Friday, 8 April 2016

PENGERTIAN BELAJAR MATEMATIKA

PENGERTIAN BELAJAR MATEMATIKA
Pendidikan merupakan rangkaian kegiatan komunikasi antar manusia sehingga ma-nusia tumbuh sebagai pribadi yang utuh. Manusia tumbuh melalui kegiatan belajar, dan belajar bukan suatu tujuan melainkan suatu proses mencapai tujuan. Sebagaimana dika-takan Rusyan (1994: 9) belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku yang di-peroleh melalui pengalaman berkat adanya interaksi antara individu dengan lingkungan-nya. Sejalan dengan pengertian di atas Pidarta (1997: 197) mengemukakan bahwa belajar adalah perubahan perilaku sebagai hasil pengalaman dan bisa melaksanakannya pada pe-ngetahuan lain serta mampu mengkomunikasikan kepada orang lain.
Jadi belajar merupakan suatu usaha berupa kegiatan sehingga terjadi perubahan tingkah laku yang permanen. Perubahan tingkah laku ini ditandai oleh kemampuan sese- orang mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilannya.  Dalam kaitannya dengan belajar matematika, Bruner (Hudojo, 1990: 48) mengemukakan bahwa belajar matematika ialah belajar tentang konsep dan struktur matematika yang terdapat dalam materi yang di-pelajari, serta mencari hubungan-hubungan antara konsep dan struktur matematika itu. Se-lanjutnya Sukahar (1992: 1) menyatakan, belajar matematika pada hakikatnya adalah bela-jar  berkenaan dengan ide-ide, struktur-struktur yang diatur menurut urutan yang logis.
Dengan demikian dalam mempelajari matematika, pemahaman terhadap konsep dan struktur materi menjadikan siswa lebih mudah mengingat materi itu, karena materi yang dipelajari mempunyai pola yang berstruktur. Karena matematika merupakan ide-ide abstrak yang diberi simbul-simbul, maka konsep matematika harus dipahami terlebih da-hulu sebelum memanipulasi simbul-simbul. Dan kehirarkian matematika menjadikan pro-ses belajar matematika berjalan dengan lancar, apabila dilakukan secara kontinyu.  
Bruner dalam literatur yang sama menganjurkan, untuk anak-anak kecil, dalam mempelajari konsep-konsep matematika, anak harus mengkonstruk sendiri konsep terse-but melalui benda-benda kongkrit. Hal ini menjadikan mereka mengerti dan cenderung ingat konsep tersebut. Dengan belajar matematika, karakter atau watak seseorang dapat dibina atau dikembangkan. Ini terjadi karena belajar matematika dapat mengembangkan daya konsentrasi, meningkatkan kemampuan mengeluarkan pendapat dengan singkat dan tepat, berpikir rasional dan mengambil keputusan secara tepat. 

1 komentar so far

ini artikel yang saya cari selama ini, mantap salam kenal dari pelajar sma 2 kudus.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon