Tuesday, 17 January 2017

5 Manfaat Pemberian Tugas Kepada siswa

Tags
5 Manfaat Pemberian Tugas Kepada siswa_ Salah satu metode dalam proses pembelajaran untuk mengukur pemahaman siswa adalah dengan metode pemberian tugas. Pemberian tugas bisa dalam bentuk ulangan, tugas harian, tugas lisan dan tugas praktik.

Baca juga:
11 Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Bagi Siswa 
5 Manfaat Pembelajaran Kooperatif Bagi Siswa

Selain itu tugas dalam bentuk kerja kelompok juga cukup efektif dalam mengetahui tingkat pemahaman siswa dan kemampuan bekerja secara berkelompok maupun bekerja secara individual. Pemberian tugas kepada siswa juga harus secara proporsional atau sesuai dengan kemampuan siswa, agar tugas yang diberikan tidak menjadi beban bagi siswa.

5 Manfaat Pemberian Tugas Kepada siswa

Pemberian tugas kepada siswa juga memiliki banyak manfaat serta kelebihan. Oleh karena itu sebaiknya selalu menyempatkan memberi tugas kepada siswa agar manfaat-manfaat dari pemberian tugas kepada siswa bisa terinterpretasikan dalam diri siswa. Apa saja manfaat dari pemberian tugas kepada siswa? Setidaknya Pemberian tugas kepada siswa memiliki 5 manfaat yang baik bagi siswa. berikut pemaparannya. 

5 Manfaat Pemberian Tugas Kepada Siswa

Menurut Roestiah (2008), bahwa suatu proses belajar mengajar yang dilaksanakan dengan metode pemberian tugas, mempunyai kelebihan-kelebihan diantaranya adalah:
 

1. Mengaktifkan siswa untuk mempelajari sendiri masalah dengan jalan mencoba menyelesaikan sendiri. 
Manfaat pertama pemberian tugas kepada siswa adalah siswa akan menjadi lebih aktif, berusaha mencari solusi atas masalah atau tugas yang dihadapinya dengan melakukan hal tersebut siswa akan menjadi pribadi yang pekerja keras, pantang menyerah dan kemampuan berpikir siswa dalam mencari jalan keluar atas masalahnya semakin meningkat. siswa yang aktif dalam menyelesaikan tugasnya akan berdampak positif kepada kemampuan afektif, kognitif dan psikomotor siswa.
 
2. Mengerjakan soal sendiri
Manfaat selanjutnya pemberian tugas kepada siswa adalah siswa menjadi terbiasa mengerjakan tugasnya sendiri hal tersebut akan mengajarkan sikap mandiri kepada siswa dan tidak selalu mengandalkan orang lain dalam menyelesaikan masalahnya.
 

3. Membiasakan anak berfikir
Hal positif lainnya dengan memberikan tugas kepada siswa adalah membiasakan siswa berpikir berpikir terbuka dan mencari pemecahan masalah dengan berbagai sudut pandang. Hal tersebut juga akan memancing kemampuan berpikir kritis siswa.
  
4. Melatih anak berhadapan dengan persoalan, tidak hanya hafalan. 
Selain itu pemberian tugas juga membuat siswa belajar dengan lebih realistis dan kontekstual bukan hanya mempelajari berbagai teori dan konsep saja namun siswa juga akan belajar dalam hal aplikatif atau bagaimana menerapkan ilmu yang telah dipelajari melalui penyelesaian tugas yang diberikan.

5. Mengembangkan inisiatif serta tanggung jawab dari siswa.
Manfaat terakhir pemberian tugas kepada siswa adalah siswa akan belajar bagaimana menjadi pribadi yang bertanggung jawab terhadapad tugas dan amanah yang dibebankan kepadanya selain itu pemberian tugas juga mendidik anak menjadi lebih inisiatif dalam menyelesaikan berbagai masalah.

Demikianlah sedikit ulasan tentang 5 Manfaat Pemberian Tugas Kepada siswa dan hal yang juga perlu diperhatikan terhadap tugas yang diberikan kepada siswa, apakah komponen-komponen atau unsur-unsur dalam tugas tersebut baik dari unsur kognitif, afektif dan psikomotor mampu tertanan dalam diri siswa agar tujuan pembelajaran dalam bentuk tugas bisa tercapai. Oleh karena itu dibutuhkan analisis butir-butir soal yang matang oleh guru sebelum memberikan tugas kepada siswa sehingga tujuan pembelajaran tercapai maksimal. semoga artikel 5 Manfaat Pemberian Tugas Kepada siswa bermanfaat bagi anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon