6 Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Pertama (Ketuhanan yang Maha Esa)

6 Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Pertama (Ketuhanan yang Maha Esa)- Negara kesatuan republik indonesia berdiri sejak tahun 1945 dan diakui secara dijure dan defacto oleh negara-negara di dunia, Pancasila merupakan ideologi atau landasan dasar negara kesatuan republik indonesia, dinamakan pancasila karena memiiki lima point dasar yang saling berkaitan dan membentuk piramida terbaik.

Poin-poin yang terdapat dalam Pancasila yakni; 1. ketuhanan yang maha esa, 2. kemanusian yang adil dan beradab, 3. persatuan indonesia, 4. kerakyatan yang dipimpim oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan dan 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Pancasila senantiasa dibaca pada upacara bendera setiap hari senin dan pada saat upacara-upacara hari penting lainnya, hal tersebut tak lain agar generasi bangsa tidak lupa akan dasar negara republik indonesia dan selalu menjadikan pancasila sebagai falsafah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sila "Ketuhanan yang Maha Esa" merupakan sila pertama yang melingkupi sila-sila lainnya dan merupakan pondasi pertama bagi sila-sila lainnya, lantas apa saja perilaku yang mencerminkan sila pertama atau apa saja contoh sikap yang mencerminkan sila pertama, berikut Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Pertama (Ketuhanan yang Maha Esa)

6 Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Pertama (Ketuhanan yang Maha Esa)

1. Beriman Kepada Tuhan yang Maha Esa
Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Pertama (Ketuhanan yang Maha Esa) yang pertama adalah beriman kepada Tuhan yang Maha Esa, maksudnya adalah setiap warga negara diwajibkan untuk memiliki kepercayaan (beragama); baik itu agama Islam, kristen, hindu, budha dll.

Jadi di indonesia paham komunis atau atheis tidak diperbolehkan, sehingga setiap warga negara wajib memeluk agama berdasarkan keyakinan mereka, misalnya dalam agama Islam maka wajib menyakini bahwa Allah adalah tuhan yang maha Esa.

2. Menjalankan Perintah Agama yang dianut/diyakini
Selanjutnya sikap yang mencerminkan perwujudan sila pertama adalah dengan menjalankan perintah agama yang dianut, misalnya dalam islam diperintahkan untuk shalat lima waktu (sholat subuh, dhuhur, azhar, magrib dan isya). 

Selain itu dalam islam juga diperintahkan membayar zakat yang tujuannya adalah untuk mebersihkan harta dan juga agar bisa berbagi dengan oranglain yang kurang mampu, dalam islam juga diperintahkan untuk Berpuasa selama bulan ramadhan , naik haji bagi yang mampu dll

3. Menjauhi Larangan Agama
Selain perintah pastinya setiap agama memiliki beberapa hal yang tidak boleh dilakukan atau dilarang untuk dilakukan, jika larangan itu dilakukan maka akan mendapatkan dosa. Dalam islam sendiri ada beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan, hal tersebut tercantum dalam kitab suci ummat islam yakni Al-Quran; misalnya dilarang Berzina, mencuri, makan riba, dan banyak sekali larangan-larangan lainnya.

Apa-apa saja yang dilarang oleh agama, termasuk agama islam pastinya memang tidak baik dan bisa memunculkan kemudaratan bagi pelakunya, jadi larangan tersebut intinya untuk menjaga manusia sendiri dari hal-hal yang tidak baik bagi dirinya dan oranglain. 

4. Saling Menghargai dan menghormati antar Sesama Ummat Beragama
Seperti yang kita ketahui di indonesia terdapat beberapa agama yang diyakini oleh warga negara republik indonesia, perwujudan dari sila "Ketuhanan yang Maha Esa" yakni dengan Saling Menghargai dan menghormati antar Sesama Ummat Beragama.

Dengan Saling Menghargai dan menghormati antar Sesama Ummat Beragama maka hal tersebut bentuk implementasi atau aktualisasi dari Sila Pertama (Ketuhanan yang Maha Esa), dampak lain dari Saling Menghargai dan menghormati antar Sesama Ummat Beragama adalah munculnya atau terciptanya rasa persatuan dan kesatuan di negara kesatuan republik indonesia.

5. Tidak Menganggu Perayaan Besar Agama Lain
Terakhir Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Pertama (Ketuhanan yang Maha Esa) Tidak Menganggu Perayaan Besar Agama Lain, karena seperti yang kita ketahui bahwasanya setiap agama memiliki hari raya atau hari besar, sebagai ummat yang beragama maka senantiasa agar selalu menghargai perayaan agama lain.

Jika kita menghargai perayaan agam lain maka pastinya mereka juga akan melakukan hal yang sama kedapa kita, sehingga muncullah sikap toleransi antara ummat beragama di bumi pertiwi negara kesatuan republik indonesia.

6. Ikut Membantu Terlaksananya Kegiatan-Kegiatan Ke-Agamaan
Terakhir, bentuk perwujudan dari Sila Pertama (Ketuhanan yang Maha Esa) adalah dengan Ikut Membantu Kegiatan-Kegiatan Ke-Agamaan. Misalnya dalam agama islam sering diadakan pengajian, tabligh akbar, dll. Maka sebagai ummat islam sebaiknya Ikut Membantu Kegiatan-Kegiatan Ke-Agamaan yang hendak dilakukan

Demikialah artikel tentang 6 Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Pertama (Ketuhanan yang Maha Esa), semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda semua.

0 Response to "6 Contoh Sikap yang Mencerminkan Sila Pertama (Ketuhanan yang Maha Esa)"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close