Friday, 8 April 2016

PENGERTIAN PEMBELAJARAN

PENGERTIAN PEMBELAJARAN 
Pembelajaran memiliki makna yang berbeda dari pengajaran. Pengajaran menekankan kegiatan mengajar yang dilakukan oleh guru. Sanjaya (2005:73) menuliskan bahwa mengajar adalah proses penyampaian informasi atau pengetahuan dari guru kepada siswa. Dengan demikian ilmu dipandang sebagai barang jadi yang siap untuk di transfer dari guru kepada siswa. Sesuai dengan pandangan ini pengajaran berpusat pada guru, dengan kata lain dalam pengajaran guru aktif mentransfer pengetahuannya. Konsep ini menempatkan siswa sebagai objek yang harus menguasai materi pelajaran yang diberikan guru. Siswa dipandang sebagai penerima informasi. 

Pembelajaran diterjemahkan dari kata instruction. Gagne (dalam Sanjaya, 2005:78) menyatkan bahwa, “instruction is a set of event that effect learners in such a way that learning is facilitated”. Berdasarkan kutipan di atas dalam pembelajaran siswa difasilitasi agar dapat belajar. Dengan kata lain pembelajaran berarti proses yang di dalamnya lingkungan siswa dikelola sedemikian rupa sehingga siswa belajar. Dengan pandangan ini pembelajaran berpusat pada siswa, siswa ditempatkan sebagai subjek belajar yang memegang peranan utama dan secara aktif mempelajari bahan pelajaran.

Jadi dalam pembelajaran guru bertanggung jawab untuk mengkondisikan lingkungan belajar sehingga siswa dapat belajar. Winkel (1989:36) mendefiniskan belajar adalah suatu aktivitas mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap. Dengan demikian aktivitas mental ini tergantung pada interaksi siswa dengan lingkungannya. Dengan menyadari ini maka seorang guru harus dapat mengkondisikan lingkungan belajar sehingga siswa diijinkan untuk berinteraksi dengan lingkungan itu.
#PENGERTIAN PEMBELAJARAN

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon