Saturday, 18 February 2017

7 Keuntungan Mendapatkan Nilai IPK Tinggi Saat Kuliah

Tags
7 Keuntungan Mendapatkan Nilai IPK Tinggi Saat Kuliah_ IPK atau indeks prestasi kumulatif adalah angka yang terakumulasi dari hasil penjumlahan beberapa nilai dari mata kuliah yang telah diikuti. Nilai IPK sendiri memiliki persepsi berbeda dari mahasiswa, sebagian mengatakan bahwa nilai IPK tinggi bukan jaminan kesuksesan seseorang setelah menyelesaikan dan nilai IPK tidak selamanya menjadi tolok ukur kapasitas seorang mahasiswa.


Namun disisi lain sebagian mahasiswa memiliki persepsi berbeda terhadap nilai IPK, mereka menganggap mendapatkan nilai IPK tinggi adalah sesuatu hal yang penting dan cukup urgent dalam perkuliahan. Setiap mahasiswa memiliki sudut pandang tersendiri dalam menikmati dan melalui masa perkuliahannya, ada yang banyak menghabiskan waktunya untuk berorganisasi, ada yang fokus menjadi mahasiswa mandiri dengan bekerja sekaligus kuliah dan ada pula mahasiswa yang serius untuk belajar dan mencermati setiap mata kuliah yang diikuti. Setiap pilihan pasti ada konsekuensinya seperti halnya pilihan seorang mahasiswa dalam menjalani masa-masa kuliahnya dan bukan tidak mungkin pilihan tersebut akan sangat berpengaruh pada prestasi kuliah atau nilai IPK yang mampu di capai.

Baca juga:
Untuk mendapatkan nilai IPK tinggi di kampus memang tidak mudah dan butuh kerja keras apalagi jika kampus tersebut menerapkan standar tinggi dalam aspek akademis mahasiswanya, mungkin hal tersebut menjadi salah satu alasan sebagian mahasiswa kenapa tidak terlalu fokus untuk mendapatkan IPK tinggi

Nilai IPK yang tinggi memang bukan segalanya dan bukan penentu kesuksesan seseorang namun setidaknya mendapatkan nilai IPK tinggi memiliki nilai plus dan bisa menjadi modal penting untuk meraih kesuksesan setelah menyelesaikan kuliah. apa saja keuntungan mendapatkan nilai IPK tinggi saat kuliah? berikut ulasannya

7 Keuntungan Mendapatkan Nilai IPK Tinggi Saat Kuliah

1. Berpeluang Menjadi Asisten Dosen
Salah satu kelebihan mendapatkan nilai IPK tinggi saat kuliah adalah mahasiswa terkait memiliki peluang untuk diangkat menjadi asisten dosen dan tak sedikit mahasiswa yang memiliki kapabilitas dan nilai IPK yang cukup membanggakan direkrut menjadi asisten dosen di kampus tempatnya menjalani perkuliahan, biasanya mahasiswa yang diangkat menjadi asisten dosen adalah masiswa semester tinggi atau semester akhir. Keuntungan menjadi asisten dosen adalah bisa menambah pengalaman dalam dunia mengajar serta kadangkala akan diberi tip atau bayaran oleh dosen yang terkait.

2. Berpeluang Menjadi Perwakilan Kampus Dalam Kompetisi Atau Perlombaan
Selanjutnya mahasiswa yang memiliki IPK tinggi juga berpeluang menjadi duta atau perwakilan kampus baik dalam kegiatan kemahasiswaaan, kompetesi atau perlombaan. Hal tersebut bisa menjadi kebangaan tersendiri bagi mahasiswa terkait. selain itu mahasiswa terkait juga akan mendapatkan banyak kenalan dan jaringan saat aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dan kompetisi antar kampus.

3. Berpeluang Mendapatkan Beasiswa Untuk Melanjutkan studi
Nilai IPK tinggi bisa menjadi jalan bagi mahasiswa terkait untuk mendapatkan beasiswa baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta, karena seperti yang kita ketahui saat ini ada banyak jenis beasiswa yang salah satunya disediakan untuk mahasiswa berprestasi atau memiliki indeks nilai IPK yang tinggi. dengan mendapatkan beasiswa menjadi jalan untuk meniti karir kearah yang lebih menjanjikan.

4. Bebas Tes Dalam Melanjutkan Studi
Keuntungan selanjutnya mendapatkan nilai IPK tinggi saat kuliah adalah ketika mahasiswa terkait telah menyelesaikan studi dan memiliki niat untuk melanjutkan studi dijenjang yang lebih tinggi misalkan kuliah magister atau doktor bisa mendapat keistimewaan dengan ikut seleksi tanpa tes dalam melanjutkan studi serta bisa mendapat keringana pembayaran registrasi dalam melanjutkan kuliah.

5. Lebih Diperhitungkan Dalam Dunia Kerja
Keistimewaan lain jika mendapatkan nilai IPK tinggi di kampus adalah mahasiswa terkait akan lebih diperhitungkan dalam seleksi penerimaan karyawaan atau pegawai dalam suatu lembaga. karena seperti yang kita ketahui salah satu tujuan kuliah adalah agar bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dan nilai IPK tinggi menjadi nilai plus tersendiri bagi mahasiswa terkait sehingga akan lebih mudah atau mendapat petimbangan lebih untuk diterima bekerja di lembaga atau perusahaan yang sesuai latar belakang pendidikan mahasiswa tersebut.

6. Menjadi Tolok Ukur Dalam Mengetahui Kemampuan
NIlai IPK tinggi yang didapatkan selama menjalani perkuliahan juga bisa menjadi tolok ukur untuk mengetahui seberapa besar kemampuan yang kita miliki dan bisa menjadi bahan evaluasi untuk lebih memaksimalkan apa yang menjadi keunggulan mahasiswa tersebut dan memperbaiki apa yang masih kurang dalam kemampuan mahasiswa tersebut.

7.  Menjadi Inspirasi Bagi Orang Lain
Nilai IPK tinggi yang berhasil anda dapatkan juga bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang lain untuk melakukan pencapaian yang sama dengan anda, selain itu dengan mendapatkan nilai IPK tinggi anda juga bisa menjadi kebanggaan orang tua anda.

Demikianlah 7 Keuntungan Mendapatkan Nilai IPK Tinggi Saat Kuliah, jadi apakah setelah anda membaca artikel ini, anda masih menganggap nilai IPK adalah sesuatu yang tidak penting dan tidak patut diperjuangkan atau justru persepsi anda tentang nilai IPK mulai berubah ? semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon