7 Kelebihan Mengambil Jurusan Farmasi Saat Kuliah

7 Kelebihan Mengambil Jurusan Farmasi Saat Kuliah_ Diera milenial seperti saat ini melanjutkan pendidikan dijenjang bangku kuliah sudah menjadi sebuah trend dikalangan remaja, sejatinya dengan kuliah tidak ada jaminan seseorang lantas akan sukses dalam karirnya akan tetapi dengan kuliah seseorang akan memperoleh banyak pengetahuan, skill dan kompetensi yang nantinya akan menjadi bekal untuk menapaki karirnya. 

7 Kelebihan Mengambil Jurusan Farmasi Saat Kuliah

Bagi anda yang saat ini telah menyelasaikan pendidikan dijenjang sekolah menengah atas (SMA) pastinya akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan jurusan kuliah yang bisa dipilih jika hendak melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Perlu anda sedikit ketahui bahwasanya saat ini kita telah berada diera revolusi industri 4.0.

Apa yang dimaksud dengan revolusi industri 4.0? Revolusi industri 4.0 adalah sebuah era dimana sistem pertukaran informasi dan penyimpangan data sudah berbasis cloud, era revolusi industri 4.0 telah memunculkan begitu banyak profesi pekerjaan yang baru namun tak sedikit beberapa profesi pekerjaan sedikit-demi sedikit hilang akibat tergantikan oleh kencanggihan teknologi.

Menyikapi era revolusi industri 4.0 anda sebagai seorang generasi milineal harus mampu memprediksi, menerawan atau mengkalkulasi jurusan kuliah apa saja yang lulusannya akan tetap eksis dalam dunia kerja, anda tidak ingin bukan kuliah selama beberapa tahun namun setelah lulus kuliah ternyata jurusan yang anda pilih ternyata tidak lagi banyak dibutuhkan dalam dunia kerja.

Ada beberapa profesi yang saat ini akan selalu dibutuhkan jasanya karena profesi tersebut sulit tergantikan oleh teknologi karena membutuhkan kecerdasan emosional dalam menjalankannya yang pada hakikatnya kecerdasan emosional tak dimiliki oleh robot atau teknologi yang diciptakan oleh manusia. Profesi-profesi tersebut misalkan profesi Guru, Dokter, Bidan dan Apoteker.

Bagi anda yang saat ini bingung mau mengambil jurusan apa saat melanjutkan pendidikan dibangku kuliah dan memiliki minat dalam bidang kesehatan, maka salah satu jurusan kuliah yang cukup potensila untuk dipilih adalah jurusan Farmasi.

Apa saja kelebihan jurusan farmasi dan bagaimana peluang kerja bagi lulusan jurusan farmasi? berikut ulasan tentang beberapa Kelebihan Mengambil Jurusan Farmasi Saat Kuliah yang sengaja kami rangkum untuk anda.

7 Kelebihan Mengambil Jurusan Farmasi Saat Kuliah

1. Peluang Kerja Jurusan Farmasi yang Banyak
Kelebihan pertama mengambil jurusan farmasi adalah peluang kerja bagi lulusan farmasi yang cukup banyak dibutuhkan oleh instansi pemerintah ataupun perusahaan-perusahaan swasta. Lulusan farmasi bisa bekerja di rumah sakit pemerintah, puskesmas sebagai asisten apoteker.

Selain itu lulusan farmasi juga bisa bekerja di apotik, seperti yang kita ketahui saat ini ada begitu banyak apotik-apotik (misalnya saja: kimia farma dll) yang bertebaran di kota-kota besar maupun kota kecil di seluruh indonesia hal tersebut bisa menjadi kesempatan bagi lulusan farmasi untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

2. Bisa Mendaftar Menjadi PNS atau ASN
Lulusan farmasi juga bisa mendaftar dalam penerimanaan Apratur sipil negara (ASN) atau lebih lazin kita dengar dengan sebutan pegawai negeri sipil (PNS). Menjadi ASN atau PNS merupakan bidang karir yang sangat diminati oleh kebanyakan orang.

Tak heran jika menjadi PNS/ASN banyak diminati karena ada begitu banyak kelebihan yang bisa didapatkan saat menggeluti profesi sebagai PNS (baca juga: 10 kelebihan menjadi PNS). Jadi anda sebagai lulusan farmasi bisa menggunakan iajazah anda untuk mendaftar sebagai PNS agar bisa mendapatkan berbagai fasilitas dalam bidang karir sebagai ASN/PNS.

3. Bisa Melanjutkan Pendidikan Apoteker dan Membuka Apotik
Selanjutnya kelebihan menngambil jurusan farmasi adalah anda bisa melanjutkan pendidikan anda sebagai apoteker untuk mengambil gelar (Apt). Dengan memiliki gelar Apt anda akan mendapatkan lisensi sebagai apoteker dan bisa menjadi pegawai apotik di rumah sakit negeri ataupun swasta, jadi anda tidak lagi hanya sebagai asisten apoteker melainkan anda bisa menjadi sebagai pegawai apoteker.

Gelar yang anda dapatkan setelah menyelesaikan pendidikan apoteker juga bisa digunakan untuk membuka apotik sendiri, karena memang orang yang telah menyelesaikan pendidikan apoteker akan diberikan lisensi atau izin untuk membuka apotik.

Jadi jika anda tidak mau berkarir di rumah sakit atau apotik miliki orang lain maka anda bisa membuka apotik pribadi, hitung-hitung saja sebagai usaha dan bukan tidak mungkin nantinya usaha apotik anda akan menjadi besar dan terkenal jika anda kelola dengan profesional.

4. Mengetahui Jenis-jenis Obat dan Cara Meracik Obat
Jurusan farmasi sangat lekat dengan berbagai jenis obat-obatan dan bagaimana cara meracik obat-obatan (pastinya obat yang diracik sudah sesuai dengan standar yang ada). Jadi jika anda mengambil jurusan farmasi maka sudah pasti anda akan mengetahui berbagai jenis obat-obatan.

Pengetahuan yang anda dapatkan saat kuliah farmasi tentang jenis-jenis obat serta kegunaanya serta cara meracik obat sesuai dengan standar bisa menjadi bekal anda kedepanya manakala suatu saat nanti ada orang yang butuh bantuan anda.

5. Profesi Dengan Gaji yang Cukup Menjanjikan
Jurusan atau lulusan farmasi juga berpeluang mendapatkan gaji yang cukup besar jika sudah bekerja nantinya, lulusan jurusan farmasi bisa bekerja di bidang farmasi perusahaan atau industri pada bagian research and development yang akan menakar tentang takaran obat atau dosis yang digunakan dalam produk perusahaan tempat dia bekerja.

jadi siap-siap saja menjadi orang kaya jika anda mengambil jurusan farmasi saat kuliah But kesuksesan sebenarnya juga sangat dipengaruhi oleh usaha tak pantang menyerah dan giat dalam bekerja, jadi walaupun anda adalah lulusan jurusan farmasi namun tidak ada usaha untuk mencari kerja maka kesuksesan juga akan sulit untuk diraih.

6. Jurusan yang Cukup Bergensi
Biaya kuliah untuk jurusan farmasi memang lebih besar dibandingkan dengan beberapa jurusan lainnya, hal tersebut karena jurusan farmasi merupakan jurusan yang cukup bergensi dan tak semua orang bisa kuliah dengan mengambil jurusan farmasi.

Jadi merupakan suatu kebanggan bila anda mampu kuliah jurusan farmasi, tapi satu hal yang perlu anda ketahui bahwasanya setinggi apapun pendidikan anda, sebergensi apapun jurusan kuliah anda tidak lantas menjadikan anda menjadi jumawa dan sombong, karena tidak ada jaminan anda bisa lebih sukses ketimbang teman anda yang mengambil jurusan kuliah yang biasa-biasa saja.

7. Menempah Pribadi Menjadi Sosok yang Pantang Menyerah
Tahukah anda bahwa jurusan farmasi merupakan salah satu jurusan kuliah yang sangat menantang untuk dilalui, bagaimana tidak anak jurusan farmasi harus siap-siap menghadapi berbagai tumpukan tugas laporan yang harus ditulis/ketik.

Belum lagi tugas masuk lab yang cukup menyita waktu dan tenaga manjadikan anak jurusan farmasi haru memiliki mental kuat dan tangguh agar bisa menyelesaikan kuliahnya. Namun berbagai tugas tugas kuliah tersebut jangan anda lihat sebagai rintangan tapi lihatlah tugas tugas kuliah tersebut sebagai tantangan yang siap untuk anda lewati satu persatu untuk bisa meraih karir yang gemilang kedepannya.

Kelak berbagai kesulitan yang kalian hadapi saat kuliah dijurusan farmasi yang akan menempah mental kalian menjadi pribadi yang pantang menyerah dan selalu berusaha menjadi lebih baik lagi dari diri anda sebelumnya.

Demikianlah artikel tentang 7 Kelebihan Mengambil Jurusan Farmasi Saat Kuliah, artikel tersebut merupakan hasil pemikiran penulis berdasarkan refrensi dan pemahaman penulis, jika ada kekeliruan informasi dalam artikel di atas silahkan anda komentar di kolom komentar di bawah ini.

0 Response to "7 Kelebihan Mengambil Jurusan Farmasi Saat Kuliah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel