Pengertian belajar

Pengertian belajar

Pengertian belajar
Banyak defenisi tentang belajar yang dikemukakan oleh para ahli berdasarkan pandangan mereka mengenai belajar. Diantaranya yaitu menurut Cronbach (Sardiman, 2007: 20) “belajar adalah  perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman”.
Morgan (Suprijono, 2009: 3) mengatakan bahwa “belajar adalah perubahan perilaku yang bersifat permanen sebagai hasil dari pengalaman”. Selanjutnya Suryabrata (2006: 232) mengatakan bahwa “belajar itu membawa perubahan sehingga didapatkan kecakapan baru yang terjadi karena usaha atau disengaja”.
Dari defenisi belajar yang diungkapkan oleh para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu proses perubahan perilaku dan pengetahuan yang menetap sehingga didapatkan kecakapan baru dalam diri individu sebagai hasil dari pengalaman. 
Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar
Secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa dapat dibedakan menjadi tiga macam. Seperti yang diungkapkan Syah (2006: 132) yaitu:
1.     Faktor internal (faktor dari dalam siswa), yakni keadaan atau kondisi jasmani dan rohani siswa;
2.     Faktor eksternal (faktor dari luar siswa), yakni kondisi lingkungan di sekitar siswa;
3.     Faktor pendekatan belajar, yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi-materi pelajaran.

Faktor-faktor tersebut akan memberikan pengaruh yang urgen terhadap proses pembelajaran sehingga diperlukan keuletan seorang guru untuk memahami karakteristik siswa secara personal, kondisi lingkungan tempat siswa beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan perhatian lebih terhadap pendekatan pembelajaran yang akan digunakan sehingga faktor-faktor tersebut dapat diantisipasi dan diminimalkan pengaruhnya terhadap proses belajar siswa.
Artikel : PENGERTIAN BELAJAR
  Baca juga :    pengertian hasil belajar (Klik Disini)
                           Motivasi belajar 
                           Penialain belajar 

0 Response to "Pengertian belajar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close