Friday, 30 June 2017

7 Tips Saat Pertama Kali Masuk Kuliah

Tags
7 Tips Saat Pertama Kali Masuk Kuliah_ Menempuh pendidikan di perguruan tinggi menjadi kebanggan tersendiri bagi seseorang, jika orang yang mengeyam pendidikan di tingkatan/jenjang SD, SMP maupun SMA disebut sebagai siwa maka lain halnya dengan orang yang menempuh pendidikan di tingkat perguruan tinggi, sebutan bagi orang yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi disebut sebagai mahasiswa.

7 Tips Saat Pertama Kali Masuk Kuliah
source: google.com

Namun terlepas dari rasa bangga menyandang status sebagai mahasiswa, hal yang perlu diketahui bahwa terdapat beberapa tantangan tersendiri bagi para mahasiswa dalam proses belajar pendidikan di perguruan tinggi, misalnya saja beberapa tantangan saat pertama kali masuk kuliah.

Baca juga: 7 Kelebihan Kuliah di Kampus Negeri

Sehingga agar bisa mengatasi beberapa masalah yang terkadang dihadapi saat pertama masuk kuliah, misalnya; bullyng/ospek berlebihan, sulit bersosilisasi dan beberapa masalah lainnya. Maka sebaiknya anda mengetahui beberap tips saat pertama kuliah. Berikut ulasannya

7 Tips saat pertama kali masuk kuliah

1. Mengikuti semua proses pengenalan mahasiswa baru (PMB)
Tahap proses pengenalan mahasiswa baru (PMB) cukup urgent untuk diikuti oleh seorang mahasiswa baru, karena melalui kegiatan pengenalan mahasiswa baru (PMB), seorang mahasiswa akan dikenalkan dengan berabagai hal, mulai dari gambaran tentang kampus, pengenalan organisasi-organisasi yang ada dalam kampus tersebut serta sebagai ajang untuk saling mengenal dengan mahasiswa lain.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus

Kegiatan pengenalan mahasiswa baru (PMB) bisa menjadi modal awal atau road map bagi mahasiswa dalam memahami kampus tempat ia menuntut ilmu secara umum, sehingga kesempatan untuk mengikuti proses pengenalan mahasiswa baru (PMB) harus dimkasimalkan dan diupayakan untuk dihadiri.

2. Datang tepat waktu
Untuk menghindari mindset negatif dari para dosen maupun dari para senior pada anda saat pertaa masuk kuliah, maka sebaiknya anda menghindari untuk datang terlambat ke kampus, datang terlambat bisa menjadi alasan dari senior yang agak jahil untuk mengerjain anda.

Baca juga: 9 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses

Anda tidak mau bukan dikerjain? Maka dari itu upayakan untuk datang tepat waktu, selain bisa menghindarkan anda dari perlakuan jahil dari senior anda, juga akan membentuk persepsi positif dari dosen dan senior terhadap anda.

3. aktif dan adaftif
Selanjutnya tips yang bisa anda lakukan saat pertama masuk kuliah adalah aktif dan adaktif maksudnya yakni berusaha secepatnya menyesuaikan diri dengan metode belajar dan bersosialisasi di lingkungan kampus.

Baca juga: 7 Fakta Yang Menyebabkan Banyaknya Lulusan Sarjana Yang Menganggur Di Indonesia

Karena seperti yang kita ketahui metode belajar di sekolah (SD, SMP dan SMA) cukup berbeda dengan metode belajar yang diterapkan di kampus sehingga kemampuan menyesuaikan dengan metode belajar di kampus sangat penting agar anda bisa dengan maksimal menyerap berbagai pembelajaran yang anda terima di kampus tersebut.

4. Sopan santun dalam berperilaku dan bertutur kata
Beberapah hal yang sangat perlu anda hindari saat pertama masu kuliah adalah bersifat angkuh, sombong dan congkak, sifat tersebut bukannya menjadikan anda disegani atau dihormati namun kemungkinan senior-senior maupun teman anda tidak segang melakukan hal yang buruk pada anda.

Oleh karena itu sikap sopan santun saat pertama masuk kuliah sangat penting untuk anda tunjukan dan tanamkan dalam diri anda, agar anda menjadi pribadi yang disenangi dan dihormati oleh teman dan senior anda, karena pada hakikatnya saat kita bersikap baik pada orang lain maka orang lain juga akan bersikap baik pada anda.

5. Membuat target-terget yang ingin anda capai
Saat-saat pertama masuk kuliah adalah waktu yang tepat untuk membuat target-target yang akan anda capai saat kuliah, target-target yang akan/ingin anda capai tersebut bisa anda tulis dikertas agar anda tidak mudah melupakannya dan bisa fokus untuk mewujudkannya.

Contoh target yang bisa anda coba lakukan misalnya; target untuk jadi ketua tingkat, meraih nilai IPK tinggi maupun nilai IPY yang tinggi, aktif dalam kuliah, jadi mahasiswa terbaik tingkat kampus atau tingkat nasional, menjadi pimpinan organisasi internal kampus dan masih banyak target-target lainnya. Tujuan memiliki target-target yang akan dicapai saat kuliah tak lain agar anda bisa bersungguh-sungguh saat kuliah sehingga kemampuan anda bisa sepenuhnya dimaksimalkan.

6. Memperbanyak teman
Menempuh pendidikan di bangku kuliah bukan masa yang tepta untuk bersikap individualis, malah sebaliknya dalam menempuh pendidikan di bangku kuliah disarankan untuk memperbanyak teman/relasi, selain itu jangan membatasi berteman dengan teman kelas/oraganisasi/komunitas saja namun lebih dari itu mulailah membuka diri untuk berteman dengan siapa saja asalkan tetap berimpilkasi positif pada anda.

Dengan memiliki banyak teman anda bisa memiliki tempat untuk sharing dan berbagi pendapat dan bertukar pikiran, selain itu kelak teman yang banyak akan menjadi solusi dari masalah atau kendala yang anda hadapi.

7. Memanajemen waktu
Hal selanjutnya yang patut anda lakukan saat masih berstatus sebagai mahasiswa baru yakni membuat skema manajemen waktu agar anda bisa displin dan tepat waktu dalam melaksanakan setiap rencana dan agenda anda.

Manajemen waktu cukup penting agar porsi belajar, olahraga, berorganisasi, bersosialisasi, kuliah bisa berjalan beriringan dan alangkah baiknya manajemen waktu tersebut anda buat saat anda mulai aktif dalam perkuliahan/saat menjadi mahasiswa baru.

Demikianlah 7 Tips saat pertama kali masuk kuliah yang bisa anda lakukan agar kegiatan perkuliahan anda bisa sukses, semoga bermanfaat.

4 komentar

Jadi ingat teman2 saat kuliah dulu.

This comment has been removed by the author.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon