Bingung Milih Jurusan Kuliah? Berikut 6 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Bingung Milih Jurusan Kuliah? Berikut 6 Tips Memilih Jurusan Kuliah_ Setelah tamat SMA/SMK biasanya sebagian orang akan melanjutkan pendidikan di jejang perguruan tinggi, saat ini terdapat banyak perguruan tinggi yang bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan studi. Selain itu juga tersedia berbagai jurusan perkuliahan yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda.

source: Pexels
Namun tak jarang kita temui masih ada sebagian orang yang masih bingung untuk memilih jurusan kuliah. Dalam memilih jurusan kuliah memang tidak boleh asal-asalan karena jurusan kuliah yang dipilih akan menjadi penentu kesuksesan seseorang ke depannya.

Berdasarkan data dan fakta di lapangan saat ini ada banyak lulusan perguruan tinggi yang masih menganggur, bisa jadi salah satu penyebab mereka belum mendapat pekerjaan adalah jurusan kuliah yang dipilih saat kuliah kurang tepat, alhasil peluang kerja yang tersedia untuk jurusan yang dipilihnya sangat kurang, selain faktor minimnya peluang kerja faktor internal (faktor pribadi) misalnya; minimnya kompetensi dan skill yang mampu dikuasai saat kuliah.

Maka dari itu bagi anda yang ingin kuliah harus penuh pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah agar jurusan kuliah yang anda pilih bisa mengantarkan anda menuju kesuksesan dalam karier anda nantinya. Bagi anda yang masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah, berikut tips dalam memilih jurusan kuliah.

Bingung Milih Jurusan Kuliah? Berikut 6 Tips Memilih Jurusan Kuliah

1. Pilih Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Bakat dan Minat Anda
Menurut Ahli Bakat adalah potensi yang ada pada diri seseorang akan semakin menonjol apabila disertai dengan latihan atau dengan kata lain  bakat terus diasah, sedangkan minat adalah kecendrungan seseorang terhadap sesuatu, jadi minat antara setiap orang bisa saja berbeda semua tergantung dari kecendrungannya.

Lantas apa hubungan antara kesuksesan seseorang dengan bakat dan minatnya dalam hal pemilihan jurusan kuliah. Seperti yang kita ketahui seseorang yang melakukan pekerjaan atau beraktifitas sesuai dengan bakat dan minatnya tidak akan menganggap pekerjaan atau aktifitas yang dilakukannya sebagai sebuah beban melainkan orang yang bekerja sesuai dengan bakat dan minatnya akan sangat menikmati pekerjaan atau aktifitasnya.

Jadi orang yang mengambil jurusan kuliah sesuai dengan bakat dan minatnya akan sangat menikmati proses perkuliahannya, kuliah berdasarkan bakat dan minat juga akan semakin mempertajam, mengasah, memaksimalkan bakat dan ,inat yang dimilikinya sehingga bakat dan minat yang telah terasa akan menjadi modal pada diri seseorang bagi kesuksesannya ke depannya setelah dia lulus kuliah.

Seperti yang kita ketahui ada begitu banyak profesi yang ada dan ada begitu banyak orang yang sukses besar karena bekerja sesuai dengan bakat dan minatnya, kita ambil contoh salah satu orang terkaya di dunia yaitu Bill Gates dalam perjalanan kariernya saat dia masih kuliah bahkan sempat di drop out dari kampusnya namun dia terus bekerja dan beraktifitas sesuai dengan bakat dan minatnya hingga akhirnya bisa menciptakan perangkat lunak yang dinamakan microsoft.

Atau kita ambil contoh dari dunia olahraga misalnya Crishtiano Ronaldo yang merupakan salah satu atlet terkaya di dunia yang gajinya milyaran per minggu. Hal tersebut karena dia berusaha memaksimalkan bakat dan minat yang ada pada dalam dirinya.

Pertanyaannya apakah Bill Gates dan Crishtiano Ronaldo dulunya adalah orang yang pintar waktu masih sekolah atau kuliah? Bisa jadi tidak, hanya saja mereka mampu mengetahui bakat dan minat yang ada pada dirinya kemudian fokus untuk memaksimalkan potensi tersebut hingga bisa menjadi orang sukses.

Kesimpulannya adalah anda tidak perlu ikut-ikutan dengan orang lain jangan hanya karena sesseorang mengambil jurusan kuliah kedokteran karena tergiur peluang kerja yang luas dan gaji yang besar kemudian anda juga ikut-ikutan mengambil jurusan kedokteran padahal bakat dan minat anda bukan pada jurusan tersebut, alhasil anda tidak bisa menjadi versi terbaik dari diri anda karena melakukan sesuatu yang bukan menjadi bakat dan minat anda.

Maka dari itu sangat pemting sebelum memilih jurusan kuliah anda mengidentifikasi, mengamati, menganalisa bakat dan minat yang ada pada diri anda agar bakat dan minat anda tersebut bisa anda maksimalkan sehingga mengantarkan anda ke gpintu gerbang kesuksesan anda.

2. Pilih Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek Kerja yang Luas dan Banyak
Dalam memilih jurusan kuliah hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah bagaimana prospek kerja jurusan kuliah yang akan anda pilih karena beda jurusan kuliah berbeda pula dengan prospek kerja  yang tersedia. Tidak sedikit mahasiswa yang telah menyelesaikan kuliah namun sampai saat ini belum berhasil mendapatkan pekerjaan hal tersebut salah satu pemicunya adalah minimnya peluang kerja jurusan kuliah yang diambilnya saat kuliah.

Anda tidak mau bukan hal tersebut menimpah diri anda yang telah susah-susah berjuang kuliah bertahun-tahun kerja tugas, bayar uang kuliah yang mahal, dan begitu banyak perjuangan yang harus dilalui untuk menyelesaikan kuliah namunpada akhirnya setelah lulus kuliah tidak mendapatkan pekerjaan sesuai yang diharapkan. Hal tersebut kadang diartikan sebagai ekspetasi yang tak sesuai dengan harapan.

Maka dari itu sebelum memastikan memilih jurusan kuliah sebaiknya anda mencari informasi sebanyak-banyaknya baik dari internet, teman-teman atau orang-orang yang telah lebih dulu mengambil jurusan kuliah yang akan anda pilih tersebut jika memang jurusan kuliah yang akan anda pilih tersebut minim peluang kerja berdasarkan informasi yang anda dapatkan maka alangkah baiknya anda mencari opsi lain tentang jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja yang lebih menjanjikan terhadap karier anda ke depannya.

Terkadang banyak mahasiswa yang baru menyadari bahwa jurusan yang diambilnya kurang tepat atau keliru karena melihat fakta atau kondisi lapangan yang ada namun apa boleh buat nasi sudah jadi bubur, hal-hal tersebut sebenarnya bisa diminimalisir jika orang yang bersangkutan mengumpulkan banyak informasi tentang jurusan kuliah yang akan dipilihnya.

Jadi kesimpulannya anda harus banyak terlibat aktif mencari informasi tentang jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja yang menjanjikan sehingga jurusan kuliah yang anda pilih bisa menjadi tangga-tangga yang akan mengantarkan anda ke gerbang kesuksesan kehidupan anda.

3. Pilih Jurusan Kuliah yang dibutuhkan Saat Anda Lulus
Saat ini kita telah berada di era revolusi industri 4.0 dimana pada era saat ini ada begitu banyak pekerjaan yang lama-lama tergusur atau bahkan hilang karena tergantikan oleh kecanggihan teknologi. di era revoilusi industri 4.0 juga bermunculan pekerjan-pekerjaan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Berdasarkan kondisi tersebut sebagai calon mahasiswa anda harus mampu membaca peluang tentang jurusan kuliah yang akan banyak dibutuhkan ke depannya. Bisa jadi saat ini suatu jurusan kuliah lulusannya sangat dibutuhkan dan peluang kerja terbuka lebar. Namun bukan tidak mungkin 2 atau 3 tahun ke depan prospek kerja dari jurusan tersebut ternyata sudah tidak banyak dibutuhkan.

Jadi jangan hanya karena satu jurusan kuliah yang saat ini alumninya sangat dibutuhkan dalam dunia kerja lantas kamu ikut-ikutan memilih jurusan kuliah tersebut tanpa memperhatikan perubahan-perubahan yang bisa terjadi 2, 3 atau 4 tahun ke depannya, karena di era revolusi industri perubahan begitu cepat terjadi.

Seperti yang kita ketahui kuliah biasanya membutuhkan waktu 3 smpai 4 tahun, jadi tugas anda adalah me ncari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan kuliah yang lulusannya banyak diburtuhkan 4 tahun yang akan datang. Setelah anda mendapatkan informasi yang cukup tentang jurusan-jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja yang luas 4 tahun mendatang selanjutnya anda tinggal memilih diantara jurusan tersebut yang memang anda senangi atau sesuai dengan bakat dan minat anda. Dengan begitu kesuksesan akan mudah anda raih.

4. Pilih Jurusan Kuliah Sesuai dengan Kondisi Ekonomi Anda
Seiring waktu biaya yang  dibutuhkan untuk kuliah semakin besar, salah satu hal yang mesti jadi pertimbangan serius bagi anda yang belum memilih jurusan kuliah adalah akumulasi biaya kuliah yang dibutuhkan saat memilih jurusan kuliah tertentu.

Sebaiknya dalam memilih jurusan kuliah anda memperhatikan kondisi ekonomi anda. Usahakan memilih jurusan kuliah yang sesuai  dengan kondisi ekonomi anda karena tidak sedikit mahasiswa yang gagal menyelesaikan kuliah karena terkendala dengan biaya kuliah.

Jika anda dalam posisi tersebut yang terpaksa berhenti kuliah padahal sudah semester tinggi hanya karena biaya kuliah yang anda miliki tidak cukup lagi pasti anda akan sedih dan kecewa. Oleh karena itu sebelum memilih jurusan kuliah atau saat telah menentukan jurusan kuliah anda mengkalkulasi dana atau biaya kuliah yang dibutuhkan mulai dari awal perkuliahan sampai selesai, jika memang ternyata biaya kuliah yang dibutuhkan lebih tinggi dari kemampuan ekonomi anda maka sebaiknya anda mencari opsi jurusan kuliah yang sesuai dengan kondisi ekonomi anda.

Kesuksesan sebenarnya tak sepenuhnya dipengaruhi oleh jurusan kuliah yang bergengsi namun kesuksesan juga sangat ditentukan oleh kerja keras dan sikap pantang menyerah pada diri anda. Walaupun jurusan kuliah yang anda pilih biasa-biasa saja atau terkesan kurang diminati namun anda bersungguh-sungguh saat kuliah dan berproses yang hebat maka bukan tidak mungkin anda akan sukses besar walaupun jurusa kuliah anda biasa-biasa saja.

5. Pilih Jurusan Kuliah yang Sudah Terakreditasi oleh BAN-PT
Berdasakan fakta yang ada maasih banyak jurusan kuliah yang belum terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau beberapa jurusan sudah terakreditasi masih berstatus C, sehingga alumni atau lulusan dari jurusan tersebut kurang diminati dalam dunia kerja atau bahkan tidak bisa mendaftar dalam formasi pekerjaan tertentu karena terkendala akreditasi jurusan.

Kita ambil saja contoh penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Apratus Sipil Negara (ASN) yang salah satu syaratnya adalah pendaftar yang bisa mendaftar menjadi PNS dibeberapa daerah adalah alumni dari jurusan yang minimal terakreditasi B, sehingga ada begitu banyak yang tidak bisa mendftar CPNS.

Anda tidak mau bukan hal tersebut menimpah diri anda padahal PNS merupakan profesi yang sangat diminati di Indonesia karena begitu banyak fasilitas dan kemudaahan yang bisa didapatkan ketika menjadi PNS. Pertimbangan lain kenapa anda harus kuliah di kampus yang terakreditasi minimal B atau bahkan terakreditasi A karena lulusan-lulusan dari kampus yang terakreditasi B atau A sangat diminati dalam dunia kerja.

Jadi sebelum anda memutuskan mengambil jurusan kuliah yang anda inginkan sebaiknya anda mencari tau akreditasi jurusan yang akan anda pilih dan akreditasi kampusnya juga agar anda tidak kecewa nantinya saat kuliah ternyata baru tahu jika jurusan kuliah yang anda pilih tersebut tidak terakreditasi atau hanya terakreditasi C.

6. Pilih Jurusan Kuliah yang Memiliki Ikatan Dinas
Salah satu jurusan kuliah yang sangat diminati adalah jurusan kuliah ikatan dinas. Apa yang dimaksud dengan sekolah ikatan dinas? Sekolah ikatan dinas adalah sekolah yang memiliki ikatan dinas dengan lembaga-lembaga pemerintahan dimana mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan di kampus tersebut langsung bekerja di lembaga pemerintahan tersebut dan berstatus sebagai PNS.

Kuliah ikatan dinas bisa menjadi opsi bagi anda yang tidak ingin repot mencari kerja saat selesai kuliah karena alumni dari sekolah ikatan dinas akan langsung kerja atau hanya perlu menunggu beberapa waktu setelah selesai kuliah kemudian diangkat menjadi PNS.

Di Indonesia terdapat banyak sekolah ikatan dinas jika  anda memang memiliki minat untuk kuliah di sekolah ikatan dinas anda bisa mencari informasi tentang daftar sekolah ikatan dinas diseluruh Indonesia, informasinya bisa anda dapatkan dengan mudah di internet.

Demikianlah 6 tips memilih jurusan kuliah bagi anda yang saat ini masih bingung dalam memilih jurusan kuliah. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda semua. Tulisan di atas merupakan hasil pemikiran penulis jika ada kesalahan mohon dimaafkan atau silahkan komentar di kolom komentar di bawah ini.

0 Response to "Bingung Milih Jurusan Kuliah? Berikut 6 Tips Memilih Jurusan Kuliah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel