Monday, 16 January 2017

9 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses

Tags
9 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses_ Jika anda memiliki niat melanjutkan pendidikan di bangku kuliah namun masih bingung memilih jurusan kuliah yang baik dan memiliki prospek kerja cerah serta dapat mengantarkan anda ke gerbang kesuksesan.

Maka alangkah baiknya anda berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan kuliah yang memiliki peluang kerja yang luas karena fakta berbicara, bahwa saat ini ada begitu banyak sarjana yang menganggur, hal itu disebabkan oleh jurusan kuliah yang mereka pilih kurang tepat sehingga setelah menyelesaikan studi di bangku kuliah mereka pada akhirnya harus menganggur karena peluang kerja dari jurusan yang dipilihnya sangat minim.

9 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses

Namun beberapa calon mahasiswa menlanjutkan studi, memilih jurusan kuliah tanpa pengetahuan yang memadai tentang jurusan kuliah yang dipilihnya, baik itu dari prospek kerja, jenjang karir dan tantangan kerja jurusan tersebut beberapa tahun kedepannya. Hal tersebut mestinya dihindari karena akan berdampak kurang baik bagi karir kedepannya. Jadi akan lebih bijak sebelum melanjutkan atau memilih jurusan kuliah mengetahui jurusan kuliah yang memiliki potensi luas atau jangkauan luas dalam penyerapan tenaga kerja.

Baca juga:

jadi yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses ? jika berbicara tentang Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses maka dalam artikel ini akan diulas dengan seksama bagaimana sih Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses. berikut:

9 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses

1. Memilih jurusan kuliah sesuai bakat dan minat
Memilih jurusan kuliah sesuai bakat dan minat menjadi nilai plus bagi anda, selain dapat mengembangkan bakat dan minat anda selama kuliah anda juga akan menikmati masa-masa perkuliahan karena jurusan yang anda pilih memang menjadi kegemaran anda. 

Dengan Memilih jurusan kuliah sesuai bakat dan minat anda juga akan menjadi pribadi yang lebih kompeten dan kredil alhasil setelah anda lulus banyak peluang kerja yang tersedia untuk anda karena anda telah dianggap profesional dibidang anda.

Selain itu jikapun lapangan kerja tidak memadai, anda bisa membuka pelatihan, kursus, dan berwirausaha dengan ilmu dan pengetahuan yang anda miliki, serta peluang sukses juga terbuka lebar karena anda benar-benar memahami atau menguasai bidang anda. 

2. Memilih jurusan kuliah yang dibutuhkan di lembaga apapun.
Cara selanjutnya Memilih Jurusan Kuliah adalah dengan Memilih jurusan kuliah yang dibutuhkan di lembaga apapun. jurusan seperti apakah yang dibutuhkan dalam berbagai lembaga dan instansi ? contohnya adalah jurusan bahasa inggris, hampir setiap lembaga membutuhkan lulusan dari jurusan bahasa inggris, seperti kampus, SMA, SMP, SD, lembaga bimbingan belajar, dinas pariwisata dll selain itu jurusan yang banyak dibutuhkan dalam lintas lembaga adalah jurusan administrasi komputer atau informatika.

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa era baru telah memasuki fase digitalisasi hampir semua lembaga telah menggunakan perangkat komputer dan hal tersebut mengisyaratkan lulusan kuliah komputer atau informatika banyak dibutuhkan, mulai dari dinas, kampus, perusahaan, instansi pemerintah.

Anda juga bisa menggukan keahlian anda dalam dunia digital dalam bisnis online atau membuat aplikasi. ada banyak tokoh yang sukses karena kemampuannya dalam dunia komputer, seperti pendiri facebook, youtube dan google. jadi jika anda memilih jurusan kuliah komputer anda tak perlu khawatir tidak memiliki pekerjaan bahkan anda sendiri bisa menciptkan lapangan kerja.

3. Memilih jurusan kuliah yang sepi peminat.
Cara selanjutnya dalam memilih jurusan kuliah adalah dengan cara memilih jurusan kuliah yang sepi peminat, alasan suatu jurusan sepi peminat karena prospek kerjanya kurang menjanjikan atau peluang kerja lulusan tersebut kurang.

Tapi keuntungan memilih jurusan kuliah sepi peminat adalah saingan anda dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai latar belakang pendidikan yang sama dengan anda kurang, jadi membuka peluang bagi anda mendapat pekerjaan. 

Dan banyak fenomena yang terjadi, jurusan kuliah yang sepi peminat justru mudah mendapat pekerjaan dan sukses. namun dalam memilih jurusan yang sepi peminat juga mesti hati-hati dan penuh pertimbangan, harus menganalisa jurusan yang sepi peminat namun memiliki peluang kerja yang besar.

4. Memilih jurusan kuliah yang akan sangat dibutuhkan beberapa tahun kedepan.
Langkah selanjutnya dalam memilih jurusan kuliah adalah dengan melihat jurusan kuliah apa yang dibutuhkan beberapa tahun kedepan misalkan 5 tahun kedepannya. Kadang beberapa mahasiswa salah dalam memilih jurusan kuliah, misalkan saat ini dia melihat ada sebuah jurusan yang sangat banyak dibutuhkan dan kemudian dia juga memilih jurusan tersebut tanpa menprediksi peluang kerja lulusan tersebut beberapa tahun kedepan.

