Tuesday, 26 June 2018

Pendaftaran Guru Indonesia Mengajar (IM) 2018 Resmi Terbuka, Berikut Persyaratannya

Pendaftaran Guru Indonesia Mengajar (IM) 2018 Resmi Terbuka, Berikut Persyaratannya_
Indonesia Mengajar (IM) merupakan sebuah lembaga nirlaba yang merekrut, melatih, dan mengirim generasi muda terbaik bangsa ke berbagai daerah di Indonesia untuk mengabdi sebagai Pengajar Muda (PM) di Sekolah Dasar (SD) dan masyarakat selama satu tahun.

Pendaftaran Guru Indonesia Mengajar (IM) 2018 Resmi Terbuka, Berikut Persyaratannya

Penggagasnya, Anies Baswedan memulai gerakan Indonesia Mengajar pada tahun 2009 untuk menjadi lebih dari sekadar program, tetapi sebagai gerakan untuk mengajak bersama masyarakat yang berikhtiar untuk ikut berperan aktif mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai wujud upaya melunasi janji kemerdekaan.

Pendaftaran Guru Indonesia Mengajar (IM) 2018 Terbuka, Berikut Persyaratannya

Meyakini bahwa pendidikan dasar adalah fondasi pembangunan masyarakat Indonesia, maka Indonesia Mengajar (IM) percaya bahwa pendidikan dasar untuk anak-anak di seluruh pelosok Indonesia wajib disampaikan dan didampingi oleh generasi terbaik bangsa.

Didasari juga oleh janji kemerdekaan untuk mencerdaskan wkehidupan bangsa, maka IM mengambil inisiatif untuk mendampingi sekolah dasar–sekolah dasar di berbagai pelosok Indonesia dengan merekrut, membekali, dan menempatkan sarjana-sarjana terbaik bangsa yang memiliki semangat mengabdi untuk mengajar di sebuah SD selama satu tahun. Para pemuda yang dikirim sebagai guru sekolah dasar (SD) ke daerah disebut sebagai Pengajar Muda.

Pendaftaran Guru Indonesia Mengajar 2018
pembukaan pendaftaran Pengajar Muda angkatan XV 2016 dumulai  tanggal 25 Mei sampai 17 Juli 2018. Calon peserta yang hanya akan diambil adalah para pemberani yang siap untuk terjun langsung mengajar selama setahun dan menjadi penggerak pendidikan di pelosok negeri Indonesia. Iuran kehadiran untuk mendampingi tumbuhnya tunas-tunas harapan bangsa

Syarat Pendaftaran Guru Indonesia Mengajar 2018
Warga Negara Indonesia,
Usia max 29 tahun
Pendidikan min S1
Berasal dari berbagai / semua disiplin ilmu
Memiliki IPK atau nilai akademis yang baik.
Belum menikah
Sehat secara fisik dan mental
Bersedia ditempatkan di daerah terpencil selama satu tahun.
Diutamakan fresh graduate atau kurang lebih 2 tahun setelah lulus

Akun untuk pendaftaran
Untuk mengisi formulir pendaftaran Pengajar Muda, Anda diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu dengan user ID dan password. Hal ini ditujukan untuk memberikan keluangan waktu bagi Anda sehingga Anda tidak perlu menyelesaikan pendaftaran dalam sekali pengisian dan dapat kembali menyelesaikannya di waktu yang lain selama masa pendaftaran belum berakhir. Akun Anda tidak boleh dipindah tangankan ke orang lain.

Setiap pendaftar hanya boleh mendaftar dengan satu akun saja. Jika kami menemukan pendaftar dengan dua akun, maka kami akan memilih satu akun saja secara acak. Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar (YGIM) berhak untuk menutup akun Anda jika menemukan adanya penyalahgunaan akun tersebut.

Informasi untuk pendaftaran
Di dalam formulir pendaftaran, Anda akan diminta untuk mengisi data-data mengenai informasi pribadi, pendidikan, pengalaman, referensi serta menuliskan beberapa esai. Data yang kami terima hanyalah data akhir yang Anda sudah serahkan ketika Anda meng-klik tombol ‘Kirim’ dan data tersebut sudah tidak lagi dapat diubah.

Anda bertanggung jawab untuk memberikan data yang benar untuk aplikasi ini, Kami menekankan keseriusan dan kebenaran data dalam registrasi. Jika kami menemukan bahwa data yang diberikan tidak benar, maka kami akan mendiskualifikasikan aplikasi Anda.

Data Anda yang sudah terkirim adalah milik Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar yang digunakan untuk:
kepentingan seleksi Pengajar Muda;
komunikasi selanjutnya tentang berbagai kegiatan Gerakan Indonesia Mengajar;
Kutipan dari esai Anda dalam aplikasi ini juga dapat kami gunakan dalam materi komunikasi dan sosialisasi Yayasan.
Keamanan dan kerahasian data
Kerahasiaan data Anda adalah penting bagi kami. Data yang Anda berikan dalam pendaftaran online ini tidak akan diberikan kepada pihak ketiga untuk kepentingan komersial. Kami menyimpan informasi akun Anda di server aman di belakang firewall.

Meskipun kami menjaga privasi dan akses ke informasi Anda, perlu diketahui bahwa tidak ada langkah-langkah keamanan yang sempurna atau bebas tembus. Kita tidak dapat mengontrol tindakan pengguna lain dengan siapa Anda berbagi informasi Anda. Kami tidak dapat menjamin bahwa hanya orang-orang yang berwenang akan melihat informasi Anda. Kami tidak bertanggung jawab untuk intrusi dari pihak ketiga terhadap pengaturan privasi dan sistem keamanan.

Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan password akun Anda. Kami tidak bertanggung jawab untuk penyalahgunaan atau kesalahan data dalam aplikasi Anda, jika Anda tidak menjaga kerahasiaan password Anda. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data Anda misalnya dengan:
a. memilih password yang tidak mudah ditebak
b. tidak memberikan password Anda kepada pihak lain atau membiarkan pihak lain mengakses akun Anda
c. selalu melakukan logout sebelum keluar dari halaman pendaftaran
Pendaftaran Guru Indonesia Mengajar (IM) mulai tanggal tanggal 25 Mei sampai 17 Juli 2018 Untuk mendaftar indonesia mengajar kunjungi lik di bawah ini
indonesiamengajar.org

Siklus Pengajar Muda

1. Fase Rekrutmen dan Seleksi
Peminat harus membuat akun dan mengisi aplikasi online berisi riwayat hidup dan esai. Aplikasi ini dijadikan acuan dasar pada proses awal seleksi. Kandidat yang lolos seleksi tahap pertama akan dipanggil untuk mengikuti beberapa tes, termasuk wawancara, psikotes dan diskusi kelompok.
Calon Pengajar Muda terpilih dipanggil kembali untuk tes kesehatan. Proses seleksi dilaksanakan di beberapa kota, seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Medan.

2. Fase Pelatihan
Calon Pengajar Muda wajib menjalani fase pelatihan intensif selama tujuh minggu. Materi pelatihan mencakup keterampilan mengajar (teori dan praktek), kepemimpinan, latihan fisik dan lainnya. Pelatihan bertujuan agar Calon Pengajar Muda berada dalam kondisi terbaik sebelum resmi berangkat ke daerah penempatan.

3. Fase Penempatan
Calon Pengajar Muda yang berhasil melewati tahap pelatihan sampai akhir akan dilantik menjadi Pengajar Muda. Mereka disebarkan secara berkelompok ke berbagai pelosok selama satu tahun penuh. Pengajar Muda berperan sebagai guru dan pendamping penggerak pendidikan daerah.

4. Fase Pasca Penugasan
Alumni Pengajar Muda terus mendukung pendidikan secara mandiri sesuai perannya di masyarakat. Sebagian besar alumni masih terlibat dalam berbagai kegiatan kerelawanan Indonesia Mengajar.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon