6 Cara Belajar Siswa Milenial

6 Cara Belajar Siswa Milenial_  Belajar merupakan proses dari ketidaktahuan menjadi tahu, mulai dari pengetahuan, keterampilan, tingkah laku, daya pikir, ucapan maupun kemampuan lainnya. Dengan belajar kita bisa menemukan dan mengembangkan setiap potensi yang ada dalam diri kita. Setiap orang dituntut untuk belajar, terlebih bagi mereka yang sedang menempuh pendidikan, baik belajar disekolah maupun dirumah.


Belajar bisa dilakukan sendiri maupun berkelompok, tujuan dari belajar itu sendiri adalah agar terhindar dari yang namanya kebodohan, bisa memperoleh berbagai macam ilmu pengetahuan dan dapat membentuk sikap seseorang. Belajar juga memiliki beberapa jenis seperti; belajar rasional yang dimana proses belajar dengan menggunakan kemampuan otak untuk mampu berpikir secara rasional atau masuk akal.

Belajar pengetahuan yaitu dimana melalui proses belajar tentang pengetahuan baru yang dimana bertujuan untuk mengusai materi-materi tertentu melalui investigasi atau beberapa eksperimen. Belajar pemecahan masalah yaitu dimana seseorang dapat berpikir secara sistemastis atau teratur agar dapat menyelesaikan suatu masalah. Belajar apresiasi yaitu seseorang belajar tentang kemampuan agar bagaimana bisa mempertimbangkan nilai atau arti dari suatu objek sehingga bisa menghargai objek.

Belajar sosial yaitu belajar tentang bagaimana cara bersosial dan berinteraksi dengan orang lain, belajar bagaimana agar bisa menyelesaikan suatu permasalahan baik dalam lingkungan pertemanan, keluarga maupun masyarakat. Belajar kebiasaan yaitu membentuk suatu karekter, tingkah laku atau kebiasaan seseorang agar lebih memiliki sikap dan sifat lebih baik dari sebelumnya.

Belajar abstrak yaitu untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu permasalahan yang tidak nyata atau bersifat abstrak, dan yang terakhir adalah belajar keterampilan yang bertujuan untuk menguasai keterampilan jasmani tertentu dengan menggunakan kemampuan otot, motorik dan urat syaraf.

6 Cara Belajar Siswa Milenial

1. Perbanyak Membaca
Meskipun teknologi semakin canggih, namun siswa milenial tentu tidak akan melupakan buku begitu saja, disamping itu dengan membaca akan memperluas wawasan seseorang dan memperbanyak kosakata. Dengan membaca anda akan mengetahui banyak hal tentang dunia, itulah kenapa disebut buku adalah jendela dunia.

Ketika terbiasa membaca akan memberi kapabilitas untuk memori, membaca juga dapat menguatkan analisa seseorang, meningkatkan konsentrasi, mengantisipasi kebodohan, meningkatkan keluwesan seseorang dalam bertutur kata, meningkatkan hubungan sosial dengan orang lain, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa diapatkan ketika rajin membaca.

2. Lebih Sering Berdiskusi
Siswa milenial tidak harus belajar sendiri agar disebut mandiri, membentuk suatu kelompok dalam belajar juga merupakan salah satu cara yang ampuh agar bisa meningkatkan pengetahuan dan kualitas belajar. Dengan adanya kelompok belajar, bisa saling berbagi pendapat dan pengalaman, mudah memecahkan soal atau masalah yang sedang dihadapi.

Dengan terbentuknya kelompok belajar seperti ini bisa membuat siswa lebih mudah untuk berdiskusi sehingga menghasilkan ide atau gagasan yang baru dan lebih fresh. Belajar keolompok juga lebih menyenangkan dibandingkan dengan hanya belajar sendiri dirumah, selain itu bisa mempererat hubungan dengan teman-teman, tentu siswa juga tidak akan merasa jenuh ketika belajar dan tentu cara belajar seperti ini merupakan cara yang paling sering dilakukan siswa zaman now alias siswa milenial.

3. Manfaatkan Teknologi
Cara yang paling umum saat ini adalah dengan memanfaatkan kecangggihan teknologi, saat ini teknologi berkembang sangat pesat dan menyebar cepat seperti wabah penyakit dan sangat membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Siapa saja yang gaptek akan merasa sangat ketinggalan zaman sekali, karena itu siswa harus pandai dalam menggunakan teknologi dan bijak.

Misalnya dalam menggunakan gadget hanya untuk hal-hal yang positif, tidak perlu menghabiskan waktu dengan barmain game hingga lupa waktu dan bersosial media hanya menyebar informasi hoax.

Gunakanlah teknologi dengan bijak, lakukan hal-hal yang seperlunya saja, karena siswa milenial yang cerdas adalah mereka yang mampu menggunakan teknologi dengan baik dan siswa biasanya tidak lepas dengan yang namanya gadget.

Tentu sebagai siswa yang milenial yang sangat kekinian bisa menggunakannya dengan membuka YouTube dan bisa menontot beberapa video motivator agar lebih bersemangat lagi, atau bisa menonto video-video tutorial membuat karya seni atau kreativitas lain yang bisa dilakukan oleh siswa zaman now sehingga bisa memberikan manfaat tidak hanya untuk diri sendiri tetapi bagi orang lain juga.

4. Mengikuti Ekstrakulikuler
Meskipun sudah mengetahui tentang pentingnya mengikuti ekstrakulikuler, tetapi masih banyak siswa yang enggan untuk bergabung. Adapun kegiatan ekstrakulikuler seperti kesenian, pencinta alam, pramuka, palang merah remaja, dan olahraga.

Dengan mengikuti kegiatan ini seorang siswa akan mendapatkan ilmu pengetahuan lebih nyata karena sering mempelajari hal-hal praktis dan praktikum serta bersifat teoristis dan berhubungan dengan pengalaman setiap siswa, selain itu kegiatan ini bisa menemukan dan mengembangkan potensi dalam diri siswa, dapat melatih kemampuan berpikir siswa.

Selain itu, ketika siswa mengikuti ekstrakulikuler maka akan dilatih bagaimana cara berinteraksi dengan sesama, mengajarkan bagaimana cara bekerja sama yang baik dan pentingnya kerjasama tim, menjadikan siswa pribadi yang lebih mandiri,

5. Bergabung disalah satu Komunitas/Organisasi
Belajar tidak harus selalu disekolah atau rumah, agar bisa menjadi siswa milenial bisa belajar dilingkungan luar seperti bergabung dalam suatu komunitas atau organisasi yang mendidik dan bermanfaat tentunya. Di Indonesia ada banyak himpunan atau organisasi yang bisa membuat siswa menjadi lebih keren dan tentunya berprestasi.

Beberapa komunitas dan organisasi di Indonesia seperti; Indonesia Student and Youth Forum atau biasa dikenal dengan ISYF yang dimana organisasi ini berdiri sejak tahun 2008 lalu, Komunitas Historia Indonesia atau KHI yang merupakan komunitas yang didirikan pada tahun 2003, SabangMerauke (Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali), Sinergi Muda, Young Interfaith Peacemaker Community dan masih banyak lagi komunitas dan oraganisasi di Indonesia yang bisa dimasuki oleh siswa.

6. Bergabung di Ruang Guru
Saat ini siapa yang tidak kenal ruang guru, yang merupakan bimbel online terbaik di Indonesia dengan pengguna terbanyak, tentunya cara belajar siswa milenial bisa melalui ruang guru. Ruang guru merupakan perusahaan yang berfokus pada dunia pendidikan sehingga membantu dan mempermudah untik belajar.

Belajar melalui bimbel online ini sangat mudah, selain itu siswa bisa menyerap materi dengan mudah tanpa repot- repot keluar rumah dan bisa belajar kapan dan dimana saja sesuai dengan keinginan, ruang guru juga menyediakan fasilitas atau program yang disebut Ruanglesonline yang dimana ketika siswa memiliki masalah atau kendala dalam mengerjakan soal maka bisa berkonsultasi atau bertanya langsung pada guru melalui live chat dan mereka selalu bersedia kapanpun ketika sedang dibutuhkan. Di ruang guru ada banyak ilmu menarik yang akan kalian dapatkan, dan sangat menghemat waktu dan tentunya sudah menjadi pilihan siswa milenial.

Itulah beberapa cara belajar siswa milenial, semua sudah difasilitasi tinggal bagaimana cara untuk menggunakan fasilitas tersebut. Jadilah siswa milenial yang cerdas dan pantas menjadi generasi penerus bangsa sebagai aset paling berharga. Selamat mencoba semoga berhasil.

0 Response to "6 Cara Belajar Siswa Milenial"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel