7 Tips Merencanakan Pendidikan Anak Dengan Bijak

 7 Tips Merencanakan Pendidikan  Anak Dengan Bijak _ Pendidikan adalah sebuah kebutuhan bagi setiap orang,  sehingga mempersiapkan rencana pendidikan untuk anak dengan cara yang bijak adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan oleh orang tua. Oleh karena itu dalam merancang kesuksesan anak kedepannya, sebaiknya diawali dengan menyusun rencana pendidikan yang layak untuk anak dalam jangan dekat maupn dalam jangka panjang.

7 Tips Merencanakan Pendidikan  Anak Dengan Bijak

Pendidikan yang berkualitas biasanya akan berbanding lurus dengan kemampuan seorang anak baik dari kemapuan intelektual, keterampilan dan kecakapan sosial, sehingga mengenyam pendidikan yang layak adalah hal mutlak yang mesti diupayakan oleh orang tua.

Pendidikan merupakan aspek penting yang akan menunjang kesuksesan seorang anak kedepannya. Sebelum kita membahas tips merencanakan pendidikan untuk anak, mari kita belajar dari kesuksesan orang-orang cina dalam membangun karirnya. Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, bagaimana bisa negara cina, khususnya orang cina bisa sukses besar dan masuk dalam deretan orang terkaya di indonesia serta memiliki perusahaan-perusahaan raksasa di indonesia.

Hal tersebut ternyata tak lepas dari bagaimana warga cina yang sangat memperhatikan pendidikan anaknya. Orang cina rela membayar mahal agar anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas, mereka menyadari bahwa pendidikan yang baik akan menjadi modal bagi anak-anaknya dalam menatapi kesuksesannya.

Belajar dari kesuksesan orang cina dalam membangun karirnya dengan berbekal pendidikan yang berkualitas, hal tersebut bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi setiap orang tua yang ingin melihat anaknya sukses. Agar pendidikan yang didapatkan berkualitas maka hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan oleh orang tua adalah merencanaan pendidikan bagi  anak. Hal-hal apa saja yang mesti diperhatikan dalam menyiapkan pendidikan untuk anak? Berikut ulasannya

7 Tips Merencanakan Pendidikan  Anak Dengan Bijak

1.  Memilih lembaga pendidikan yang terbaik
Seperti yang dijelaskan diatas bahwa pendidikan yang berkualitas adalah hal yang sangat menunjang bagi kesuksesan anak kedepannya. Oleh karena, sangat bijak jika mulai memilih dan memilah lembaga pendidikan yang berkualitas, mulai dari sekolah dasar (SD), sekolah menegah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) dan kampus/universitas.

Tolok ukur dalam memilih lembaga pendidikan bagi anak sebaiknya memerhatikan, guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut, kualits lulusan yang berhasil dihasilkan oleh lembaga pendidikan tersebut, habungan lembaga pendidikan dengan stacholder (semua yang bisa memberi sumbangsi dalam kemajuan pendidikan, temasuk orang tua dan masyarakat). Upayakan sebaik mungkin dalam memilih lembaga pendidikan untuk anak anda, karena hal tersebut merupakan kunci yang bisa mengantarkan anak anda kedepannya untuk sukses.

2. Menyiapkan dana pendidikan
Tips selanjutnya yang bisa anda coba dalam merencanakan pendidikan  anak dengan baik sehingga anak  bisa menikmati pendidikan yang berkualitas maka anda harus bisa menyiapkan dana pendidikan yang cukup, karena biasanya biaya mengeyam pendidikan dilembaga yang berkualitas sedikit lebih mahal. Oleh karena itu mulailah menyisipkan gaji atau pendapatan anda demi kelancaran studi anak anda. Dengan menyiapkan dana pendidikan sejak dini membuat anda nantinya tidak kewalahan dalam memenuhi kebutuhan anak ketika telah menenmpuh pendidikan.

Dalam menyiapkan dana pendidikan, persiapkanlah 2 jenis dana pendidikan untuk anak anda, yakni dana pendidikan jangka panjang dan dana pendidikan jangka pendek, maksudnya adalah anda  membuat dua tabungan dana pendidikan untuk anak anda, yakni dana yang untuk digunakan ketika anak sedang menempuh pendidikan saat itu juga dan dana pendidikan yang akan digunakan oleh anak beberapa tahun kedepan, misalnya saja persiapan dana pendidikan ketika anak telah duduk di bangku kuliah.

3.Sesuaikan dengan bakat dan minat anak
Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan dalam merencankan pendidikan untuk anak anda dengan bijak adalah dengan menyesuaikan jenis pendidikan yang anda arahkan atau sarankan kepada anak anda dengan bakat dan minat anak. Dengan memilih pendidikan yang sesuai dengan baka dan minat anak, akan membuat anak bisa lebih memaksimalkan potensi yang ada di dalam dirinya.

Selain itu jika pendidikan yang ditempuh anak sesuai dengan bakat dan minatnya, akan membuat anak lebih menikmati proses pendidikannya kareha hal tersebut sesuai dengan bakat dan minatnya. Namun yang terkadang menjadi masalah ketika anda belum tahu baka dan minat anak anda.

4. Memaksimalkan pendidikan anak dengan mengikuti bimbingan belajar atau less private
Tips yang bisa anda coba dalam merencanakan kesuksesan anak adalah dengan memaksimalkan pendidikan anak dengan mengikuti bimbingan belajar atau less private. Namun beberapa pendapat menyatakan bahwa “terlalu banyak belajar/ belajar dengan frekuensi belajar yang tinggi kurang baik bagi anak, jadi dalam mendaftarkan anak dalam mengikuti bimbingan belajar atau less privat, sebaiknya bimbingan belajar/less private  2-3 kali seminggu agar anak tidak merasa stress belajar.

Antara bimbel (bimbingan belajar) dan less private sama-sama memiliki kelebihan, jika anak ikut bimbingan belajar, anak anda akan bertemu dengan banyak teman-teman baru sehingga anak akan cakap dalam bersosialisasi dan pembelajaran akan terasa seru serta menyenangkan. Kelebihan less private, anak  bisa mendapat pendidikan di rumah sehingga anda tak perlu lagi khawatir tentang hal yang bisa menimpa anak ketika berada diluar rumah dan ketika belajar sendiri bersama dengan mentor/guru privatenya anak akan lebih fokus.

5. Memaksimalkan pendidikan keluarga
Tahukah anda bahwa keluarga adalah sekolah pertama bagi anak, di dalam lingkungan keluarga anak anak belajar banyak hal dari kedua orangtuanya, anak akan menstimulasi dan mengakumulasi hal yang biasa lihat disekitarnya, dan akan berpengaruh pada karakternya kelak. Jadi berikan contoh yang baik bagi anak dalam lingkungan keluarga, anggaplah diri anda sebagai orangtua sekaligus guru yang memiliki tugas untuk mengajarkan anak anda hal-hal yang baik dan positif.

Minimalisir melakukan hal negatif di depan anak, karena anak iabaratkan kertas putih yang akan berusaha menyerap semua yang dia lihat. Jika anda terbiasa menpertontonkan sikap yang kurang baik dihadapan anak anda, maka jangan heran jika anak anda juga akan memiliki perawakan yang kurang baik.

Satu hal yang sangat penting untuk diajarkan kepda anak anda adalah mengajarkan nilai-nilai agama kepada anak anda, karena percuma juga anak menjadi sukses dan pintar jika tidak memahami ilmu agama, bisa jadi anak anda tumbuh menjadi pribadi yang tidak amanah dan tidak berbakti kepada orang tuannya. Anda tidak mau bukan hal tersebut terjadi pada anak anda. Oleh karena itu ajaklah anak anda untuk beribadah bersama, agar nilai-nilai religius tertanam dalam pribadi anak

6. Ajari anak untuk menabung
Agar anak bisa lebih berhemat ketika sedang menempuh pendidikan, maka ajarkanlah anak anda untuk menabung dan bagaimana menajdi pribadi yang sederhana. Dengan begitu selain tabungan yang berhail dikumpulkan anak bisa digunakan untuk tambahan dalam membiayai dana pendidikannya, hal tersebut juga akan mengajarkan anak lebih proporsional dalam membelanjakan uangnya.

Coba bayangkan jika anak anda terbiasa hidup dengan pola hidup mewah dan serba terpenuhi hal yang dia inginkan, maka  bisa jadi anda akan merogoh kocek cukup dalam ketika anak telah menempuh pendidikan, karena selain biaya pendidikan yang harus anda penuhi, gaya hidup dan kebutuhan harian anak juga akan menjadi biaya tambahan yang harus anda penuhi

7. Ajarkan anak mencari uang sendiri
Dalam mendidik anak usahakan jangan gengsi dan malu dengan kata orang lain. Anda bisa mengajarkan anak cara mencari uang sendiri, misalnya dengan berjualan makanan/minuman disekolahnya. Hal tersebut bukan bermaksud untuk mengeksploitasi anak, tapi terlebih kepada bagaimana insting dalam mencari uang dalam diri anak bisa muncul.

Coba bayangkan apabila anak anda sudah duduk dingaku SMA atu bangku kuliah dan dia sudah mampu mencari uang sendiri sebagai tambahan uang jajangnya, hal terebut akan lebih meringakan beban anda dalam membiayai pendidikan anak anda.

Demikianlah 7 Tips Merencanakan Pendidikan  Anak Dengan Bijak agar kelak anak anda bisa sukses dan berhasil, bagi anda yang memiliki saran dan tips yang baik dalam perencanaan pendidikan untuk anak anda , silahkan berkomentar dikolom komentar dibawah.

0 Response to "7 Tips Merencanakan Pendidikan Anak Dengan Bijak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close