Jangan menjadikan patokan bahwa suatu alumni dari suatu jurusan sangat dibutuhkan saat ini kemudian anda ikut-ikutan memilihnya karena bukan tidak mungkin peminatnya akan banyak sekali dan beberapa tahun kedepan alumni dari jurusan tersebut sudah banyak yang lulus dan tak dapat lagi terserap dalam perekrutan tenaga kerja.

Apalagi jika anda kuliah dalam rangka medapat gelar S1 yang normalnya selesai 4 tahun dan bisa jadi sewaktu anda masih mendaftar jurusan yang anda pilih masih dibutuhkan tapi ketika anda kuliah selama 4 tahun dan selesai alumni jurusan anda sudah sangat banyak sekali dan kebutuhan akan jurusan anda sudah tidak besar lagi. jadi dalam memilih jurusan analisa prospek kerja jurusan tersebut beberapa tahun kedepan.

5. Memilih jurusan sesuai latarbelakang pendidikan.
Tips selanjutnya dalam memilih jurusan kuliah adalah dengan memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan latar belakang pendidikan anda, yakni sesuai dengan jurusan anda waktu SMA atau SMK.

Misalkan sewaktu SMA anda memilih jurusan bahasa maka kenapa tidak melanjutkan pendidikan sesuai dengan latar belakang pendidikan tersebut misalkan dengan memilih jurusan bahasa inggris, indonesia dll. Dengan memilih jurusan kuliah sesuai pendidikan waktu SMA maka skill anda menjadi linier atau searah sehingga lebih mudah untuk ditingkatkan atau dikembangkan.

6. Memilih jurusan kuliah yang memiliki ikatan kedinasan
Tips selanjutnya dalam memilih jurusan kuliah adalah Memilih jurusan kuliah yang memiliki ikatan kedinasan. apa maksud dari jurusan ikatan kedinasan? maksudnya adalah jurusan tersebut setelah alumninya lulus langsung akan diangkat menjadi PNS. 

Dengan cara tersebut anda tak perlu memikirkan mau kerja apa setelah lulus kuliah karena masalah pekerjaan telah ditanggung pemerintah. jadi anda hanya perlu fokus untuk belajar, belajar dan belajar untuk meningkatkan skill dan kemampuan. 

Contoh sekolah tinggi ikatan kedinasan seperti STPDN, IPDN, STEM, POLTEKIP dan masih banyak lagi yang lainnya tinggal memilih yang mana menarik bagi anda.

7. Memilih jurusan kuliah yang terakreditasi
Selanjutnya dalam memilih jurusan kuliah sebaiknya anda mencari informasi tentang jurusan kuliah yang akan anda pilih apakah telah terakrediatsi atau belum. Karena dalam beberapa perekruatan CPNS atau pegawai menjadikan Akreditasi kampus atau jurusan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar. 

Dan alangkah ruginya jika jurusan yang anda pilih tidak terakreditasi,karena cukup sulit melamar kerja pada beberapa lembaga yang memerhatikan akreditasi kampus dari sang pelamar kerja. jika anda memilih jurusan yang terakeditasi maka hal tersebut menjadi modal untuk mendapat peluang kerja yang lebih besar.

8. Pilih Jurusan kuliah sesuai dengan mimpi dan cita-cita.
salah satu hal yang akan mengantarkan anda menuju gerbang kesuksesan adalah dengan terus fokus melakukan hal-hal yang bisa mewujudkan mimpi-mimpi anda, salah satunya ketika anda kuliah maka pilihlah jurusan kuliah yang sesuai dengan mimpi dan cita-cita atau  jurusan kuliah yang bisa membuat anda bisa mewujudkan mimpi dan cita-cita anda. 

Mimpi adalah semangat atau asa yang terus tumbuh dalam hati terhadap suatu hal, jika anda memilih jurusan kuliah yang bisa membantu mewujudkan mimpi anda maka sudah dipastikan anda akan selalu semangat dan melakukan yang terbaik dalam perkuliahan untuk bisa mewujudkan mimpi dan cita-cita anda.

9. Memilih jurusan kuliah yang tidak terlalu membebani anda
Strategi selanjutnya dalam memilih jurusan kuliah adalah Memilih jurusan kuliah yang tidak terlalu membebani anda. Maksudnya? maksudnya ialah pilihlah jurusan kuliah yang sesuai kemampuan anda baik dari segi intelektual dan ekonomi. 

Jangan ikut-ikutan karena teman anda mengambil jurusan yang populer dan banyak diminati terus anda juga memilih jurusan tersebut walaupun kemampuan anda secara ikntelektual dan finansial tidak mendukung dan pada akhirnya kuliah anda tak dapat selesai karena terkendalam masalah biaya dan kompetensi. alangkah baiknya memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan anda.
 
Kesimpulan: Alangkah baiknya dalam memilih jurusan anda menjadikan 9 hal diatas sebagai bahan pertimbagan, namun apapun jurusan anda yang menjadi faktor penentu sebenarnya kesuksesan anda adalah tekad dan semangat anda dalam menjalani masa-masa kuliah.

Jadi tanamkanlah dalam diri anda untuk bersungguh-sungguh dalam studi anda agar semua mimpi dan harapan anda bisa terwujud sehingga anda bisa menjadi orang yang sukses. Demikianlah artikel tentang 9 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Bisa Cepat Bekerja Dan Sukses. semoga bermanfaat

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon