Monday, 5 June 2017

7 Kelebihan Kuliah di Kampus Negeri

7 Kelebihan Kuliah di Kampus Negeri _ Memilih kampus atau perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah adalah hal yang sangat berpengaruh pada kesuksesan kuliah seorang mahasiswa, begitupun dengan prospek kerja seteleh lulus kuliah. Maka dari itu seorang calon mahasiswa dituntut untuk lebih bijak dalam menentukan kampus atau perguruan tinggi yang akan dipilih untuk melanjutkan studi.

source: EDUNEWS.id

Pada dasarnya ada dua jenis kampus/perguruan tinggi yang ada di indonesia yakni kampus yang dikelola oleh pihak pemerintah yang biasa disebut dengan kampus negeri dan kampus yang dikelola oleh pihak swasta yang disebut dengan kampus swasta.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Dengan Lapangan Kerja Terluas

Lantas, antara kampus negeri maupun kampus swasta mana yang lebih baik? Pastinya antara kampus negeri dan swasta masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Namun pada artikel ini kita akan fokus membahas, kelebihan atau keuntungan kuliah di kampus negeri. Lalu apa saja kelebihan kuliah di kampus negeri? Berikut ulasannya

7 Kelebihan Kuliah di Kampus Negeri

1. Biaya kuliah yang relatif terjangkau
Biaya kuliah merupakan hal yang cukup urgent bagi setiap mahasiswa,biasanya setiap orang akan mencari kampus dengan penerapan biaya pendidikan yang terjangkau agar kelangsungan perkuliahan mahasiswa terkait bisa terus berlangsung.

Salah satu kelebihan kuliah di kampus negeri yakni biaya perkuliahan yang cukup terjangkau. Walaupun telah diterapkan biaya kuliah UKT (uang kuliah tunggal) yang sedikit lebih mahal namun hal tersebut tidak berlaku bagi setiap mahasiswa yang kuliah di kampus negeri, bahkan bisa dibilang hanya berlaku untuk sebagian kecil mahasiswa (biasanya dikenakan pada mahasiswa yang lulus melalui jalur mandiri/utul) yang kuliah di kampus negeri.

2. Data mahasiswa langsung terdaftara di Dikti
Kampus yang benar-benar memiliki kualitas biasanya data setiap mahasiswanya telah teregistrasi di pangkalan data dikti, hal tersebut mengisyaratkan bahwa kampus  yang terkait telah memiliki izin resmi dari dikti untuk melakukan perkuliahan.

Kampus negeri yang berada langsung dibawah naungan kemenrisdikti, sudah pasti setiap mahasiswanya telah tercatat sebagai mahasiwa di kampus tersebut, hal tersebut bisa dibuktikan dengan mengecek langsung ke situs resmi dikti.

Hal yang mesti dihindari adalah memilih kampus yang ternyata belum memiliki izin resmi dari kemenrisdikti, sehingga data mahasiswa yang kuliah di kampus tersebut tidak teregister di situs resmi dikti. Hal tersebut akan menyulitkan mahasiswa tersebut jika hendak mendaftar dalam kegiatan perekrutan pegawai; misalnya saja pendaftaran PNS dan lain sebagainya.

3. Kampus negeri rata-rata telah terakreditasi
Akreditasi merupakan pengakuan yang diberikan oleh pemerintah (Badan akrediatsi nasional perguruan tinggi/ BAN PT) terhadap suatu kampus tertentu. Jika suatu kampus telah mendapat label akreditasi A, maka bisa dipastikan kampus tersebut sudah sangat baik dalam kinerjanya, Jika suatu kampus telah mendapat label akreditasi B, maka kampus tersebut memiliki kinerja yang baik dan begitupun Jika suatu kampus telah mendapat label akreditasi C, maka bisa dipastikan kampus tersebut memiliki kinerja yang cukup dalam kinerjanya.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan IPK Tinggi di Kampus

Namun juga ada beberapa kampus yang sama sekali belum terakreditasi, sehingga untuk kualitas/kinerja kampus masih belum memenuhi standar pemerintah. Sehingga seorang mahasiswa lebih baik tidak memilih kampus yang belum terakrediatsi untuk melanjutkan kuliah karena prospek kerja setelah lulus bisa saja kurang menjanjikan.

Namun jika anda kuliah di kampus negeri maka tak perlu khawatir, karena rata-rata kampus negeri telah terkareditasi, bahkan beberapa kampus negeri ada yang telah menyandang sebagai kampus yang terkarediatsi A.

4.  Prospek kerja yang cukup menjanjikan
Salah satutujuan seseorang kuliah adalah agar bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Namun terlepas dari itu, orintasi kuliah sebenarnya harus mengacu pada usaha/upaya untuk mendapatkan ilmu yang bisa memberi manfaat untuk diri sendiri maupun untuk sesama.

Dalam masalah prospek kerj bagi lulusan kampus negeri memang cukup menjanjikan, lulusan kampus negeri biasanya cuup diperhitungkan dalam penerimaan tenaga kerja (karyawan) mamupun dalam perekrutan pegwanai negeri sipil (PNS)

5. Tenaga pendidik yang cukup berkompeten
Untukmasalah kualitas tenaga pengajar (dosen) di kampus negeri bisa dibilang cukup berkualitas, karena dalam proses seleksi dosen untuk mengajar dikampus negeri dilakukan oleh pemerintah atau berada dalam wadah perekrutan CPNS.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa kualitas pendidikan yang diterima oleh mahasiswa yang kuliah di kampus negeri memiliki kaulitas yang cukup baik, sehingga dari mahaiswa yang pada awalnya belum terlalu paham dengan hal yang berkaitan dengan bdang studinya namun setelah mendapatkan pendidikan dan pengajaran dari dosen yang mengajar di kampus negeri pada akhirnya bisa bertransformasi menjadi mahasiswa yang berkompeten.

6. Kampus negeri menyediakan beberapa jenis beasiswa
Bagi anda yang ingin melanjutkan studi kejenjang perguruan tinggi negeri dan tidak memiliki biaya yang memadai, maka tidak perlu berkecil hati, karena saat ini ada banyak beasiswa yang disediakan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Termasuk beasiswa yang disediakan di perguruan tinggi negeri, setidaknya di perguruan tinggi negeri ada beberapa jenis beasiswa yang disediakan. Misalnya saja beasiswa bagi orang tidak mampu, beasiswa berprestasi, beasiswa organisasi kemahasiswaan (LKA) dan beberapa jenis beasiswa lainnya.

7. Fasilitas kampus yang memadai
Fasilitas kampus juga sebaiknya menjadi bahan pertimbangan jika anda ingin melanjutkan pendidikan disuatu kampus, karena fasilitas kampus sangat menunjang dan mengakomodasi segala kebutuhan mahasiswa dalang bidang akademik mamupun dalam bidang pengembangan bakat dan minat.

Beberapa fasilitas kampus yang mesti anda perhatikan ada atau tidaknya disuatu kampus, misalnya saja perpustakaan, laboratorium, sarana olahraga, sarana kesenian dan jaringan wifi serta beberapa fasilitas lainnya.

Dan di kampus negeri biasanya fasilitas tersebut telah tersedia sehingga bisa mengakomodasi pegembangan diri  mahasiswa baik dalam aspek akademik maupun dalam bidang pengembangan bakat dan minat.

Demikianlah 7 Kelebihan kuliah di kampus negeri yang bisa menjadi  bahan pertimbangan bagi anda dalam melanjutkan studi, semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon