergantung dalam kemampuan menginternalisasi dimensi-dimensi religi dalam hidup ini. Religi dan psikis adalah dua hal yang senantiasa berkaitan satu sama lain, dalam hukum kasualitas (keselarasan) jika religi seseorang bagus (benar) maka psikisnya akan selalu merasakan ketenangan dan kedamaian.

Suskes dalam hal social
Hubungan dengan pencipta adalah hal yang penting namun jangan sampai kita melupakan garis horizontal dalam hidup ini, jika hubungan dengan tuhan diibaratkan dengan garis vertikal maka hubungan dengan manusia adalah garis horizontal.

Kesuksesan terhebat sejatinya bukan seberapa tinggin pencapaian yang bisa kamu raih untuk dirimu, namun kesuksesan sejati adalah seberapa bernilai/seberapa besar manfaat yang bisa kamu berikan untuk orang lain.

Sukses dalam hal keluarga
Keluarga adalah tempat untuk selalu kembali, suasana yang selalu dirindukan. Sehingga kesuksesan dalam ber-umah tangga sangat penting untuk dihadirkan.

Okey, sekarang kita bisa pahami bahwa kesuksesan adalah adalah asosiasi dari dimensi-dimensi yang beragam dalam hidup ini. Jadi bagaimana Tips Menjadi Orang Sukses. Berikut beberapa tipsnya.

1.Temukan fashion anda
Fashion adalah kesenangan, kegemaran/hobi, minat dan bakat. Anda tidak perlu memprioritaskan diri anda untuk menguasai semua hal namun cukup anda menfokuskan diri anda pada bakat dan minat yang anda miliki.

Ada banyak profesi di dunia ini dan sebagian orang yang bekerja sesuai dengan fashionnya sehingga mampu bekerja natingtulus dan menghasilkan karya-karya gemilang. Karena orang yang bekerja sesuai dengan hobinya tidak menganggap pekerjaanya sebagai beban melainkan sangat menikmati pekerjaanya.

2. Jangan bandingkan diri anda dengan oranglain
Faktor penghambat kesuksesan adalah ketika kalian adalah banyak membandingkan diri kalian dengan orang lain. Hal tersebut bisa memicu munculnya sikap rendah diri, pesimisme dan kurang bersyukur.

Mana mungkin kita bisa membandingkan dua hal yang berbeda, masalah yang kamu hadapi berbeda dengan masalah yang dihadapi oranglain, jadi sejatinya jika ingin membandingkan diri anda dengan ssuautu maka bandingkanalah diri anda dengan bagaimana keadaan anda di masalalu Dan jadikan mimpi-mimpi anda sebagai pelecut semangat untuk menggapai kesuksesan

3.Bergaul dengan orang yang visioner
Potensi perkembangan Kemampuan seseorang bisa diketahui melalui cara bergaulnya dan pemilihan teman bergaul. Dalam sebuah uangkapan mengatakan jika berteman dengan penjual parfum maka jika tidak menjadi penjual parfum maka setidaknya akan terkena percikan parfumnya. Jika berteman dengan pandai besi, jika tidak menjadi besi maka kemungkinan akan terkena percikan bau busuk dari besi.

Analogi tersebut mengisyaratkan bahwasaanya teman bergaul bisa menjadi penentu dari kesuksesan anda. Jadi jika ingin sukses maka kalian harus banyak berteman dengan orang-orang yang visioner. Yakni orang orang yang memiliki visi untuk menjadi orang sukses.

4. Pekah terhadap perubahan
Era digital membuat perubahan begitu cepat dan dinamis, jangan menjadi pribadi yang stagnan dan tidak perduli dengan perubahan. Perubahan akan menyeleksi orang-orang yang tidak mau peduli dengan perubahan. Ada banyak contoh-contoh kegagalan yang didapatkan oleh orang yang tidak mau berdamai dengan perubahan.

Perusahaan Kodak/Fujifilm yang dulu
memiliki ratusan ribu karyawan akhirnya gulung tikar karena tidak cepat menangapi perubahan yang ada, perusahaan nokia yang pernah menjadi raksasa ponsel pun akhirnya menjadi bangkrut karena tidak cepat beradaptasi dengan perubahan yang ada.

5.Analisis SWOT
Strength (kekuatan) yakni anda harus menganalisa apa kekuatan anda atau dengan kata lain memaksimlakan potensi diri.

Weaknes (kelemahan) Untuk sukses maka kamu harus tahu juga apa-apa saja yang emnjadi kelemahan kamu.

Oportunity (peluang) kemampuan melihat peluang adalah hal yang sangat penting dalam membangun suatu kesuksesan, namun jangan lupa mempersiapkan kesiapan karena peluang dan kesempatan adalah dua hal yang harus saling melengkapi untuk bisa sukses.

Tread (tantangan) untuk sukses maka kamu haru melihat tantangan-tantangan apa saja yang sedang kamu hadapi dan yang akan kamu hadapi dan kemudian mempersiapkan diri untuk mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan tantangan tersebut.

6. Kemampuan Berpikir tingkat tinggi
Kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thingking Skill/HOTS) adalah suatu komptensi yang mesti dipelajari untuk sukses. Dimensi dari HOTS adalah sebagai berikut:

Kemampuan Berpikir kritis: Dalam era yang serba dinamis kemampuan dalam berpikir kritis untuk mencapai sesuatu sangat penting

Kreatif dan inovatif: Saat ini untuk sukses tidak mesti jadi orang pintar, namun cukup menjadi orang-orang yang kreatif, coba lihat orang -orang kreatif mampu mencapai kesuksesan dari pemikiran kreatif yang dimilikinya. Misalnya seorang blogger youtuber dll mereka bisa mendapatkan penghasilan jutaan bahkan sampai miliyaran hanya dengan bermodalkan kreatifitas dalam menciptkan konten yang disukai oleh banyak orang.

Kemampuan Berkolaborasi: kolaborasi atau kerjasama adalah hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan yang besar. Lihat saja beberapa orang bisa sukses dengan modal kemampuan kolaborasi, sebut saja pendiri youtube, pendiri facebook dll. Kerjasama akan memunculkan berbagai ide dan gagasan dalam mencapai sesuatu.

Kemampuan berkomunikasi: Komunikasi adalah hal yang sangat urgent, begitu banyak orang yang mampu menjadi orang hebat dengan modal kemampuan berkomunikasi, jadi jangan pernah mengabaikan aspek komunikasi dalam membangun tangga-tangga kesuksesan anda.

Demikiankah artikel tentang cara menjadi orang sukses. Artikel tersebut merupakan hasil pemikiran pribadi penulis plus pengalaman penulis.  Jika ada yang kurang tepat mohon sarannya.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon