Cara Mengatasi Nilai Rapor yang Turun

Cara Mengatasi Nilai Rapor yang Turun_ Udah terima hasil laporan belajar kalian nggak? Gimana hasilnya nilai Rapor kalian mengalami peningkatan atau justru sebaliknya nilai Rapor kalian jadi menurun, atau nilai Rapor kalian tidak jauh beda dengan nilai Rapor kalian semester sebelumnya, tapi justru nilai Rapor teman kalian yang mengalami peningkatan.

Memang sih saat ini sebagai siswa kita tidak boleh hanya berharap dari pembelajaran yang dilakukan di kelas, karena kita tahu sendiri sekarang adalah zaman milenial dimana dengan bantuan teknologi, kita bisa belajar dan mendapatkan ilmu pengetahuan, bahkan jika kita bisa memanfaatkan teknologi kita bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih banyak ketimbang yang didapatkan saat belajar di sekolah atau kelas.

Nilai Rapor yang turun biasanya juga disebabkan oleh perasaan malas belajar, malas mencatat pelajaran alhasil ketika ulangan atau ujian tidak banyak soal yang bisa kita jawab alhasil nilai yang kita dapatkan kurang maksimal. Selain itu Nilai Rapor yang turun bisa disebabkan oleh teman yang kita ajak berteman memberikan pengaruh yang kurang baik terhadap kita, misalnya saja teman kita malas belajar, suka main game dan akhirnya kitapun terpengaruh dan mengikuti kebiasaan teman kita tersebut.

Lantas tips apa saja sih yang bisa kalian praktikan agar bisa mengatasi nilai Rapor kalian yang turun? Ada beberapa powerfull tips yang bisa kalian coba praktikan agar bisa mendongkrak nilai Rapor kalian sehingga nilai yang kalian dapatkan maksimal, berikut Cara Mengatasi Nilai Rapor yang Turun;

Cara Mengatasi Nilai Rapor yang Turun

1. Evaluasi Cara Belajar

Kalau nilai Rapor kalian tiba-tiba mengalami penurunan semester ini, maka langkah pertama yang haru kalian lakukan adalah dengan mengevaluasi cara belajar kalian, pastinya performance kalian dalam belajar akan berbanding lurus dengan nilai yang bisa kalian dapatkan. Sehingga kita bisa menganalogikan seperti sebuah pisau, jika sebuah pisau rajin diasah maka akan tajam dan sebaliknya jika pisau jarang diasah maka akan jadi tumpul maka sama halnya dengan kemampuan kalian.

Maka dari itu cara belajar yang tepast pastinya akan sangat menunjang hasil belajar yang bisa kalian dapatkan nilai yang maksimal, coba deh kamu ingat-ingat bagaimana cara belajar yang kamu terapkan sehingga nilai yang kamu dapatkan menurun.

Setelah kamu ingat-ingat bagaimana cara belajar kamu, selanjutnya coba deh kamu pilah-pilih caa belajar kamu yang mana yang tidak efektif, pastinya di semester sebelumnya ada beberapa metode atau cara belajar yang mungkin kamu praktikan, dan mungkin ada beberapa cara belajar yang tidak bagus bahkan tidak tepat sehingga nilai Rapor kamu turun.

2. Menentukan Strategi Belajar ke Depannya

Selanjutnya setelah kalian mengevaluasi cara belajar kalian dan menemukan beberapa penyebab sehingga nilai rapor kalian jadi turun, maka selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah menentukan strategi belajar yang tepat agar bisa mendongkrak nilai rapor kalian.

Belajar yang baik itu harus memenuhi tiga kriteria yakni; Waktu belajar yang tepat, Sumber belajar yang tepat dan Cara belajar yang tepat, dengan memahami konsep belajar yang baik maka bisa dipasti kalian akan mudah paham dengan materi pelajaran yang sedang berusaha kalian untuk kuasai.

Okey ketiga kriteria belajar yang baik tersebut akan kita bahas di poin selanjutnya supaya kalian bisa mendapatkan informasi yang maksimal dan powerfull.

3. Memilih Sumber Belajar yang Tepat

Seperti yang kita bahas di poin sebelumnya, salah satu kriteria yang mesti kalian usahakan untuk dimaksimalkan untuk mendongkrak nilai rapor kalian adalah dengan memilih sumbel belajar yang tepat. Sumber belajar yang tepat sebaiknya memperhatikan aspek efektivitas dan efisiensi.

Nagh saat ini kan keberadaan teknologi sangat erat kaitannya dengan pendidikan, sehingga tak jarang kita menemukan layanan bimbingan belajar online, yang memungkingkan kalian untuk ikut bimbel melalui Hp atau Laptop, yang biasa dinamakan bimbel online.

Bimbel online saya rasa cukup efektif sebagai sumber belajar dan sarana belajar, dengan ikut bimbel online kalian bisa mempelajari materi pelajaran yang sesuai dengan yang apa kalian pelajari di sekolah, selain itu dengan bimbel online kalian bisa mempelajari materi yang sudah dipelajari dan yang akan dipelajari di sekolah, serta melalui video pembelajaran yang disediakan di bimbel online, kalian bisa mengulang-ulang video yang terkait materi yang ingin kalian kuasai.

Salah satu bimbel yang cukup rekomend adalah Ruang Guru, Ruang  Guru sudah sangat populer di kalangan siswa-siswi indonesia, Ruang Guru memiliki berbagai fitur menarik, dan video pembelajarannya juga sangat edukatif dan menggunakan berbagai animasi yang membuat siswa tidak merasa bosan belajar.

Selain itu berlangganan Ruang Guru juga cukup murah, cukup kalian gunakan Kode Diskon Ruang Guru: SYAMSURIDUMRAA, dengan menggunakan Kode Diskon tersebut kalian akan mendapatkan diskon bisa sampai 80%.

Selain ikut bimbel online kalian juga bisa rajin-rajin berkunjung di perpustakaan, karena di perpustakaan ada banyak buku yang bisa menjadi sumber belajar bagi kalian, intinya kalian bisa manfaatkan semua sumber belajar yang bisa memberikan feedback positif bagi kalian.

4. Belajar di Waktu dan Tempat yang Tepat

Waktu yang tepat untuk belajar bersifat subjektif artinya setiap orang bisa jadi memiliki waktu yang mereka anggap sebagai waktu yang tepat untuk belajar, jadi antara si A dan si B bisa jadi waktu belajar yang mereka sukai untuk belajar berbeda.

Jadi misalnya Si A lebih suka belajar di waktu subuh karena jika belajar diwaktu subuh, dia mudah memahami pelajaran, sebaliknya Si B lebih suka belajar di waktu malam karena Si B menganggap waktu malam suasananya sunyi sehingga di bisa konsentrasi belajar.

Jadi kesimpulannya adalah kalian harus mengingat kembali waktu-waktu yang bagaimana sehingga kalian mudah paham pelajaran, apakah belajar di waktu pagi, waktu siang atau malam.

Selain waktu yang tepat, yang bisa menjadi pemicu kalian mudah paham dengan materi yang kalian pelajari adalah tempat dimana kalian belajar. Tempat dan suasana adalah dua hal yang bisa mempengaruhi proses belajar, sehingga sangat penting untuk kalian perhatikan.

5. Belajar dengan Cara yang Tepat

0 Response to "Cara Mengatasi Nilai Rapor yang Turun"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close