Thursday, 22 September 2016

5 Jurusan Kuliah Dengan Lapangan Kerja Terluas

Tags
5 Jurusan Kuliah Dengan Lapangan Kerja Terluas
Orientasi seseorang melanjutkan pendidikan di bangku kuliah salah satunya adalah agar dengan menempuh pendidikan di bangku kuliah tersebut, seseorang bisa mendapat pekerjaan yang layak. 

Seiring perkembangan zaman maka semakin banyak jurusan kuliah yang ditawarkan oleh universitas negeri atau swasta dengan iming-iming prospek kerja yang cerah dan menjanjikan. namun realita berkata lain karena menurut survey ada begitu banyak sarjana yang saat ini masih menganggur, hal ini disebabkan oleh minimnnya lapangan kerja yang tersedia ditambah semakin banyaknya lulusan fresh graduate tiap tahunnya.

belajar dari hal tersebut seseorang yang memiliki niat untuk melanjutkan studi di bangku kuliah harus lebih selektif dalam memilih jurusan kuliah, karena jika kurang tepat dalam memilih jurusan bukan tidak mungkin akan membuatnya susah untuk mendapat pekerjaan.

Namun terdapat beberapa jurusan yang memiliki peluang atau prospek kerja yang cukup menjajikan selain karena kuota yang dibutuhkan dari jurusan tersebut memang banyak, hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan zaman serta kebijakan-kebijakan yang ditetapkan pemerintah. berikut 5 jurusan kuliah dengan lapangan kerja terluas
5 Jurusan Kuliah Dengan Lapangan Kerja Terluas
1. Jurusan Bahasa inggirs
Dengan berlakunya MEA ditahun 2016 maka membuka peluang bagi siapapun untuk bisa berkarir di negara yang menjadi anggota MEA namun syarat mutlak yang harus dimiliki seseorang adalah menguasai harus bahasa international atau bahasa inggris. Dengan modal fasih berbahasa inggris, seseorang memiliki peluang sangat besar untuk mendapat pekerjaan mulai dari pekerjaan di luar negeri ataupun dalam negeri. lulusan jurusan bahasa inggris banyak dibutuhkan diberbagai lembaga-lembaga pendidikan baik itu lembaga swasta ataupaun negeri. peluang kerja jurusan bahasa inggris terbuka lebar mulai dari; guru privat, guru kursus bahasa inggris, dosen, penerjemah, duta wisata dll. perlu diingat bahwa setiap kampus dengan orientasi kerja apapun selalu membutuhkan tenaga pengajar bahasa inggris berbeda dengan jurusan lain yang hanya bisa mengajar di kampus tertentu namun lulusan bahasa inggris bisa mengajar di kampus manapun karena bahasa inggris adalah international jadi wajib untuk menjadi mata kuliah dalam setiap kampus.

2. Jurusan Informatika
Dengan beralihnya cara kerja dari era kerja manual ke era digital, membuat lulusan jurusan informatika sangat dibutuhkan, apalagi hampir setiap perusahaan telah menerapkan sistem komputerisasi membuat peluang kerja bagi lulusan informatika sangat besar. Prospek kerja bagi lulusan informatika sangat banyak. lapangan kerja bagi lulusan jurusan informatika mulai dari, Teller bank, tenaga admin di perusahaan, sekertaris, operator dan masih banyak lagi. 

3. Jurusan Pelayaran 
Seiring di terapkannya kebijakan pemerintah yang akan menghubungkan setiap pulau di indonesia menggunakan tol laut membuat lulusan-lulusan akademi pelayaran sangat dibutuhkan dalam merealisasikan kebijakan tersebut. mengingat ada begitu banyak kapal-kapal yang beroperasi di wilayah perairan indonesia maka hal tersebut sudah pasti membutuhkan sangat banyak ABK lulusan pelayaran. perlu di ketahui gaji seorang yang berprofesi sebagai ABK sangat tinggi hal ini memang wajar karena berbanding lurus dengan resiko pekerjaan yang digeluti. Peluang kerja jurusan pelayaran tidak hanya sebatas di dalam negeri tetapi juga bisa berkarir diluar negeri. Gaji yang ditawarkan oleh perusahaan kapal negeri tidak tanggung-tanggung bisa menembus angka ratusan juta perbulan.
4. Jurusan Teknik
Jurusan teknik menjadi salah satu jurusan dengan lapangan kerja terluas, seiring dengan semakin berkembang pesatnya jumlah perusahaan membuat membuat lulusan jurusan teknik dengan mudah mendapat pekerjaan yang layak dengan gaji yang cukup lumayan. lulusan jurusan teknik selain bisa bekerja di perusahaan ataupun instansi pemerintah juga bisa berwirausaha berbekal dengan pemahaman yang dimiliki saat duduk di bangku kuliah. kebutuhan akan lulusan jurusan teknik akan semakin meningkat seiring dengan semakin digenjotnya berbagai program pemerintah dalam mewujudkan indonesia sebagai salah satu negara maju di dunia.
 
5. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kebutuhan akan tenaga pendidik semakin dibutuhkan pemerintah agar proses pemerataan pendidikan di indonesia bisa segera terealisasi, diantara beberapa jurusan kependidikan salah satu jurusan yang memiliki prospek lapangan kerja yang sangat luas adalah jurusan pendidikan guru sekolah dasar. analoginya sangat sederhana misalkan dalam satu kecamatan biasanya hanya terdapat 3-4 sekolah menengah atas sedangkan jumlah sekolah menengah pertama biasanya sekitar 10-15 dalam satu kecamatan namun jumlah sekolah dasar dalam satu kecamatan kadang bisa mencapai 50-55 sekolah dasar hal ini yang menyebabkan jumlah kuota yang dibutuhkan untuk lulusan pendidikan guru sekolah dasar selalu banyak. Apalagi saat ini telah menjamur lembaga pendidikan swasta yang menyebabkan kebutuhan tenaga pendidik khususnya tenaga pendidik dengan latar belakang jurusan pendidikan guru sekolah dasar semakin dibutuhkan. Adapun dalam proses perekrutan CPNS kuota yang disediakan unutk lulusan pendidikan guru sekolah dasar bisa mencapai berkali-kali lipat dibanding dengan kuota jurusan lain.

Demikianlah 5 jurusan kuliah dengan prospek lapangan kerja terluas, namun kesuksesan tidak selamanya ditentukan oleh jurusan yang diambil seseorang saat mengeyam pendidikan di bangku kuliah melainkan lebih kepada usaha dan tekad yang besar untuk mencapai kesuksesan.
#5 Jurusan Kuliah Dengan Lapangan Kerja Terluas

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon