Saturday, 12 November 2016

10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus

Tags
10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus_ Setiap mahasiswa pasti mendambakan mendapat nilai IPK yang tinggi di kampus, jika kita bertanya berapakah IPK tertinggi dan terendah yang bisa didapat oleh seorang mahasiswa? maka jawabannya adalah "nilai IPK tertinggi yang bisa didapat seseorang adalah 4.00 dengan status pujian atau biasa juga disebut sebagai nilai IPK cumlaude. adapun nilai IPK terendah sulit untuk menentukan karena biasanya kampus memiliki kebijakan tersendiri terhadap mahasiswa yang memiliki IPK rendah, misalkan mahasiswa tersebut wajib mengulang mata kuliah yang nilainya di bawah standar atau justru malah di DO dari kampus.  

10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus

Atau pernakah muncul dibenak kita tentang berapa nilai IPK tertinggi di dunia ? berapa sih batas maksimal IPK tertinggi di dunia? Dalam standar kampus baik nasional maupun international hampir semuanya berpatokan pada standar maksimal IPK yakni 4.0.

Baca juga:
 
untuk mendapat nilai IPK yang tinggi di kampus tidak hanya cukup dengan mengandalkan kepintaran saja namun juga membutuhkan kerja cerdas. ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat nilai IPK tinggi tergantung apakah orang yang bersangkutan mau menerapkan cara tersebut agar bisa mendapat nilai IPK yang tinggi. 

Sebagian orang sering berargumen mengatakan IPK tinggi tidak menjamin kesuksesan, bahkan ada anggapan bahwa orang yang memiliki IPK tinggi susah dapat kerja. boleh-boleh saja mereka berpendapat seperti itu namun setidaknya jika berbicara tentang realita dan potensi persaingan dalam dunia kerja nilai, IPK yang tinggi bisa menjadi suatu nilai lebih seseorang dalam membangun karirnya ke depan. 

IPK tinggi yang didapatkan seorang mahasiswa adalah sebuah indikasi bahwa mahasiswa tersebut memiliki kapabilitas yang cukup mumpuni karena dari yang kita ketahui bahwa pemeberian nilai oleh dosen tidak hanya berdasarkan kemampuan intelektual seorang mahasiswa akan tetapi juga mencakup kemampuan sosial dan cara bersikap terhadap orang lain. mendapat nilai IPK tinggi di kampus memang tidak mudah dan instan butuh usaha dan kerja keras. bagaimana cara mendapat IPK tinggi di kampus? berikut ulasannya  
10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus

1. Pilih jurusan sesuai bakat dan minat
pemilihan jurusan yang tepat bisa menjadi faktor utama yang bisa membuat nilai IPK menjadi tinggi. hal ini disebabkan karena mahasiswa yang memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatnya, pasti akan lebih enjoy dan tak terbebani dengan perkuliahan selain itu jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat akan lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh setiap dosen karena mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan pelajaran tersebut.
 
2. Rajin Belajar
Hal yang telah menjadi rahasia umum dalam mencapai kesuksesan adalah terus belajar begitupun agar bisa mendapat IPK tinggi di kampus. belajar juga tidak melulu tentang huruf dan angka-angka meluluh namun juga  kemampuan belajar  untuk membaca situasi, belajar untuk mengerti satu sama lain dan belajar untuk 

3. Berpikiran terbuka
Salah satu cara mendapatkan IPK tinggi di kampus adalah dengan menanamkan mindset dalam pikiran untuk mau belajar banyak hal walaupun tidak berkaitan dengan bidang studi yang digeluti. berpikiran terbuka adalah kemauan untuk menerima hal-hal yang baru.

4. Aktif dalam perkuliahan
untuk mendapatkan nilai IPK tinggi di kampus, mahasiswa yang bersangkutan harus lebih aktif dalam perkuliahan, jangan jadi mahasiswa 3D (datang, duduk, diam). sikap aktif yang ditunjukan oleh mahasiwa dalam perkuliahan menjadi nilai tambah terhadap mahasiwa tersebut di mata dosen. 

5. Ikut LK kampus
aktif dalam lembaga kemahasiswaan atau LK bisa berimplikasi positif terhadap nilai IPK seorang mahasiswa asalkan tidak overaktif sehingga lupa atau mengabaikan perkuliahan. banyak hal yang bisa dipelajari jika aktif dalam LK kampus mulai dari sikap sosial yang lebih pekah, belajar menjadi pribadi yang berkarakter serta banyak hal positif yang lainnya.

6. Bergabung dengan komunitas belajar
salah satu cara mendongkrak nilai IPK menjadi lebih tinggi adalah bergabung dengan komunitas belajar yang anggotanya memiliki visi yang besar serta memiliki semangat tinggi untuk berprestasi. hal positif yang bisa didapatkan ketika bergabung dengan komunitas belajar adalah kita akan tertular semangat-semangat anggota komunitas lainnya yang memiliki  visi besar dalam hidupnya sehingga kitapun akan lebih termotivasi untuk mencapai target-target hidup yang ingin dicapai.

7. Displin
syarat mutlak yang harus ada pada mahasiswa jika ingin mendapat IPK tinggi atau nilai IPK cumlaude adalah "disiplin". banyak orang yang berhasil mewujudkan mimpi-mimpinya karena menanamkan prinsip dalam dirinya untuk dispilin dalam segala hal. disiplin berarti memiliki komitmen dan totalitas terhadap idealisme yang diyakini sehingga tidak ada lagi kompromi terhadap hal-hal yang bisa menghalangi terwujudnya target-target dalam hidup.

8. Duduk di bangku paling depan
mungkin banyak yang kurang menyadari bahwa pemilihan tempat duduk yang tepat sangat berpengaruh terhadap kemampuan menangkap pelajaran yang disampaikan dosen. jika berharap tidak mendapat nilai IPK standar maka usahakan untuk duduk dibangku paling depan, selain akan lebih jelas mendengar pelajaran dari dosen konsentrasi juga bisa lebih terjaga karena pikiran lebih fokus. 

9. Tingkatkan relasi
Untuk mendapat nilai IPK tinggi atau nilai IPK yang bagus jangan sekali-kali menjadi pribadi yang tertutup, mulailah membuka diri dan berusaha meningkatkan relasi. tidak hanya dengan teman kelas namun usahakan untuk memperbanyak relasi dengan mahasiswa yang berbeda jurusan dengan anda. keuntungan meningkatkan relasi baik itu dengan teman kelas ataupun dengan mahasiswa jurusan lain adalah anda akan belajar banyak ilmu yang suatu saat akan bermanfaat.

10. Banyak berdoa
doa adalah salah satu kunci terkabulnya segala impian yang menjadi target dalam hidup. jadi dalam setiap usaha yang di lakukan jangan pernah lupa menyelipkan doa dan doa juga adalah penguat dan penyemangat bagi seseorang dalam usahanya menggapai impiannya.

Demikianlah 10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus, sebenarnya ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa dalam mendapatkan nilai IPK tinggi namun kali ini penulis hanya menulis 10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus. ingat juga bahwa sukses adalah kepastian maka tugas kita adalah memastikan dan memantaskan diri kita untuk sukses.

2 comments

Quality posts is the key to invite the visitors to visit the web site, that's what this site is providing. yahoo mail login

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon