Syarat dan Cara Pendaftaran Indonesia Mengajar (IM) 2018

Syarat dan Cara Pendaftaran Indonesia Mengajar_ Pendidikan yang berkualitas dan berkesinambungan adalah salah satu cara untuk mewujudkan generasi emas indonesia pada tahun 2045. Dalam mencerdaskan generasi muda dibutuhkan bukan sekedar seorang pengajar melainkan seorang pendidik yang memiliki jiwa totalitas dan komitmen untuk mendidik.


Ditahun 2018 salah satu program pendidikan yang sudah sangat populer kembali membuka rekrutmen pengajar muda. Apa itu indonesia mengajar? dan apa saja syarat dan cara mendaftar untuk menjadi pengajar muda? berikut ulasan tentang Indonesia Mengajar.

1. Apakah Indonesia Mengajar?
Gerakan Indonesia Mengajar (IM) adalah inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Tujuannya adalah mengajak semua pihak untuk terlibat menjadikan pendidikan sebagai tanggung jawab bersama. IM memberi kesempatan kepada lulusan terbaik dari berbagai universitas untuk menjadi jendela kemajuan di daerah melalui wahana bekerja sebagai guru selama satu tahun. IM dimaksudkan menjadi sarana yang efektif untuk menempa jiwa pengabdian dan kepemimpinan seseorang dalam kegiatan sosial yang kreatif.

2. Apakah fokus kegiatan dan tujuan IM?
Fokus kegiatan IM ialah merekrut, menyeleksi, dan melatih para lulusan terbaik perguruan tinggi dari berbagai disiplin keilmuan serta menempatkannya sebagai tenaga pengajar di Sekolah Dasar selama satu tahun di daerah yang membutuhkan. Lulusan yang direkrut tidak hanya dari jurusan kependidikan akan tetapi pelatihan berfokus pada materi kependidikan dan kepemimpinan.

3. Mengapa IM fokus pada Sekolah Dasar?
IM memandang bahwa pendidikan dasar tidak hanya menjadi kebutuhan dasar setiap warga negara; tetapi juga menjadi tahapan awal yang sangat menentukan bagi perkembangan seseorang. IM percaya bahwa pendidikan seperti eskalator bagi kehidupan seseorang, sehingga jenjang pendidikan dasar merupakan langkah awal yang sangat menentukan bagi kualitas masa depan seseorang. Terlebih lagi, dari data dan laporan didapatkan kenyataan bahwa kualitas guru sekolah dasar merupakan yang paling buruk dibandingkan guru pada jenjang pendidikan lain. Jumlah guru SD yang belum berkualifikasi S-1 sebesar 75.2%; dan yang turut mengkhawatirkan adalah lebih dari 75% guru SD akan memasuki pensiun dalam lima tahun mendatang. (Analisis Data Guru 2009, Ditjen PMPTK, 2009).

4. Di daerah mana saja wilayah kegiatan IM?
IM berkegiatan di seluruh wilayah Indonesia karena isu kekurangan guru tidak hanya menjadi masalah bagi daerah terpencil saja. Masalah umum selain kualitas guru adalah disalokasi guru. 21% sekolah di perkotaan kekurangan guru, 37% sekolah di pedesaan kekurangan guru dan 66% sekolah di daerah terpencil kekurangan guru. Uniknya, 68% sekolah di perkotaan mengalami oversupply, sementara 66% sekolah di daerah terpencil mengalami kekurangan guru.

5. Siapakah pendiri IM?
IM didirikan oleh berbagai pihak yang berkomitmen untuk ikut secara aktif membantu pemerintah dalam pembangunan pendidikan. Pihak lain tersebut adalah para pegiat, volunteers, serta dunia bisnis yang secara khusus membantu pendanaan program ini.

6. Bagaimana caranya jika saya ingin terlibat dalam kegiatan IM?
Silahkan kunjungi laman berikut untuk mencari tahu bagaimana Anda bisa terlibat di dalam Gerakan Indonesia Mengajar. Bagi trainer/lembaga pelatihan, calon sponsor, Sekolah Dasar, maupun pihak ketiga lainnya; Anda dapat menghubungi kami di: info@indonesiamengajar.org.

Persyaratan dan Cara Pendaftaran Indonesia Mengajar

1. Apa saja kriteria pengajar muda IM?
Kriteria pengajar muda IM adalah lulusan perguruan tinggi dengan kualifikasi akademik yang baik, memiliki pengalaman kepemimpinan, memiliki minat, motivasi, serta semangat untuk mengajar serta tinggal di pelosok Indonesia. Persyaratan lengkap untuk menjadi pengajar muda dapat dilihat di sini.

2. Mengapa IM memilih lulusan terbaik?
IM memandang bahwa bahwa lulusan terbaik bangsa memiliki kapasitas dan kualifikasi yang mumpuni untuk diasah menjadi tenaga pengajar yang baik. Umumnya, mereka memiliki kreatifitas dan inisiatif yang tinggi serta dapat memberikan inspirasi maupun model bagi anak bangsa di daerah. IM juga memandang bahwa kemampuan kepemimpinan lulusan terbaik ini akan semakin terasah selama satu tahun ditempa di daerah sehingga akan lebih siap untuk membangun nusantara dalam berbagai posisi kerjanya di kemudian hari.

3. Mengapa pengajar muda IM harus minimal S1?
Menurut UU 14/2005 tentang Guru dan Dosen serta PP 74/2008 tentang Guru disebutkan bahwa untuk mendapatkan sertifikasi profesi dan tunjangan profesi disyaratkan minimal berpendidikan sarjana atau diploma empat. Hal ini dimaksudkan agar kualitas guru lebih meningkat dengan asumsi tingkat pendidikan terakhir memberikan pengaruh pada kapasitas mengajar mereka. Indonesia Mengajar juga percaya bahwa diperlukan input terbaik untuk dapat membentuk lapis generasi pengajar yang baik. Jenjang pendidikan S1 dipercaya cukup untuk menjadi landasan kapasitas untuk dikembangkan menjadi tenaga pengajar yang mumpuni.

4. Bagaimana jika saya tidak memiliki latar belakang atau pengalaman mengajar?
Setelah Anda lolos seleksi IM, Anda akan mendapatkan pelatihan intensif selama dua bulan mengenai kependidikan/pengajaran dan kepemimpinan dengan trainers/providers dan individu yang kompeten di bidang masing-masing. Jadi, bila Anda tidak memiliki pengalaman mengajar tetap dapat turut serta dalam program ini.

5. Apabila saya memiliki gelar master/magister dan dapat diselesaikan kurang dari dua tahun sejak tahun kelulusan strata satu, maka, dapatkah saya menjadi pengajar muda IM?
Anda tetap dapat mendaftar menjadi pengajar muda IM. Hal ini dibuktikan dengan dokumen kelulusan yang ditunjukkan calon pengajar muda pada tahap seleksi langsung atau wawancara.

6. Mengapa saya sebagai fresh graduate lebih memilih bergabung dengan IM daripada bekerja di perusahaan atau menjadi PNS?
IM memberikan kesempatan bagi fresh graduate untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan dengan menempa diri di masyarakat selama satu tahun, selain memberikan kesempatan untuk menyalurkan semangat volunteerism di daerah terpencil. IM memberikan tunjangan yang cukup selama penugasan. Di samping itu, IM hanya mengikat pengajar muda dalam perjanjian penugasan selama satu tahun, sehingga pengajar muda dapat mengembangkan karir dalam bidang apapun setelah masa penugasan selama satu tahun.

Cara Pendaftaran Indonesia Mengajar

1. Kunjungi situs pendaftaran peserta indonesia mengajar
Untuk mendaftar dalam seleksi indonesia mengajar, pertama-taa anda harus mengunjungi situs resmi pendaftaran peserta indoensia mengajar di link berikut: (Daftar Indonesia Mengajar/Klik disini)

Setelah anda mengklik link tersebut maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


Untuk mendaftar klik tulisan "Daftar" yang berada di pojok kanan atas, seperti yang ditunjukan pada gambar di atas.

2. Buat akun pendaftaran atau login
Jika anda baru pertama mendaftar maka maka isi kolom buat akun baru namun jika anda sudah punya akun maka anda hanya perlu Login saja.


silahkan isi biodata yang diminta, misalnya untuk buat akun baru maka anda harus mengisi;
a. Nama
b. Email aktif
c. Pasword
setelah anda melengkapi data yang diminta selanjunya klik tulisan "Daftar"

3. Klik "Akun Saya"
Setelah anda mengklik tulisan "Daftar" Maka akan muncul pemberitahuan bahwa anda telah berhasil membuat akun pendaftaran. Selanjutnya klik tulisan "Akun Saya yang berada di pojok kanan atas, seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah.


4. Daftar Menjadi Pengajar Muda
Selanjutnya setelah tampilan seperti di atas muncul, anda selanjutnya silahkan meng-klik tulisan "Daftar Menjadi Pengajar Muda"


4. Mengisi Informasi dasar, Informasi kontak, Pendidikan, Pengalaman, Esai dan Refrensi
Selanjutnya jika anda telah meng-klik tulisan "Daftar Menjadi Pengajar Muda" maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


jika gambar seperti di atas sudah muncul, anda silahkan isi Informasi dasar, Informasi kontak, Pendidikan, Pengalaman, Esai dan Refrensi dengan benar. Untuk panduan pengisian  Informasi dasar, Informasi kontak, Pendidikan, Pengalaman, Esai dan Refrensi, Silahkan lihat melalui file di bawah ini

Penugasan & Penempatan Peserta Indonesia Mengajar

1. Apa yang dilakukan pengajar muda IM di daerah penempatan?
Tugas utama pengajar muda IM di daerah penempatan adalah mengajar di sebuah kelas di SD sesuai dengan kurikulum. Selain itu, pengajar muda juga melakukan kegiatan ekstrakurikuler yang menunjang kegiatan pendidikan di SD yang bersangkutan, melakukan inisiatif kegiatan masyarakat terkait dengan pendidikan, serta membangun jaringan dan advokasi pendidikan di masyarakat daerah. Dengan kegiatan utama dan kegiatan pendukung tersebut, diharapkan pengajar muda dapat mengasah diri untuk menjadi calon pemimpin yang dapat menyatu dengan berbagai karakter masyarakat di seluruh Indonesia sekaligus menjadi pengajar yang mampu memberi inspirasi bagi anak-anak di daerah.

2. Apakah seseorang dapat menjadi pengajar muda di daerahnya sendiri?
Tidak, IM ingin memberikan kesempatan bagi pengajar muda untuk mendapatkan pengalaman interaksi lintas budaya dan tradisi yang ada di seluruh negeri. IM percaya bahwa pengalaman lintas budaya dan tradisi dapat memperkaya pengalaman pribadi pengajar muda sehingga dapat menjadi modal tambahan di masa depan. Untuk itu, maka seorang pengajar muda TIDAK AKAN ditempatkan di daerah asalnya sendiri.

3. Jika saya hanya bisa mengajar kurang dari satu tahun apa masih memungkinkan untuk menjadi pengajar muda?
Pengajar muda IM wajib untuk tinggal dan hidup bersama dengan masyarakat di daerah penempatan selama satu tahun sesuai dengan perjanjian penugasan yang disepakati.

4. Apakah satu tahun itu sudah menjadi batas minimum?
Ya, satu tahun adalah batas waktu yang wajib dilalui oleh pengajar muda IM selama di daerah penempatan.

5. Apakah saya bisa memilih daerah di mana saya akan ditempatkan?
Anda tidak dapat memilih daerah penempatan dari pilihan yang ada. Keputusan penempatan berada di pihak IM dan akan disampaikan sebelum penempatan, khususnya pada saat pelatihan.

6. Apakah saya bisa memilih bidang studi yang akan saya ajarkan?
Pengajar muda ditugaskan di daerah dengan harapan siap menjadi guru kelas di SD. Artinya, seorang pengajar muda harus sanggup mengampu sebuah kelas dan mengajar seluruh bidang studi bila ditugaskan oleh Kepala Sekolah. Dalam pelatihan, Anda akan belajar untuk menyiapkan hal ini dan setidaknya akan berlatih mengajar untuk sekurangnya bidang studi Matematika, IPA, IPS dan Bahasa Indonesia. Selain itu, Anda juga akan difasilitasi untuk belajar berbagai keterampilan lain yang terkait dengan aspek kepengajaran.

7. Bagaimana saya mendapatkan penginapan selama di daerah?
IM bekerjasama dengan masyarakat setempat dalam menyediakan akomodasi bagi Anda selama satu tahun. Tiap pengajar muda tinggal (mondok) dengan salah satu keluarga di masyarakat. IM akan mengusahakan bahwa pengajar muda ditempatkan dalam satu kelompok di satu kabupaten, sehingga meskipun tinggal di lain desa/kecamatan pengajar muda masih dapat berkoordinasi setiap jangka waktu tertentu.

Demikianlah informasi tentang Syarat dan Cara Pendaftaran Indonesia Mengajar (IM) 2018, semoga bermanfaat untuk anda

0 Response to "Syarat dan Cara Pendaftaran Indonesia Mengajar (IM) 2018"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close