Thursday, 2 March 2017

8 Tips Cara Memilih Kampus Yang Baik Untuk Kuliah

Tags
8 Tips Cara Memilih Kampus Yang Baik Untuk Kuliah_ Dalam memilih kampus untuk melanjutkan studi sebaiknya penuh dengan pertimbangan dan analisa yang tepat. Banyak hal yang mesti diperhatikan dalam memilih kampus untuk melanjutkan pendidikan dijenjang perguruan tinggi agar kelak ketika telah menempu pendidikan di kampus terkait atau telah menyelesaikan studi di kampus tersebut tidak ada perasaan menyesal kuliah di kampus tersebut.

7 Tips Cara Memilih Kampus Yang Baik Untuk Kuliah
8 Tips Cara Memilih Kampus Yang Baik Untuk Kuliah

Kampus pada dasarnya terbagi 2 besar yakni kampus yang di kelola oleh pihak swasta (kampus swasta) dan kampus yang dikelola oleh negara (kampus negeri). Kampus swasta dan kampus negeri memiliki kelebihan masing-masing serta prospek untuk sukses sama-sama besar tergantung bagaimana anda menjalani kuliah di kampus tersebut.

Hal apa saja yang mesti diperhatikan dalam menentukan kampus untuk kuliah? Terdapat beberapa hal urgent yang anda mesti perhatikan jika ingin memilih kampus yang baik dan memiliki prospek cerah yang bisa mengantarkan anda pada kesuksesan. berikut pemaparan Cara Memilih Kampus Yang Baik Untuk Kuliah.

8 Tips Cara Memilih Kampus Yang Baik Untuk Kuliah

1. Kampus Telah Terdaftar di Kemenrisdikti
Kampus yang baik adalah kampus yang telah terdaftar di kemerisdikti. Jika kampus telah terdaftar di dikti itu berarti kampus tersebut adalah kampus legal (resmi) yang telah memiliki izin pengoperasian, jadi jika anda telah menentukan kampus yang menjadi tujuan anda kuliah maka cobalah cek apakah kampus tersebut telah terdaftar di dikti, "anda tidak mau bukan kuliah di kampus yang ilegal (tidak resmi) serta lulusan/alumninya tidak diakui". Anda bisa melakukan pengecekan status suatu kampus di situs resmi dikiti (forlap.dikti.go.id)

2. Kampus Yang Terakreditasi
Status akreditasi suatu kampus ditentukan oleh badan akrediatsi nasional (BAN), akreditasi kampus sendiri terdiri dari akreditasi A (Sangat baik), B (Baik) dan C (Cukup) selain itu sampai saat ini masih ada kampus yang tidak terakreditasi jadi hati-hati dalam memilih kampus, apalagi jika kampusnya belum terakreditasi. Minimal pilihlah kampus yang terakreditasi B, karena dalam beberapa perekrutan pegawai atau calon tenaga kerja akreditasi kampus juga kadang diperhatikan.

3.Kampus Yang Trasnparan
Kampus yang transparan maksudnya adalah lebih terbuka dalam hal administrasi, misalkan jika ada pembayaran atau pungutan terhadap mahasiswa, pihak kampus memaparkan secara detail untuk apa dana tersebut beserta rinciannya. Jadi dengan memilih kampus yang transparan pembayaran yang tidak jelas (pungli) bisa diminimalisir. Kampus yang transparan juga sistem manajemen kampusnya kemungkinan lebih kmunikatif sehingga jika ada hal yang anda ingin ketahui bisa berkonsultasi dengan pihak kampus.

4. Popularitas Kampus
Tips Cara Memilih Kampus Yang Baik Untuk Kuliah adalah melihat popularitas kampus. Kampus yang terkenal akan sangat berpengaruh terhadap karir anda kedepannya karena kampus yang telah memiliki nilai positif dan baik akan lebih diperhitungkan dalam penerimaaan tenaga kerja/pegawai/karyawan. Jadi peluang anda cukup terbuka jika kuliah di kampus yang sudah punya nama besar dan popularitas.

5. Fasilitas Kampus Yang Memadai 
Bukan sebuah rahasia lagi jika sarana dan prasarana di suatu kampus sangat berpengaruh terhadap kualitas mahasiswa yang ada dalam kampus tersebut, misalkan fasilitas Lab, olahraga, kesenian, media. perpustakaan dll. jadi tidak ada salahnya anda mengamati kampus yang anda akan tempati mendaftar, apakah fasilitas kampus tersebut sudah memadai apa kurang memadai.

6. Kualitas Tenaga Pendidik (Dosen)
Dosen adalah sebuatan terhadap tenaga pendidik yang mengajar di kampus, dosen yang memiliki kualiatas hebat dan profesional akan berbading lurus terhadap kompetensi/ilmu yang akan didapatkan mahasiswa. Untuk mengetahui kualitas dosen yang mengajar di kampus yang ingin anda tempati mendaftar bisa melalui mahasiswa yang kuliah di kampus tersebut atau juga bisa melalui situs resmi kampus tersebut kemudian anda bisa menelusuri profil setiap dosen yang ada di kampus tersebut.

7. Jurusan/Program studi Yang Tersedia
Pastikan anda memilih kampus yang memiliki jurusan atau program studi sesuai dengan keinginan anda. Jangan memaksakan mendaftar disuatu kampus jika jurusan yang kamu inginkan belum tersedia sekalipun kampus itu berkualitas. Memilih kampus yang memiliki jurusan/program studi sesuai keinginan anda memiliki nilai lebih seperti anda akan lebih nyaman dalam menjalani kuliah karena sesuai dengan jurusan keahlian anda juga bisa mengakomodasi pengembangan bakat dan minat anda.

8. Bersungguh-sungguh kuliah
Setelah melakukan langkah-langkah diatas dengan benar dan anda telah diterima di kampus yang anda inginkan maka saatnya anda untuk belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi dan bisa membuat bangga orang tua anda. Agar bisa sukses kuliah yang anda bisa lakukan adalah displin, konsisten ditambah dengan rumus 3B (berdoa, berusaha dan berdoa).

Demikianlah 8 Tips Cara Memilih Kampus Yang Baik Untuk Kuliah yang bisa menjadi refrensi atau bahan pertimbangan bagi adik-adik yang memiliki niat untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. semoga artikel tentang Tips Cara Memilih Kampus Yang Baik Untuk Kuliah  bermanfaat untuk anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon